Ketika cuaca sedang hujan, memang paling cocok untuk menikmati makanan yang memiliki kuah. Selain semakin nikmat, makanan yang berkuah juga menggugah selera siapapun yang tengah lapar. Apa saja rekomendasi makanan berkuah yang wajib Moms coba? Berikut beberapa pilihannya.

  • Mie instan kuah

Mie instan bagaikan penyelamat semua umat, enak, mudah dan sangat praktis. Terlebih jika Moms menikmati hidangan berkuah ini saat hujan. Dengan berbagai merk dan varian rasa yang tersedia di warung dekat rumah hingga swalayan, Moms dapat membuat semangkuk mie instan kuah yang hangat dan akan tambah lezat apabila Moms menambahkan telur, cabai rawit dan irisan sayuran. 

  • Bakso

Rekomendasi makanan berkuah yang satu ini juga menjadi salah satu andalan banyak orang yang kelaparan ketika hujan turun. Semangkuk bakso kenyal dengan kuah panas, mie/bihun, sayuran dan dapat ditambahkan sambal pedas ini sangat pas untuk menghangatkan tubuh Moms saat hujan, sekaligus mengisi ruang di perut.

Karna terbilang favoritnya orang Indonesia, hidangan berkuah yang satu ini sangat mudah Moms jumpai kapan saja dan dimana saja.

  • Mie ayam

Rekomendasi makanan berkuah selanjutnya yaitu mie ayam. Mie yang memiliki tekstur kenyal dengan siraman kuah hangat, ayam kecap juga potongan sawi ini juga banyak dicintai orang Indonesia. Cobalah untuk menikmati makanan yang satu ini saat hujan tiba, selain enak disantap, hidangan berkuah ini dijamin mengenyangkan.

  • Bakmi kuah

Sebenarnya rekomendasi makanan berkuah yang satu ini merupakan khas Tiongkok, akan tetapi sekarang ini sudah banyak disesuaikan lidah orang Indonesia. Tentunya dengan kuah dengan cita rasa rempah berkualitas. Di Indonesia sendiri sering dikenal dengan sebutan bakmi Jawa atau bakmi godhog.

Ciri khas bakmi Jawa sendiri yaitu terdapat suwiran daging ayam kampung dan telur bebek.

  • Laksa

Di Indonesia, makanan ini banyak dikenal dengan sebutan Laksa Bogor dan Laksa Betawi. Walaupun keduanya sama-sama mempunyai kuah yang berwarna kuning, namun ternyata campuran dan cara penyajiannya berbeda.

Kuah laksa Betawi memiliki tekstur yang kental dari santan dan kelapa sangrai halus, isiannya berupa suwiran ayam kampung, udang, bihun, tauge, telur rebus, dan kemangi. Berbeda dengan laksa Bogor yang berisi suwiran ayam, bihun, tauge, telur rebus, kemangi, oncom merah, dan tahu. Cara mematangkan oncom dan tahunya tidak direbus melainkan dimatangkan dengan guyuran kuah laksa yang panas.

Baca juga: Coba Resep Masakan Rumahan Simple Berikut! Dijamin Lezat!

  • Ramen

Rekomendasi makanan berkuah yang satu ini menggunakan mie sebagai bahan utamanya. Mie yang satu ini sudah jelas populer di Indonesia meski berasal dari Jepang.

Umumnya diberi campuran isian bermacam-macam yang menambah keunikan rasanya. 

  • Pempek

Makanan khas Palembang yang berikut ini juga sangat nikmat disantap ketika hujan turun. Olahan daging ikan dan tepung kanji berikut isian rupa-rupa dijamin membuat Moms ketagihan. Terlebih jika Moms menyantapnya selagi hangat dengan kuah cuka yang asam dan agak pedas.

  • Soto

Makanan berkuah yang satu ini ada soto daging sapi, soto kambing, dan ada juga soto ayam. Kuah dari soto khas Indonesia ini umumnya berwarna kekuningan karena menggunakan kunyit sebagai bumbunya.

Hidangan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran ini dipastikan mampu menghangatkan tubuh Moms dari dinginnya cuaca hujan.

  • Tom yum

Makanan yang satu ini berasal dari Thailand. Tom yum ini tidak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga negara lainnya karena sudah mendunia.

Cita rasa yang asam, gurih dan pedas dari rempah-rempah seperti cabai, ketumbar, serai, daun jeruk dan air perasan jeruk membuat banyak orang menyukai keunikan makanan ini.

Terdapat beberapa jenis tom yum seperti Tom Yum Goong yang menggunakan udang sebagai isian utama, Tom Yum Gai menggunakan ayam, Tom Yam Pla yang menggunakan isian ikan dan Tom Yum Talay atau Tom Yum Po Taek yang berisikan berbagai makanan laut.

Itulah beberapa rekomendasi makanan berkuah yang bisa Moms santap ketika cuaca sedang dingin. Nah, mau coba yang mana Moms?

Baca Juga: Hidangan Pembuka Indonesia yang Bisa Moms Cicipi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like