Walaupun sudah banyak beredar suplemen vitamin C, mendapatkan vitamin C secara alami tentu merupakan pilihan yang terbaik. Salah satunya dengan mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C. 

Selain jeruk, ternyata masih ada banyak buah-buahan yang mengandung vitamin C, lho. Berikut ini 10 buah yang bisa Moms konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sehari-hari. 

Ragam buah yang mengandung vitamin C

Kurangnya asupan vitamin C akan menyebabkan terjadinya kondisi scurvy atau skorbut. Kondisi ini merupakan kondisi dimana orang yang menderita akan mudah memar, rentan untuk mengalami pendarahan, serta merasakan nyeri otot dan juga sendi. 

Oleh karena itu, agar kondisi tubuh tetap fit, Moms perlu mengonsumsi buah-buahan berikut ini. Diantaranya:

1. Jambu biji

Moms bisa mengonsumsi satu buah jambu biji untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sehari-hari. Jambu biji memiliki kandungan sekitar 125 mg vitamin C atau sama dengan sekitar 140% kebutuhan vitamin C. 

2. Melon jingga

Buah yang mengandung vitamin C selanjutnya yaitu melon jingga. Di dalam 150 mg melon jingga atau sekitar 10 sendok makan, terdapat kurang lebih 60 mg vitamin C. Selain itu, melon jingga ini juga mengandung mineral seperti vitamin A dan natrium yang baik untuk tubuh. 

3. Melon hijau

Walaupun tidak sebanyak melon jingga, melon hijau juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi di dalamnya. Pada 150 mg melon hijau, Moms bisa mendapatkan kandungan vitamin C sebanyak 30 mg. 

4. Kiwi

Pada satu buah kiwi yang berukuran sedang, terkandung sekitar 70 mg vitamin C. Hal tersebut membuat buah yang satu ini dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol serta meningkatkan daya tahan tubuh. 

5. Stroberi

Stroberi ternyata juga merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C. Di dalam 150 mg stroberi, terkandung hampir 100 mg vitamin C. Selain itu, buah yang berwarna merah ini adalah sumber folat, mineral, serta serat seperti magnesium dan kalium. 

Baca juga: Ketahui Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Kulit

6. Lemon

Buah dengan rasa asam yang satu ini adalah sumber vitamin C yang baik untuk tubuh Moms. Bukan hanya itu, lemon juga termasuk sumber mineral yang dapat membuat tubuh Moms menjadi semakin sehat. 

7. Pepaya

Buah pepaya seringkali dihubungkan dengan kesehatan saluran pencernaan. Tetapi, ternyata buah ini juga berpotensi  untuk mencerahkan kulit, menguatkan tulang, serta membantu melegakan rongga sinus, lho.

Manfaat-manfaat tersebut diperoleh dari kandungan vitamin C yang ada pada buah pepaya. Pada 150 mg pepaya, terdapat kandungan vitamin C sekitar 90 mg. 

8. Nanas

Nanas merupakan buah yang mengandung vitamin C. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan bromelain. Oleh karena itu, nanas dipercaya mampu meredakan perut yang kembung dan juga mengembalikan kembali energi yang hilang setelah melakukan aktivitas fisik. 

9. Mangga

Dengan mengonsumsi setengah buah mangga berukuran sedang, Moms sudah bisa memenuhi 70% kebutuhan vitamin C harian, lho. Buah mangga juga mengandung vitamin lain yang baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin A dan B6. 

10. Blackberry

Buah yang mengandung vitamin C kali ini adalah blackberry. Selain vitamin C, buah blackberry juga mengandung vitamin K, serat, dan juga tembaga. Maka, tidak ada salahnya jika Moms menambahkan buah blackberry ke dalam daftar buah yang dikonsumsi sehari-hari. 

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis: Menurunkan Berat Badan hingga Baik untuk Jantung

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like