Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sering dimanfaatkan orang-orang sebagai makanan pengganti nasi. Jenis umbi-umbian ini termasuk ke dalam golongan makanan yang mudah untuk diolah serta dikreasikan sebagai menu pembuka, penutup, ataupun pembuka. Selain mudah untuk diolah, kentang ternyata mengandung banyak manfaat untuk tubuh.

Penasaran apa saja manfaat kentang untuk kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini. 

Berbagai macam manfaat kentang bagi kesehatan tubuh Moms 

1. Terdapat kandungan antioksidan 

Kentang merupakan makanan yang kaya akan senyawa karotenoid, flavonoid, serta asam fenolik. Senyawa-senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh yang berguna untuk mencegah munculnya radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh.

Dengan kandungan antioksidan di dalamnya, menekan tumbuhnya sel kanker hati serta usus besar merupakan salah satu manfaat kentang untuk kesehatan. 

Oleh karena itu dengan mengonsumsi kentang, Moms dapat menurunkan resiko terkena penyakit kronis seperti penyakit kanker, diabetes, serta jantung yang disebabkan oleh kumpulan radikal bebas. 

2. Mengendalikan gula darah

Kebanyakan orang bilang bahwa kentang buruk untuk diabetes. Padahal, salah satu manfaat kentang untuk kesehatan yaitu dapat mengendalikan gula darah. Jadi, kentang sebagai sumber karbohidrat cukup aman dikonsumsi untuk orang penderita diabetes.

Di dalam kentang terdapat banyak kandungan pati atau pati resisten yang tidak dapat diserap oleh tubuh secara sepenuhnya. Saat pati resisten masuk ke dalam usus besar, pati akan menjadi sumber nutrisi bagi bakteri baik di dalam usus. Selain itu, pati resisten ini juga mampu membuat insulin serta hormon pengendali gula darah bekerja secara optimal. 

Ditambah, orang yang menderita diabetes tipe dua menunjukkan gula darah menjadi lebih stabil setelah ia mengonsumsi makanan yang mengandung pati resisten. 

Yang menarik adalah Moms dapat meningkatkan kandungan pati resisten di dalam kentang dengan cara menyimpannya di dalam lemari es semalaman dan dimakan saat masih dingin. 

3. Baik bagi pencernaan

Manfaat kentang untuk kesehatan yang lainnya yaitu baik bagi pencernaan. Kandungan pati resisten pada kentang ternyata dapat membantu Moms memperbaiki sistem pencernaan, lho. Saat masuk ke dalam usus, pati resisten akan dimakan oleh bakteri baik dan kemudian akan diubah menjadi asam lemak rantai pendek. 

Asam lemak rantai pendek ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya mampu memperkuat pertahanan usus besar, mengurasi resiko kanker usus besar, serta mengurangi resiko peradangan usus besar. Ditambah, asam lemak rantai yang berasal dari pati resisten juga penting untuk membantu orang yang menderita infeksi usus. 

4. Bebas gluten

Kentang juga ternyata bebas dari gluten, lho. Gluten merupakan jenis protein yang dapat Moms temuan di biji-bijian contohnya seperti biji gandum. Untuk orang yang mempunyai masalah dalam mengolah gluten, misalnya penyakit celiac, Moms bisa menjadi pilihan yang tepat.

Walaupun bebas gluten, ternyata tidak semua resep makanan yang terbuat dari kentang bebas dari gluten. Ada beberapa hidangan dari kentang yang mengandung gluten di dalamnya seperti roti kentang atau saus. Apabila Moms mempunyai penyakit celiac atau sensitivitas gluten, sebaiknya pastikan untuk melihat daftar bahan lengkapnya terlebih dahulu.

5. Dapat menjaga tekanan darah normal

Selain bebas gluten, manfaat kentang untuk kesehatan yang bisa Moms dapatkan yaitu bisa menjaga tekanan darah normal karena sumber kalium pada kentang yang lebih banyak dibanding pisang.

Kalium merupakan mineral yang mampu menurunkan tekanan darah. Caranya dengan merangsang pembuluh darah agar ukurannya menjadi lebar. Ditambah, kandungan kalsium dan magnesium yang ada pada kentang juga berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah normal. 

Selain itu, kentang mempunyai kandungan yang disebut dengan kukuoamines, yang dimana kandungan ini dapat menurunkan tekanan darah. 

6. Dapat menjaga fungsi otak dan kesehatan sistem saraf

VItamin B6 yang ada di dalam kentang ternyata sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf, lho. Selain itu, vitamin ini juga membantu memproduksi bahan kimia otak yaitu serotonin, dopamin, dan juga norepinefrin. 

Oleh karena itu, manfaat kentang untuk kesehatan Moms bukan hanya menjaga tekanan darah normal dan baik untuk pencernaan, namun juga dapat mengatasi stres atau depresi. Kandungan kaliumnya juga dapat mendorong pelebaran pembuluh darah sehingga otak mendapatkan darah yang cukup.

7. Dapat menjaga kesehatan jantung

Karotenoid yang ada pada kentang dapat membantu Moms dalam menjaga fungsi jantung. Kandungan vitamin B6 dan C nya juga bisa mengurangi radikal bebas yang ada pada sel jantung dan sel tubuh lainnya. Selain itu, vitamin B6 memiliki peran penting dalam proses metilasi. 

Proses metilasi ini berfungsi untuk mengubah homosistein yaitu molekul berbahaya menjadi metionin. Jika terdapat terlalu banyak homosistein, maka dinding pembuluh darah akan rusak dan kadarnya pun akan menjadi semakin tinggi sehingga meningkatkan resiko terkena stroke dan serangan jantung.

Baca juga: Mengonsumsi Kentang Saat Diet? Baik atau Bikin Gemuk?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like