Selama di rumah saja Moms ingin tetap menghasilkan uang? Moms dapat mencoba membuka usaha makanan rumahan yang kekinian dengan modal yang tidak terlalu besar, lho. Terdapat banyak ide makanan rumahan kekinian yang dapat Moms pilih. Apa saja ide usaha makanan rumahan dengan modal sedikit? Berikut penjelasannya.

Bisnis kuliner merupakan salah satu usaha yang tidak pernah sepi pengunjung. Hal ini karena, semua orang membutuhkan makan setiap harinya. Oleh karena itu, hal ini dapat Moms jadikan solusi bisnis rumahan yang menjanjikan. Terlebih jika Moms pandai dalam melihat peluang dan memasarkan produk dengan baik.

Berikut beberapa ide usaha makanan yang dapat Moms simak.

Ide Usaha Makanan Rumahan Kekinian

Usaha Makanan Rumahan Catering Bento

Catering bento dapat Moms jadikan sebagai salah satu pilihan. Selain menyasar ibu muda yang mempunyai anak kecil, usaha ini juga dapat menyasar anak kost. Moms dapat mengemas bento atau kotak makan siang yang dijual dengan tampilan yang lucu.

Tampilan yang menarik inilah yang membuat pelanggan jadi lebih bersemangat untuk makan. Moms dapat mencetak nasi dengan bentuk binatang lalu gunakan lauk-pauk sebagai dekorasinya.

Moms juga dapat mendaftarkan usaha makanan ini di situs antar makanan ojek online agar proses pengiriman menjadi lebih mudah.

Usaha Makanan Rice Bowl

Pilihan bisnis usaha makanan rumahan yang menjanjikan selanjutnya adalah rice bowl. Konsepnya mirip bento, hanya saja untuk usaha ini Moms menggunakan mangkuk kertas dengan tutup transparan sebagai packaging-nya.

Pilihan isinya juga beragam, Moms dapat menyajikan nasi uduk, kuning, putih, merah, dan lainnya. Bentuknya yang simple memungkinkan pembeli untuk mengkonsumsinya di mana saja dan kapan saja. Makanan ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki aktivitas padat sehari-harinya.

Apabila Moms ingin menyajikan menu daging, pastikan untuk menyajikan daging yang empuk agar tidak menyulitkan konsumen.

Catering Healthy Food untuk Usaha Makanan Rumahan

Apa yang membedakan dengan catering bento atau makanan lainnya?

Menu yang Moms sajikan berfokus pada keseimbangan kandungan gizi di dalamnya. Akan jauh lebih baik lagi apabila Moms menyediakan tabel kandungan gizi dan nutrisi pada bungkus makanan.

Hal ini bertujuan agar konsumen tidak perlu repot menghitung kalori makanan sendiri. Usaha makanan rumahan ini mempunyai pasar yang lebih khusus, yakni mereka yang merupakan pegiat pola hidup sehat.

Macam-macam Keripik

Tidak hanya makanan berat, Moms juga bisa mencoba bisnis makanan ringan seperti keripik. Hampir semua orang menyukai mengkonsumsi keripik di sela-sela aktivitas harian. Oleh karena itu, Moms dapat memanfaatkan ini sebagai peluang usaha rumahan.

Agar keripik yang Moms buat tidak terlalu”mainstream”, coba gunakan bahan baku seperti ubi cilembu.

Pasalnya, belum banyak orang yang menjual keripik ubi cilembu di pasaran.

Macam-macam Sambal Kemasan

Sambal kemasan ternyata juga bisa jadi bisnis rumahan yang menjanjikan. Hal ini karena banyak sekali orang Indonesia yang menyukai makanan pedas. Namun, tidak semua orang bisa membuat sambal mereka sendiri.

Salah satu sambal yang dapat Moms jual adalah sambal bawang kecombrang atau sambal roa. Moms dapat menjual sambal dalam botol-botol kecil agar lebih mudah dijual. Akan tetapi, pastikan untuk mengecek ketahanannya terlebih dahulu sebelum dipasarkan.

Donat Kepang ala Korea

Usaha makanan rumahan berikutnya adalah menjual donat kepang ala Korea. Donat merupakan salah satu camilan yang disukai oleh semua kalangan. Akan tetapi, tentu bosan melihat bentuk donat yang bundar dan itu-itu saja. Oleh karena itu, donat kepang dapat Moms jadikan pilihan.

walaupun terlihat sulit, cara membuat donat yang satu ini sebenarnya mudah. Moms juga bisa menambahkan menu garlic bread yang sedang trend saat ini.

Dessert Box

Usaha makanan rumahan kekinian selanjutnya yaitu dessert box yang tengah digandrungi anak muda. Moms dapat menyediakan berbagai jenis variasi menu dessert yang akan memanjakan lidah konsumen.

Beberapa variasi menu yang dapat Moms buat adalah tiramisu, sponge cake dengan krim keju, banoffee, dan lainnya. Tidak hanya mudah dibuat, modal untuk usaha ini juga tidak terlalu besar. Sehingga Moms tidak perlu pusing memikirkan modal di awal.

Tips Membuka Bisnis Makanan Rumahan

Membuka bisnis rumahan memang terlihat mudah, namun Moms harus pandai menyusun strategi agar usaha yang Moms buat tetap eksis. Hal ini karena ada banyak pesaing baru yang akan bermunculan setiap harinya.

Agar bisnis makanan yang Moms bangun tetap berjalan dengan baik, berikut beberapa hal yang perlu Moms perhatikan antara lain:

  • Hitung fixed cost usaha dengan tepat agar tidak rugi
  • Pisahkan penyimpanan bahan jualan dan bahan masakan sehari-hari
  • Sediakan ruang khusus usaha, entah untuk menyimpan kemasan atau peralatan lainnya
  • Gunakan sistem pre-order atau PO di awal agar tidak banyak bahan makanan terbuang

Nah itulah beberapa ide usaha makanan rumahan yang kekinian yang bisa Moms coba. Selain mengisi waktu luang selama di rumah, Moms juga bisa memperoleh keuntungan kan? Selamat mencoba ya, Moms!

Baca Juga: Cara Membuat Donat Goreng yang Lezat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like