Cara Mengatasi Sunburn yang Ampuh dan Efektif

Cara Mengatasi Sunburn

Berhati-hatilah jika Moms terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Karena, kulit dapat mengalami sunburn atau terbakar oleh sinar matahari. Apabila sudah mengalami ini, Moms pun akan merasakan rasa sakit, perih, dan juga tidak percaya diri. Namun, Moms tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara mengatasi sunburn yang bisa Moms lakukan. Apa saja caranya? 

Beberapa cara mengatasi sunburn

Terpapar UVA serta UVB terlalu lama akan menyebabkan kerusakan serta iritasi pada kulit. Selain lamanya waktu berjemur, hal lain yang mempengaruhi parahnya kondisi sunburn yaitu jenis kulit serta intensitas sengatan matahari. 

Kulit Moms yang terbakar biasanya akan menjadi merah dan terasa perih. Apabila luka bakar cukup parah, kulit akan melepuh dan juga mengalami pembengkakan. Moms juga dapat mengalami beberapa gejala flu seperti sakit kepala, mual, demam, dan juga lemas. 

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara mengatasi sunburn yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Meletakkan handuk dingin pada kulit

Cara mengatasi sunburn yang pertama yaitu dengan meletakkan handuk yang sudah direndam di dalam air es selama 10-15 menit. Ini dilakukan guna membantu Moms menetralisir panas yang ada di kulit. 

Apabila terdapat sunburn di beberapa area tubuh, cara mudah yang dapat dilakukan adalah mandi. Mandi mampu meringankan rasa sakit serta perih yang Moms derita. Perlu Moms ingat juga untuk memakai pelembab apabila Moms mandi lebih dari biasanya agar kulit tidak menjadi kering. 

2. Memakai pelembab dan krim khusus untuk menenangkan kulit

Memakai pelembab dan krim khusus tentu saja menjadi salah satu cara mengatasi sunburn. Pakailah pelembab guna menghidrasi kulit Moms yang kuring. Selain itu, pilih pelembab yang berbahan seperti lidah buaya karena lidah buaya dapat memberi efek dingin sehingga kulit yang terbakar akan terasa lebih baik. 

Moms juga dapat memakai krim khusus untuk melembabkan serta meregenerasi kulit yang rusak karena terbakar. Moms dapat memakai krim khusus dengan bahan dasar centella asiatica ataupun daun pegagan. 

Tanaman yang satu ini memiliki kandungan bahan kimia tertentu yang bisa membantu mengurangi peradangan. Ditambah, tanaman ini juga bisa meningkatkan produksi kolagen yang sangat dibutuhkan untuk menyembuhkan luka bakar karena terlalu lama terpapar sinar UV. 

Namun, Moms harus berhati-hati dan menghindari krim maupun lotion yang memiliki kandungan lidocaine, benzocaine, atau petroleum. Karena lidocaine dan benzocaine bisa mengiritasi kulit, sedangkan petroleum dapat menjebak panas. 

Baca juga: Bagaimana Cara Tepat Menghilangkan Bentol Bekas Gigitan Nyamuk?

3. Memperbanyak minum air putih

Biasanya, luka bakar akan menarik cairan ke permukaan kulit agar menjauh dari bagian tubuh yang lain. Moms pun mudah untuk mengalami dehidrasi. Memperbanyak minum air putih dapat menjadi cara mengatasi sunburn karena dapat mencegah kulit menjadi kering, yang dimana dapat memperparah gejala sunburn yang dialami. 

Hal ini disebabkan karena kulit yang kering akan terasa gatal, sementara menggaruk kulit yang mengalami luka bakar dapat membuat kulit menjadi iritasi. Selain air putih, Moms juga dapat minum air kelap ataupun minuman olahraga sehingga dapat mengganti elektrolit yang hilang. 

4. Minum obat antiradang

Mengonsumsi obat juga dapat menjadi cara mengatasi sunburn. Ketika sadar bahwa kulit Moms mengalami tanda-tanda terbakar, segeralah minum obat yang dapat mengurangi peradangan. 

Obat yang termasuk golongan anti inflamasi nonsteroid atau NSAID seperti naproxen dan ibuprofen dapat membantu menangani rasa sakit pada kulit yang meradang. 

5. Tidak memencet atau menggaruk kulit yang melepuh 

Cara mengatasi sunburn serta membuatnya cepat sembuh yaitu dengan tidak memencet ataupun menggaruk kulit melepuh yang muncul. Jika kulit Moms melepuh, maka ini artinya Moms sedang mengalami luka bakar tingkat dua.

Apabila Moms memencet atau menggaruknya, luka pun akan menjadi semakin parah. Karena itu, tahan keinginan Moms untuk menggaruk kulit guna menghindari terjadinya infeksi. 

Walaupun kondisi ini tampak sementara dan tidak akan berlangsung lama, sunburn dapat menyebabkan kulit rusak secara permanen, lho. Kerusakan ini dapat meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Maka dari itu, Moms tidak boleh menyepelekan kondisi ini dan tangani dengan cara yang tepat. 

Baca juga: Perbedaan Sunscreen dan Sunblock yang Harus Moms Tahu

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x