Saat travelling, Moms pasti ingin menikmati waktu senggang yang ada. Namun, kalau sudah mempunyai bayi, tidak jarang Moms akan merasa kerepotan saat membereskan barang-barangnya yang tentunya tidak sedikit. Nah, berikut ini ada 10 tips packing perlengkapan bayi yang akan memudahkan Moms dalam berpacking. Ingin tahu apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa saja tips packing perlengkapan bayi yang harus dilakukan?

1. Membuat checklist

Tips packing perlengkapan bayi yang pertama yaitu membuat checklist. Untuk memudahkan Moms dalam mengingat barang-barang yang diperlukan dan jumlahnya, buatlah daftar barang-barang apa saja yang harus dibawa. Dengan begini, Moms tidak akan lupa atau kebingungan lagi. 

2. Memakai kantong yang lebih kecil 

Menggunakan tas atau kantong kecil untuk menyimpan barang-barang agar tidak mudah tercecer adalah salah satu tips packing perlengkapan bayi. Contohnya, gunakan satu tas kecil untuk keperluan ganti popok si kecil, seperti tisu basah, kapas, krim ruam popok, minyak telon, popok ganti, dan juga perlak tipis. Dan tas kecil lain yang berisi perlengkapan mandi seperti sampo, sabun, serta baby oil. 

3. Gunakan kantong vakum 

Salah satu penyelamat packing yang perlu Moms punya yaitu kantong vakum. Tempatkan barang-barang yang menurut Moms memakan tempat, seperti selimut, jaket, dan baju-baju akan dapat menghemat tempat di dalam koper. 

4. Menggulung pakaian 

Menggulung pakaian juga merupakan tips packing perlengkapan bayi. Dengan cara ini, Moms akan menghemat tempat di dalam tas. Selain itu, cara ini juga mengurangi tingkat kusut pakaian dan akan lebih mudah untuk mengambilnya. 

5. Memisahkan baju berdasarkan set pemakaian 

Hitunglah berapa hari Moms akan bepergian agar dapat memisahkan baju bayi berdasarkan hari pemakaiannya. Dengan begini, Moms tidak perlu repot-repot memilih baju untuk si kecil dan tinggal mengambil sesuai hari. 

Baca juga: 13 Tips Untuk Persiapan Kelahiran Yang Perlu Moms Ketahui

6. Menyiapkan packing khusus di perjalanan 

Siapkan barang-barang khusus kebutuhan bayi di tas kecil lain yang dapat Moms bawa dengan mudah. Di dalam tas ini harus terdapat popok, baju ganti, perlengkapan pembersih pokok, botol susu, alat makan, serta mainan favorit sang anak. 

Ini dilakukan agar Moms tidak perlu repot-repot mencari seluruh barang bawaan jika ingin mencari baju ganti yang terselip nantinya. 

7. Perhatikan ukuran kemasan

Tips packing perlengkapan bayi yang selanjutnya yaitu memperhatikan ukuran kemasan. Apabila Moms travelling menggunakan pesawat, terdapat aturan tertentu mengenai kemasan cairan atau barang yang bisa dibawa ke kabin. 

Kebanyakan bandara memberi toleransi apabila terkait dengan barang kebutuhan bayi. Namun sebaiknya persiapkan diri dengan memindahkan beberapa barang ke wadah yang berukuran aman, misalnya seperti minyak telon ke dalam botol kemasan 100 mL. 

8. Memisahkan barang-barang penting

Pisahkan barang-barang penting seperti KTP, charger, dompet, dan surat-surat penting yang akan diperlukan sebagai perlindungan khusus ke satu tempat yang berbeda sehingga barang tidak berceceran atau beresiko hilang. 

9. Menyiapkan kantong untuk barang basah dan kotor

Agar baju kotor tidak berantakan dan malah mengotori baju bersih, sebaiknya siapkan tempat penyimpanan khusus yang kedap udara sehingga tidak membuat koper menjadi bau. 

10. Menyiapkan tas cadangan

Tips packing perlengkapan bayi yang terakhir yaitu menyiapkan tas cadangan bagi Moms yang suka berbelanja. Bawalah tas lipat praktis untuk menyimpan oleh-oleh sepulang travelling. 

Baca juga: Mau Liburan Dengan Balita? Baca Dulu Tips Berikut Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like