Menyiapkan liburan bagi seorang Moms bisa mempunyai tantangan tersendiri. Banyak faktor yang harus dipikirkan agar liburan tidak jadi berantakan. Supaya Moms terbantu, berikut tips travelling bersama keluarga yang bisa Moms catat agar liburan tidak malah jadi penambah stres.

1. Tentukan tujuan liburan dengan tepat

Dalam menentukan tujuan liburan bersama keluarga, pastinya tiap-tiap kepala mempunyai pemikiran masing-masing. Tips travelling bersama keluarga yang pertama adalah Moms harus berdiskusi dengan semua pihak terlebih dahulu.

Meski pun akhirnya hanya ada satu tujuan yang dipilih, namun dengan mengajak berdiskusi maka semua pihak akan merasa dihargai dan tidak setengah hati saat waktu liburan tiba.

2. Lakukan persiapan secara matang

Jika tempat tujuan liburan sudah diputuskan, segera lakukan riset dan persiapan. Jangan menunda untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan selama liburan di sana. Bacalah berbagai referensi yang ada di internet agar Moms dapat mempersiapkan solusi yang diperlukan sebelum masalah tiba.

Misalnya, Moms dan keluarga memutuskan untuk berliburan di luar negeri. Cari tahu berapa banyak uang yang harus dipersiapkan agar tidak kerepotan mencari tempat penukaran uang di sana. Bisa juga Moms mencari tahu cuaca di lokasi tersebut saat Moms berkunjung kesana, dengan begitu Moms dapat menentukan jenis pakaian yang harus dibawa kesana.

3. Pelajari pilihan transportasi dan penginapan yang ada

Tips travelling bersama keluarga yang berikutnya adalah mempelajari pilihan untuk penginapan dan juga transportasi selama berada di tempat tujuan. Tentukan opsi penginapan yang paling cocok dengan karakter keluarga Moms.

Saat ini sudah lebih banyak opsi penginapan yang tersedia, apakah memesan hotel atau penginapan lain seperti apartemen melalui airbnb. Analisa kekurangan dan kelebihan masing-masing opsi agar waktu liburan tidak menjadi berantakan.

Tentukan juga jenis transportasi selama berada di sana. Sekali lagi, Moms perlu mencocokan pilihan dengan karakter keluarga yang dimiliki. Misalnya, jika anggota keluarga berjumlah banyak, mungkin opsi menyewa mobil atau minibus akan lebih cocok.

Bisa juga dengan mempertimbangkan kondisi sarana transportasi umum di tempat tujuan. Jika tempat tujuan mempunyai sarana transportasi umum yang memadai, pilihan menggunakan kendaraan umum mungkin akan lebih tepat sekaligus menghemat.

Baca juga: Mau Liburan Dengan Balita? Baca Dulu Tips Berikut Ini

4. Kemas barang dengan sesuai

Mengemas barang dengan sesuai adalah tips travelling bersama keluarga yang bisa membantu kelancaran perjalanan. Membawa barang yang terlalu banyak dan tidak perlu, bisa membuat repot saat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Pertimbangkan juga batasan berat bagasi jika Moms bepergian menggunakan pesawat terbang. Jangan sampai biaya menjadi membludak akibat beban koper terlalu berat saat ditimbang.

Disarankan juga untuk mengemas barang jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan agar Moms mempunyai waktu untuk mengamati apakah ada barang yang belum masuk ke koper, atau sebaliknya ada barang yang ternyata tidak terlalu perlu untuk dibawa.

5. Pilih waktu keberangkatan yang terbaik untuk keluarga

Saat menentukan waktu keberangkatan, pikirkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai tempat liburan. Memilih waktu yang salah dapat berakibat ke stamina peserta liburan.

Jika Moms dan keluarga naik pesawat, perhatikan jadwal take off, apakah akan ada waktu transit di perjalanan, dan juga waktu tiba di bandara tujuan. Tiba pada saat larut malam dapat berimbas kepada susahnya mencari angkutan umum yang masih beroperasi.

Jika perjalanan menuju lokasi liburan membutuhkan waktu yang tidak sebentar, maka setiap orang akan membutuhkan istirahat secepatnya begitu tiba. Moms bisa menghindari tiba pada saat jam lalu lintas sibuk guna menghindari resiko terkena macet dan menunda waktu tiba di penginapan.

Jangan lupa untuk tiba di bandara lebih awal jika memang Moms dan keluarga menggunakan pesawat terbang untuk liburan. Proses melewati pemeriksaan bandara dan antrian untuk check in bisa memakan waktu yang tidak sebentar. Jangan sampai tertinggal oleh pesawat akibat waktu tiba yang mepet dengan jadwal keberangkatan.

6. Perhatikan keamanan selama liburan

Tips travelling bersama keluarga yang tidak kalah penting adalah untuk selalu menjaga keamanan anggota keluarga selama liburan. Jika bepergian dengan anak kecil, ajarkan mereka untuk selalu dekat dengan anggota keluarga yang lain agar tidak terpisah.

Moms juga bisa mengajarkan anak untuk menghapal nama lengkap orangtua, dan juga nomor telpon yang bisa dihubungi jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. Catatan nama lengkap, tempat penginapan dan telpon yang bisa dihubungi juga bisa diselipkan di baju yang dipakai anak untuk berjaga-jaga jika anak terpisah dari rombongan keluarga.

7. Siapkan persediaan makanan yang diperlukan

Bepergian ke tempat yang mempunyai makanan yang jauh berbeda dengan tempat asal juga memerlukan persiapan. Bisa jadi Moms dan keluarga tidak terbiasa dengan rasa makanan yang ada di tempat tujuan. Tips travelling bersama keluarga berikutnya adalah untuk menyiapkan makanan yang mudah dibawa agar Moms dan keluarga tetap bisa makan dengan lahap selama liburan.

Jika anak masih berusia batita, jangan lupa untuk membawa stok makanan yang cukup untuk mereka selama perjalanan. Jangan sampai Moms kesulitan untuk mencari makanan yang sesuai untuk anak jika stok makanan mereka habis.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like