Meski terkesan sepele, mengukur berat tinggi badan anak penting dilakukan terutama untuk anak usia 1 tahun sampai usia 5 tahun. Rutin menimbang berat dan mengukur tinggi badan anak setiap bulannya dapat memberikan informasi sampai sejauh mana pertumbuhan anak Moms . Lalu, berapa kah berat dan tinggi badan ideal anak?

Mengukur pertumbuhan anak

Berat dan tinggi badan anak bisa menjadi sebuah tolak ukur pertumbuhan fisik anak. Pada masa bayi dan kanak-kanak pertumbuhan terjadi begitu cepat, terutama masa bayi. Oleh karena itu, penting untuk kita memantau pertumbuhannya di rumah sakit atau dokter anak.

Terkadang kita tidak menyadari tinggi badan anak bertambah dengan cepat pada masa kanak-kanak. Dari mulanya hanya setinggi lutut, sekarang anak Moms mungkin mencapai tinggi pinggul Moms.

Perlu diingat bahwa pertumbuhan anak di masa kecil bisa mempengaruhi pertumbuhan dan kehidupan anak di masa depannya. Jika anak mempunyai tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan anak seusianya, ada kemungkinan besar anak akan tetap mempunyai tinggi badan lebih pendek di masa dewasanya nanti.

Hal tersebut disebabkan karena tinggi badan bisa menggambarkan kondisi gizi anak dalam jangka panjang. Pada berat badan bisa naik dan turun dengan cepat sesuai pola makan dan aktivitas anak sekarang.

Melakukan pemantauan pertumbuhan anak secara rutin juga penting dilakukan agar Moms bisa membantu anak mengejar pertumbuhannya. Moms dapat segera mengetahui jika sewaktu-waktu pertumbuhan anak sedang mengalami perlambatan.

Untuk membantu pertumbuhan anak bisa dilakukan dengan menyediakan lingkungan yang baik untuk merangsang pertumbuhannya. Moms bisa menyediakan makanan yang bergizi dan sehat untuk anak, memastikan waktu tidur anak cukup, juga membiasakan anak berolahraga.

Baca juga: Waspada Tanda-Tanda Anak Stunting yang Perlu Moms Ketahui

Berapakah berat dan tinggi badan ideal untuk anak?

Seringkali orangtua membandingkan pertumbuhan fisik anaknya dengan anak lainnya yang seusia. Namun, hal tersebut belum tentu dapat menggambarkan apakah anak Moms memiliki berat dan tinggi badan yang ideal atau tidak.

Jika anak mempunyai berat dan tinggi badan yang hampir sama dengan anak lainnya, belum tentu anak Moms memiliki berat badan yang ideal. Begitu juga sebaliknya, anak yang pertumbuhan fisiknya tidak sama dengan anak seusianya belum pasti memiliki pertumbuhan yang lebih lambat atau lebih cepat.

Ada baiknya Mom mengetahui berapa tinggi dan berat badan ideal anak. Berikut adalah ukuran berat badan ideal anak usia 1-5 tahun, berdasarkan data yang diambil dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

ukuran berat badan ideal anak

Jika anak Moms memiliki berat badan yang kurang dari rentang tersebut, maka hal itu menandakan berat badan anak kurang. Sebaiknya berikan nutrisi yang cukup untuk anak mengejar kekurangan berat badannya. Jika berat badan anak lebih dari rentang tersebut, maka menandakan bahwa anak kelebihan berat badan atau obesitas.  

Di bawah ini adalah tinggi badan ideal anak usia 1-5 tahun, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Ukuran tinggi badan ideal anak
Ukuran tinggi badan ideal anak

Jika anak mempunyai tinggi badan di bawah angka tersebut, maka bisa dikatakan anak tersebut pendek. Sebaliknya, jika anak mempunyai tinggi badan di atas rentang angka tersebut maka bisa dikatakan anak tersebut mempunyai badan yang tinggi.

Jika berat badan anak mengalami penurunan yang signifikan setiap bulan, sebaiknya Moms segera periksakan anak ke dokter. Pada fase kanak-kanak, ada kalanya nafsu makan anak mungkin sering berkurang, namun seharusnya tidak sampai menyebabkan penurunan berat badan yang berlebih.

Jika terjadi penurunan berat badan terus-menerus, bisa jadi itu tanda pertumbuhan anak sedang bermasalah atau kondisi kesehatan anak sedang terganggu.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments