Anak Menderita Sakit Gigi? Ini Cara Alami Untuk Mengobatinya

Anak Menderita Sakit GIgi

Anak-anak pada umumnya mempunyai gigi yang berubang atau masalah gusi yang akan membuat gigi menjadi sakit. Untuk orang dewasa, memilih obat sakit gigi tentunya bukanlah hal yang sulit. Tapi perlu diingat untuk jangan sembarangan jika Moms ingin memberi obat ketika anak menderita sakit gigi. Ada 3 cara alami untuk mengobatinya. Berikut ini penjelasannya.

Bagaimana cara mengobatinya?

Kebanyakan sakit gigi pada anak biasanya disebabkan karena sisa makanan yang masih terselip di sela-sela gigi atau gigi yang berlubang. Ada beberapa cara alami yang bisa Moms lakukan saat anak menderita sakit gigi, diantaranya:

1. Menyikat gigi atau gunakan benang gigi

Jika anak menderita sakit gigi, pilihlah sikat gigi dengan bulu halus dan coba untuk menyikat gigi yang susah untuk dijangkau misalnya bagian gigi geraham paling dalam.

Moms juga bisa menggunakan benang gigi. Apabila anak sudah dapat menggunakan sikat dan benang gigi sendiri, maka Moms bisa membiarkannya melakukan itu sendiri di bawah pengawasan Moms.

2. Kumur dengan air garam

Saat anak menderita sakit gigi, coba minta si kecil untuk berkumur dengan air garam semberi Moms memberinya obat. Moms bisa mencoba cara ini ketika si kecil sudah tahu cara berkumur.

Caranya mudah, Moms hanya cukup mencampurkan setengah sendok teh garam dan secangkir air kemudian aduk hingga merata. Untuk air, jangan gunakan air dingin atau panas. Ajari anak untuk berkumur selama kira-kira 20 detik. Setelah itu, pastikan si kecil membuang air umurnya. Ulangi cara ini setiap beberapa jam guna mencegah rasa nyeri di gigi anak kembali muncul.

3. Kompres dengan es batu

Bungkuslah es batu menggunakan handuk dan tempelkan pada bagian yang sakit selama sekitar 15-20 menit saat anak menderita sakit gigi. Hindari menempel es batu langsung ke kulit tanpa membungkusnya terlebih dahulu. Namun, perlu diperhatikan juga ada beberapa kasus bahwa kompres dingin ini akan memperparah rasa sakit.

Karena itu, Moms harus memperhatikan dengan baik apakah ada reaksi yang timbul dan segera lepas kompres jika anak terlihat tidak nyaman.

Bagaimana jika cara alami tidak dapat mengobati sakit gigi pada anak?

Cara alami yang digunakan saat anak menderita sakit gigi bersifat sementara. Anak akan membutuhkan penanganan dari dokter gigi agar rasa sakit sepenuhnya hilang. 

Selain itu, Moms dapat memberi anak ibuprofen atau paracetamol apabila si kecil sudah tidak mampu menahan rasa sakit di gigi. Tapi perlu Moms ingat untuk jangan sekalipun memberikan aspirin karena akan mengakibatkan Sindrom Reye yang akan menyebabkan pembengkakan pada hati serta otak anak.

Jangan mengoleskan apapun jenis obat pereda nyeri langsung ke gusi anak karena bisa melukai gusi. Gantinya, Moms bisa mengoleskan bahan alami contohnya minyak cengkeh untuk mengobati sakit gigi pada anak.

Baca juga: Pilihan Obat yang Aman Untuk Sakit Gigi Anak

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x