Merasa mual pastinya tidak enak dan mengganggu, kan? Terutama jika anak Moms yang merasakannya. Nah, sebenarnya apa sih penyebab anak merasa mual? Simak penjelasannya di bawah ini.

Beberapa penyebab anak Moms mual

1. Mabuk kendaraan

Mabuk kendaraan bisa menjadi penyebab anak merasa mual. Beberapa anak kecil biasanya sering mengalami mabuk kendaraan, apalagi saat perjalanan panjang. Mabuk kendaraan ini terjadi saat otak kewalahan untuk menerima sinyal sensorik dari mata serta bagian dalam telinga yang berguna untuk mengatur keseimbangan tubuh si kecil.

Otak dapat membaca sinyal dari telinga ketika tubuh sedang duduk diam di dalam kendaraan namun otak juga mendapat sinyal bergerak dari mata secara bersamaan.

Sinyal yang tumpang tindih ini yang menyebabkan anak menjadi mabuk kendaraan. Selain itu, kekurangan oksigen di dalam kendaraan juga bisa memperparah kondisi mual ini. Gejala mual biasanya ditandai dengan keringat dingin, ngiler, mual, hingga sakit kepala.

2. Alergi pada makanan

Alergi pada makanan bisa menjadi penyebab anak merasa mual.

Selain merasa mual, si kecil bisa mengalami sakit perut hingga muntah karena alergi makanan ini. Biasanya reaksi alergi akan muncul setelah makan atau beberapa jam setelahnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Moms untuk mencari tahu makanan apa yang dapat menyebabkan alergi anak. Biasanya kacang-kacangan, susu, telur, bahkan seafood.

3. Menderita penyakit infeksi

Penyakit infeksi seperti muntaber dan diare dapat menjadi penyebab masalah pencernaan yang akan membuat anak Moms mual. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus penyakit tersebut sehingga menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan.

Selain itu, infeksi virus juga dapat menyerang otak dan menyebabkan mual hingga muntah.

4. Gelisah

Anak kecil biasanya gampang merasa gelisah serta gugup karena tidak terbiasa dengan lingkungan sekitar yang asing dan berubah secara drastis. Contohnya, saat si kecil pertama kali mengikuti lomba atau pertama kali masuk sekolah.

Rasa cemas dan gelisah ini tanpa disadari bisa menjadi faktor penyebab anak merasa mual karena sistem pencernaan menjadi ikut stres. Salah satu efek yang bisa terjadi yaitu meningkatnya asam lambung yang akan mempengaruhi proses pencernaan makanan. Itulah alasannya anak atau bahkan Moms merasa mual saat sedang cemas.

5. Makan secara berlebihan

Si kecil bisa saja sering lupa diri saat ia sedang makan. Terutama yang dihidangkan adalah makanan favoritnya.

Porsi makan yang terlalu banyak serta makan dengan cepat bisa menjadi penyebab anak merasa mual hingga muntah, lho. Hal ini disebabkan karena lambung anak tidak mampu menampung makanan sehingga makanan pun bocor ke kerongkongan.

Ada beberapa anak yang tidak dapat memuntahkan makanannya dan justru merasa ngantuk setelah makan berlebihan.

6. Keracunan makanan

Penyebab anak Moms mual yang lainnya yaitu keracunan makanan. Biasanya disebabkan karena si kecil jajan sembarangan. Karena jajanan di pinggir jalan tidak bisa terjamin sumber bahan-bahan serta kebersihannya, makanan pun bisa saja sudah terkontaminasi bakteri dari zat kimia tertentu dan juga bakteri dari udara sekitar.

Selain itu, makanan yang matangnya tidak sempurna juga dapat menjadi penyebab anak keracunan makanan.

Baca juga: Bagaimana Meningkatkan Nafsu Makan Anak?

7. Mengalami migrain perut

Migrain ternyata tidak hanya menyerang kepala juga, lho. Perut dapat terkena migrain juga dengan gejala mual terus-menerus serta sakit perut yang hebat yang dirasakan selama lebih dari 2 jam. 

Jika anak Moms mual, bisa saja ia terserang migrain perut. Kondisi ini biasanya menyerang anak umur 7 tahun dan puncaknya pada umur 9-11 tahun. Semakin ia dewasa, migrain perut ini bisa berubah menjadi migrain kepala.

Sebenarnya belum diketahui pasti apa penyebab dari migrain perut, namun diyakini bahwa adanya miskomunikasi antara otak dengan saraf usus yang disebabkan oleh kondisi psikologis si anak. Misalnya seperti anak yang merasa stres atau merasa sangat senang.

8. Masalah pada saraf

Meskipun jarang, kondisi gangguan saraf otonom ternyata juga dapat menjadi penyebab anak Moms mual. Sistem saraf otonom ini merupakan kelompok saraf yang bertugas untuk mengatur jalannya proses tubuh tertentu, seperti pencernaan, detak jantung, sistem kandung kemih, dan juga tekanan darah.

Saat si kecil mengalami gangguan saraf otonom, ia akan merasa mual dan sakit perut yang juga disertai sakit kepala dan juga lelah yang berlebihan.

Meskipun begitu, gangguan ini cukup sulit untuk didiagnosis. Bahkan dengan tes medis seperti tes darah, endoskopi, dan rontgen, hasil bisa baik-baik saja. Karena itu, untuk mengetahui kondisi ini, diperlukan pengawasan yang lebih lanjut oleh dokter.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like