Demam pada anak merupakan hal yang biasa terjadi karena tubuhnya yang masih berkembang sehingga menjadi lebih sensitif. Anak mengalami demam bisa disebabkan karena adanya infeksi. Masalah yang terjadi yaitu anak terkejut ketika demam Berikut ini cara mengatasinya. 

Bagaimana mengatasi anak terkejut ketika demam?

1. Menenangkan anak 

Cara mengatasi yang pertama yaitu dengan menenangkannya. Moms bisa menggendong anak agar menjadi tenang. Selain itu, Moms juga dapat menenangkan bayi dengan memberikan kata-kata lembut. 

2. Melihat kondisi anak sebelum memberi ASI 

Jangan langsung memberikan ASI setelah anak terkejut. Sebaiknya lihat terlebih dahulu kondisinya. Apabila sudah tenang dan nafasnya sudah kembali normal, maka tidak masalah untuk segera memberikannya ASI. Dan apabila anak menolak, jangan memaksanya dan biarkan sampai ia menunjukkan tanda ingin minum ASI kembali.

3. Menepuk perlahan bagian bawah anak

Moms dapat mengatasi anak yang terkejut saat demam dengan cara menepuk bagian bawahnya secara perlahan. Tetapi, jangan menepuk langsung pada kulit anak, namun pada baju atau selimutnya. Tepuklah anak secara perlahan sebagai tanda bahwa ia tidak sendirian. 

4. Mengendurkan pakaian anak 

Cara mengatasi yang selanjutnya yaitu dengan mengendurkan atau melonggarkan pakaiannya. Singkirkan kain atau selimut yang digunakan untuk menutupi bayi. Periksa popok bayi dan ganti dengan yang baru agar bayi tidak menangis dan merasa nyaman kembali. 

Itulah 4 cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak terkejut ketika demam. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Demam Anak Tidak Sembuh Setelah Minum Obat, Apa Penyebabnya?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like