Bagaimana Meningkatkan Nafsu Makan Anak?

Meningkatkan nafsu makan anak

Moms pasti merasa khawatir jika nafsu makan anak sangat rendah dan terjadi secara terus menerus. Rasa waswas tersebut diiringi dengan pemikiran bahwa nafsu makan anak yang rendah ini lama kelamaan akan menyebabkan tumbuh kembangnya terganggu. Jadi apa saja yang bisa Moms lakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak? Simak tips dan trik berikut ini.

Membuat nafsu makan anak bertambah

Kebutuhan kalori kalori setiap anak berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, serta kondisi kesehatannya.

Angka kecukupan gizi (AKG) yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan untuk anak usia 1-6 tahun adalah sekitar 1.100-1.600 kalori per hari. Celakanya, banyak anak yang justru mempunyai nafsu makan rendah di usia tersebut. Moms jangan panik dulu, tetap tenang dan pelajari trik untuk meningkatkan nafsu makan anak di bawah ini.

1. Jangan terus memaksa anak untuk makan

Terkadang ketika si kecil tidak mau makan, muncul rasa kurang sabar dan akhirnya kita memaksa mereka untuk makan. Sebetulnya cara pemaksaan tersebut tak akan membuat nafsu makan anak bertambah, yang terjadi justru sebaliknya.

Anak akan merasakan bahwa pengalaman makan adalah pengalaman yang tidak menyenangkan dan membuat mereka semakin menghindar dari situasi tersebut dan malas untuk makan.

Lakukanlah pendekatan dengan cara lain yang lebih menyenagnkan, misalnya dengan membujuk si kecil

tampilan menarik untuk merangsang nafsu makan anak

2. Berikan menu makanan variatif disertai tampilan yang menarik

Pilihan menu yang sama bisa membuat anak merasa bosan. Moms bisa menanggulangi hal ini dengan membuatkan menu makanan yang bervariasi. Selain itu, semakin banyak variasi bahan makanan yang digunakan, semakin banyak kandungan nutrisi makanan yang terkandung di dalamnya.

Tampilan makanan yang menarik, seperti kartun favoritnya, juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan si kecil.

3. Jadwal makan yang rutin

Pemberian jadwal makan yang rutin pada anak sejak ia kecil, dapat menolong Moms ketika anak susah makan. Anak akan menjadi terbiasa untuk makan pada waktu yang sama dan teratur.

Jadwal makan yang rutin tersebut juga akan berdampak baik untuk pola makan anak ketika ia sudah dewasa.

4. Beri camilan yang sehat dan lezat

Jika si kecil makan dengan jumlah yang sedikit, Moms bisa mengakalinya dengan memberikan si kecil menu camilan sehat yang lezat. Lebih baik lagi jika camilan tersebut Moms buat sendiri di rumah.

Contoh camilan yang sehat seperti puding buah atau es yang berbahan dasar buah. Dengan membuat camilan sendiri, Moms juga bisa yakin dengan kebersihan makanan yang diasup anak.

5. Frekuensi makan yang lebih sering

Jika anak susah makan dengan porsi besar, Moms bisa menggunakan trik memberi makan sedikit-sedikit saja tapi sering.

Jjika si kecil adalah tipe yang cepat bosan dengan makanannya, berikan ia porsi makan yang kecil, lalu berikan makanan dengan menu baru sesudah 2 sampai 3 jam.

Begini cara melatih anak makan sendiri

6. Jangan terlalu banyak minum saat makan

Minum yang terlalu banyak saat makan akan membuat anak cepat kembung dan akhirnya menolak untuk menghabiskan makanannya.

Moms bisa membatasi air minum saat si kecil makan, misalnya cukup satu gelas saja saat makan. Sesudah makanan habis, barulah berikan anak minum tambahan. Hindari juga memberi anak minuman yang memiliki rasa manis, karena akan membuat mudah kembung.

7. Libatkan anak saat menentukan menu makannya

Trik lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak adalah dengan mengajak anak menyiapkan menu sarapan atau bekalnya. Moms bisa melibatkan anak dalam menyiapkan beberapa bahan makanan atau menghias makanan.

Kemungkinan anak akan menjadi lebih tertarik untuk makan jika diikut sertakan dalam menyiapkan makanannya tersebut.

8. Berikan makanan dengan nutrisi lengkap

Vitamin dan mineral yang cukup dalam makanan juga bisa membuat nafsu makan anak meningkat. Beberapa penelitian membuktikan bahwa mineral zink dapat membantu mengatasi masalah susah makan pada anak. Contoh makanan yang mengandung zink adalah daging ayam, ikan, daging sapi, dan berbagai sayur berdaun hijau tua.

Konsultasikan dengan dokter jika nafsu makan anak tak juga meningkat

Jika Moms sudah melakukan semua trik meningkatkan nafsu makan anak tersebut namun nafsu makan si kecil tak kunjung membaik, malah cenderung menolak makanan yang diberikan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Bisa terdapat kondisi kesehatan yang menurunkan nafsu makan anak. Sesudah konsultasi, dokter dapat memberikan solusi terbaik untuk permasalahan yang dialami si kecil.

Baca juga: Pertolongan Pertama Saat Anak Mengalami Diare

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x