Jika Moms memiliki anak yang masih balita, pasti kalang kabut saat anak mengalami batuk disertai dahak. Seringkali si kecil belum paham cara mengeluarkan dahak, dan membuat kita khawatir saat melihat dia tersiksa dengan batuknya. Jika sudah begitu, ada baiknya Moms mencoba cara alami hilangkan dahak pada anak berikut ini.

Hilangkan dahak pada anak

Terdapat beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk membantu hilangkan dahak pada anak dengan memakai bahan-bahan yang ada di rumah.

1. Perbanyak konsumsi air putih

Air putih adalah salah satu dekongestan alami yang bisa Moms andalkan. Selain berguna untuk menghilangkan dahak anak, konsumsi air putih juga bisa membantu tubuh si kecil melawan infeksi yang sedang terjadi.

Berikan anak air putih dengan suhu yang hangat agar mempercepat meredakan dahak yang menumpuk di tenggorokan anak.

2. Cobalah dengan menggunakan madu

Beberapa ahli berpendapat bahwa madu memiliki efek yang lebih ampuh untuk menghilangkan dahak dibandingkan dengan menggunakan dekongestan  yang biasa dipakai sebagai obat penghilang dahak. Pilihlah madu yang berwarna gelap, karena mengandung banyak antioksidan di dalamnya dan bisa semakin efektif menyembuhkan dahak yang menyiksa anak.

Moms bisa memberikan anak kurang lebih setengah sendok teh madu dengan dosis sebanyak empat sampai lima kali per hari. Perlu dicatat bahwa cara ini sebaiknya digunakan apabila anak sudah berusia di atas 2 tahun. Jika anak masih di bawah 2 tahun, sebaiknya jangan diberikan madu dan konsultasi ke dokter.

3. Mandikan anak dengan air hangat

Memandikan anak dengan menggunakan air hangat dapat membantu melegakan saluran pernapasan si kecil yang tersumbat akibat dahak yang menumpuk. Ajaklah si kecil untuk mandi dengan air hangat selama kurang lebih 10 menit. Hal tersebut dapat memberikan dampak baik seperti membersihkan kuman penyakit, melancarkan aliran darah, dan juga meringankan gejala pilek.

4. Jus lemon

Cara alami hilangkan dahak pada anak lainnya adalah dengan meminumkan jus lemon. Berikan anak satu sendok teh jus lemon per tiga jam sekali, dengan diiringi minum air putih yang cukup untuk menghindari anak dari dehidrasi yang bisa disebabkan oleh kandungan lemon.  

Baca juga: Cara Atasi Batuk Anak Agar Cepat Sembuh

Jika dibutuhkan, minum obat

Jika cara alami menghilangkan dahak pada anak di atas belum berhasil, Moms bisa memberikan anak obat dekongestan. Namun sebaiknya hati-hati dan selalu baca aturan pakai sebelum memberikan obat jenis ini pada anak Anda. Salah dalam memberikan obat ini pada anak, bisa menyebabkan keracunan.

Biasanya anak yang masih berusia di bawah 4 tahun tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi dekongestan. Apabila kondisi anak tetap tidak kunjung membaik, segera bawa si kecil ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like