Penyakit tipes biasanya terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Penyakit ini bisa datang dengan tiba-tiba atau secara bertahap selama beberapa minggu. Tanpa pengobatan, penyakit ini bisa berlangsung selama sebulan atau lebih bahkan mampu mengancam jiwa. Oleh karena itu penting bagi Moms untuk mengetahui cara mengobati tipes. 

Selain menemui dokter, Moms juga bisa menyembuhkan penyakit tipes dengan memanfaatkan obat-obatan alami, lho. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa saja obat alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit tipes pada anak. 

Manfaatkan obat alami ini sebagai cara mengobati tipes

1. Cuka apel

Obat alami pertama yang bisa Moms manfaatkan sebagai cara mengobati tipes yaitu cuka apel. Cuka apel mampu menjaga pH yang tepat di dalam tubuh. Khususnya saat mengeluarkan panas dari kulit yang disebabkan oleh demam saat menderita penyakit tipes. 

Caranya cukup campurkan satu sendok teh cuka apel dengan air. Moms juga bisa menambahkan madu jika perlu. Minum campuran ini sebelum anak makan. 

2. Basil

Basil adalah obat alami yang bisa Moms gunakan sebagai cara mengobati tipes pada anak. Perlu Moms ketahui, basil merupakan antimikroba dan juga antibiotik. 

Cara yaitu, tambahkan basil ke dalam air matang. Minum campuran ini 3-4 cangkir setiap harinya. Obat alami yang satu ini dapat meningkatkan kekebalan serta dapat menenangkan perut. 

3. Pisang

Yang selanjutnya yaitu pisang. Buah pisang dapat dimanfaatkan sebagai cara mengobati tipes pada anak-anak. Buah pisang mengandung pektin, yaitu serat laut yang membantu usus untuk menyerap cairan. Pisang adalah salah satu makanan terbaik yang bisa dikonsumsi saat menderita penyakit tipes. 

4. Delima

Penelitian menemukan bahwa delima merupakan obat alami yang efektif untuk melawan penyakit tipes. Delima dapat membantu mencegah dehidrasi. Moms bisa memberikan delima pada anak untuk dimakan langsung atau sebagai jus. 

5. Madu

Madu adalah obat alami yang bisa digunakan sebagai cara mengobati tipes pada anak. Madu bisa disebut sebagai bentuk nutrisi yang terkonsentrasi. Caranya, Moms cukup mencampurkan satu sendok makan dengan segelas air putih atau susu. Minum campuran ini 2 kali sehari agar rasa sakit mereda. 

6. Air Putih

Bahan alami yang terakhir yaitu air putih. Saat berjuang untuk melalui infeksi, tubuh akan cenderung mengalami dehidrasi karena demam merupakan salah satu gejala yang paling umum dari infeksi bakteri. Oleh karena itu, tubuh memerlukan banyak air guna melawan penyakit. 

Selain obat-obatan dari dokter, itulah 6 obat-obatan alami yang bisa Moms manfaatkan saat anak terserang penyakit tipes. Selamat mencoba!

Baca juga: Anak Sakit Campak? Ini Cara Merawatnya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like