Demam merupakan penyakit yang biasa dialami oleh anak-anak. Demam sendiri adalah tanda dimana si kecil sedang terkena infeksi tertentu atau sedang mengalami peradangan di dalam tubuh. Umumnya, demam anak dapat ditangani dengan mudah saat Moms dapat mengobati penyebabnya atau dengan memberi anak obat penurun panas yang dijual di pasaran.

Tetapi, bagaimana jika demam anak tidak sembuh walaupun sudah diberi obat? Apa penyebabnya dan apa yang harus Moms lakukan? 

Penyebab demam anak tidak sembuh walaupun sudah minum obat

Biasanya demam akan sembuh dengan sendirinya setelah 3-5 hari sambil memberikan obat pada si kecil. Tetapi, jika demam anak tidak sembuh bahkan berlangsung selama 2-3 minggu, dapat menjadi tanda adanya infeksi atau penyakit yang lebih serius. 

Demam yang berkepanjangan pada umumnya akan ditandai dengan suhu tubuh yang melebihi 38 derajat Celcius (untuk bayi melebihi 37,5 derajat Celcius), meriang, sakit kepala, nyeri tubuh atau sendi, sakit tenggorokan, batuk, ruam merah pada kulit, hidung mampet, serta berkeringat deras. 

Penyebab demam anak tidak sembuh dapat meliputi gangguan sistem kekebalan tubuh yang membuat tubuh tidak dapat melawan infeksi dengan cepat dan efektif, kanker anak (leukemia), serta beberapa kondisi kesehatan serius yang lainnya, seperti:

  • Radang usus 
  • Radang di dalam selaput lendir
  • Emboli paru 
  • Peradangan yang mempengaruhi pembuluh darah
  • Trombosis vena dalam 

Jika demam pada anak disebabkan oleh salah satu kondisi di atas, seharusnya demam juga disertai dengan gejala lainnya. 

Baca juga: Anak Demam Setelah Imunisasi? Ini Alasannya

Apa yang harus Moms lakukan?

Cara menangani demam anak biasanya meliputi:

  • Memberi paracetamol setiap 4 sampai 6 jam sesuai dengan kebutuhan
  • Cara lainnya, berikan si kecil ibuprofen per 6 sampai 8 jam sesuai dengan kebutuhan. Sebelum minum obat, pastikan si kecil sudah makan. Jangan mencampur paracetamol dan ibuprofen untuk mengobati demam anak
  • Moms dapat menggunakan air hangat untuk si kecil mandi agar lebih cepat menurunkan suhu panas anak

Perlu Moms ingat untuk tidak memberikan aspirin pada bayi ataupun balita. Segera hubungi dokter jika demam anak tidak sembuh selama lebih dari dua hari bahkan setelah memberinya obat. Bawa si kecil ke IGD jika suhu tubuh anak mencapai di atas 40 derajat celcius atau lebih. Apabila tidak segera ditangani, demam anak dapat berakibat fatal. 

Pengobatan yang dilakukan dokter untuk demam berkepanjangan pada anak akan bervariasi tergantung apa penyebabnya. 

Baca juga: Mengenali Gejala Demam Berdarah Pada Anak

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like