Gejala Radang Amandel Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Gejala Radang Amandel

Ada saat dimana amandel mengalami peradangan dan membengkak sehingga menyebabkan sakit tenggorokan. Kondisi ini disebut dengan tonsilitis yang bisa terjadi pada setiap orang dari semua kelompok usia. Namun, anak yang berusia 5-15 tahun lebih rentan untuk mengalami kondisi ini. Maka dari itu, Moms harus waspada apabila anak mengeluh sakit pada tenggorokan.

Nah, sebagai antisipasi, Moms harus mengenali apa saja gejala radang amandel pada anak serta cara mengatasinya. 

Apakah gejala radang amandel pada anak berbahaya?

Sebenarnya amandel adalah kumpulan jaringan lunak yang membantu tubuh untuk melawan infeksi. Tetapi, bakteri serta virus juga mampu menginfeksi amandel sehingga menyebabkan peradangan akut. Apabila kondisi ini terjadi secara terus-menerus, peradangan akut amandel akan berkembang menjadi peradangan yang kronis. 

Berikut ini beberapa gejala radang amandel pada anak yang perlu Moms ketahui:

  • Demam serta merasa tidak enak badan 
  • Menderita sakit tenggorokan
  • Amandel bengkak atau berwarna kemerahan
  • Kelenjar getah bening di area leher membengkak
  • Sulit untuk menelan
  • Bau mulut
  • Nafsu makan berkurang

Sebagian anak yang mengalami kondisi-kondisi di atas juga bisa mengalami gejala lain seperti sakit telinga, kepala, perut, serta timbul bintik kekuningan pada amandelnya. 

Baca juga: Penyebab Anak Bau Mulut yang Perlu Moms Perhatikan

Bagaimana cara mengatasinya?

Setelah mengetahui apa saja gejala radang amandel pada anak, sekarang waktunya Moms mengetahui bagaimana cara mengatasi radang amandel pada anak. 

Biasanya, radang amandel akan membaik dengan melakukan perawatan di rumah. Namun, Moms sebaiknya tetap membawa anak ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah kondisi si kecil semakin parah. 

Dokter akan melakukan pemeriksaan pada mulut anak, belakang tenggorokan, serta leher. Selain itu, dokter juga akan mengambil sampel dari amandel yang akan diuji di laboratorium guna mengetahui apakah anak Moms menderita radang amandel atau tidak. 

Pengobatan radang amandel pada anak akan dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Radang amandel yang disebabkan oleh virus biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Hal yang perlu Moms lakukan yaitu memastikan anak untuk terus mengonsumsi makanan yang bergizi serta perbanyak minum guna meningkatkan daya tahan tubuh. 

Sedangkan jika gejala radang amandel disebabkan oleh bakteri, si kecil perlu mengonsumsi antibiotik sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter. Selain itu, dokter juga bisa menyarankan operasi pengangkatan amandel jika infeksi sudah sangat parah, sering kambuh, ataupun menyebabkan masalah pada pernapasan anak. 

Untuk membantu anak sembuh dari radang amandel, berikut ini beberapa tips yang bisa Moms lakukan, diantaranya:

  • Memberikan anak banyak asupan minum guna meredakan nyeri tenggorokan serta mencegah dehidrasi
  • Memastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup agar sistem kekebalan tubuhnya pulih kembali 
  • Memberikan anak makanan dengan tekstur yang lembut
  • Apabila dokter memberi antibiotik, pastikan si kecil mengonsumsi obat sesuai dengan anjuran. Antibiotik harus dikonsumsi hingga habis meskipun kondisi anak sudah membaik. Karena, penggunaan antibiotik yang salah dapat kembali memicu infeksi 
  • Memberikan ibuprofen atau paracetamol jika disarankan dokter. Jangan memberi aspirin atau produk yang memiliki kandungan aspirin pada anak usia dibawah 16 tahun

Biasanya, radang amandel akan sembuh setelah beberapa hari. Tetapi, bawalah si kecil ke dokter jika kondisinya tidak kunjung membaik atau anak mengalami kesulitan untuk menelan, membuka mulut, dan bernapas. 

Setelah anak sembuh, Moms bisa mencegah munculnya gejala radang amandel dengan cara menjaga kebersihan tangan serta lingkungan sekitar anak. Jangan biarkan si kecil berbagi minuman, makanan, ataupun handuk apabila ada anggota keluarga yang menderita radang amandel. Selain itu, berikan anak sikat gigi baru setelah ia sembuh. 

Baca juga: Gejala Infeksi Telinga yang Terjadi Pada Anak

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x