Selain enak untuk dikonsumsi, manfaat hati ayam sangat baik untuk bayi yang baru mulai makan MPASI, dan juga untuk anak sekolah yang sedang tumbuh dengan pesat. Lalu, apa saja manfaat hati ayam yang dapat Moms peroleh untuk kesehatan tubuh? Simak penjelasan berikut ya, Moms!

Manfaat Hati Ayam untuk Anak

Mencegah Anemia

Kombinasi kandungan zat besi, zinc, dan vitamin B di dalam hati ayam sangat dibutuhkan tubuh anak dalam membentuk hemoglobin atau sel darah merah yang berfungsi mencegahnya terjadinya anemia defisiensi besi.

Moms bisa memberikan hati ayam bersamaan dengan makanan mengandung vitamin C seperti tomat, brokoli, lemon, paprika, atau sayuran berdaun hijau, agar manfaat yang diperoleh dan tingkat penyerapan zat besi oleh tubuh optimal.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Menurut sebuah studi yang dilansir National Institutes of Health, zinc adalah salah satu mineral esensial yang memiliki peran penting bagi tumbuh kembang, metabolisme tulang, sistem saraf pusat, sistem kekebalan tubuh, perbaikan DNA, dan terutama proses penyembuhan luka.

Maka dari itu, mengonsumsi seporsi hati ayam berukuran 100 gram sangat baik untuk memenuhi sekitar 27% kebutuhan zinc yang sangat ber manfaat untuk tubuh anak setiap harinya.

Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata serta fungsi penglihatan juga bisa didapat dari hati ayam karena hati ayam adalah salah satu sumber makanan tinggi vitamin A.

Setiap 100 gram hati ayam bisa memenuhi hingga 222%-267% kebutuhan vitamin A harian anak, maka dari itu hati ayam tidak perlu dikonsumsi terlalu banyak untuk mendapatkan manfaat nya.

Mengurangi Risiko Depresi

Manfaat hati ayam juga datang dari konsentrasi tinggi berbagai jenis vitamin B di dalamnya, yang berperan penting dalam sistem energi, perbaikan sel, dan sintesa DNA.

Bahkan seperti dikutip dari nutritionadvance.com, setiap 100 gram hati ayam bisa memenuhi sampai 287% kebutuhan harian vitamin B12. Dengan asupan harian vitamin B12 yang cukup, sehingga Si Kecil bisa terhindar dari penyakit kardiovaskular, masalah saraf, dan depresi.

Mendukung Tumbuh Kembang

Hati ayam mengandung semua sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh anak untuk berkembang serta berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, hati ayam memiliki manfaat dalam tumbuh kembang anak.

Asam amino merupakan salah satu komposisi penting tubuh yang terlibat dalam hampir semua fungsi dan elemen tubuh, termasuk pertumbuhan, perkembangan dan perbaikan sel, produksi hormon, mengantarkan sinyal saraf, dan kelancaran fungsi kognitif.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C bukan hanya terdapat di buah dan sayuran, ternyata vitamin c juga terdapat di dalam hati ayam.

Jumlahnya pun lumayan banyak, di mana mengonsumsi 100 gram hati ayam dapat memenuhi 47% kebutuhan vitamin C harian di dalam tubuh.

Kombinasi vitamin C serta zat besi ini menjadikan hati ayam salah satu sumber makanan terbaik untuk tubuh anak.

Walaupun manfaat hati ayam sangat baik untuk tubuh anak, konsumsinya tetap harus dibatasi karena memiliki kandungan kolesterol cukup tinggi yang tidak baik bagi tubuh Si Kecil.

Hati ayam juga sebaiknya tidak diolah dengan cara digoreng agar tubuh Si Kecil tetap sehat.

Baca Juga: Anak Sakit Campak? Ini Cara Merawatnya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like