Manfaat Susu UHT untuk Kesehatan Anak

Manfaat Susu UHT

Susu UHT dapat dijadikan sebagai pengganti ASI. Susu UHT yang sering ditemui dalam bentuk kotak ini dikenal sebagai sumber kalsium yang baik untuk anak dan rasanya yang enak. Manfaat susu UHT untuk kesehatan anak dipengaruhi oleh berbagai nutrisinya. Namun, konsumsinya hanya boleh dijadikan sebagai tambahan, tidak boleh menggantikan makanan sebagai sumber nutrisi utama. Lalu, apa saja manfaat susu uht untuk kesehatan anak? Simak penjelasannya yuk, Moms!

Baik untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Manfaat susu UHT untuk kesehatan anak yang pertama adalah untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang tinggi pada susu UHT. Bukan hanya itu, kalsium merupakan komponen penyusun tulang dan gigi. Kalsium pada susu UHT juga bermanfaat pada kerja otot tubuh.

Satu kotak susu UHT biasanya memiliki kandungan kalsium sekitar 300 mg dan hampir mencukupi kebutuhan nutrisi anak usia 1-3 tahun, yaitu 500 mg. Moms dapat  melengkapi kalsium dengan berbagai makanan sehat lain seperti keju yoghurt, ikan sarden, atau ikan teri. Terlebih lagi, proses pertumbuhan tubuh anak perlu dipengaruhi oleh pertumbuhan tulang.

Membantu Perkembangan Otak Anak

Membantu perkembangan otak anak juga merupakan salah satu dari manfaat susu UHT untuk kesehatan anak. Perkembangan otak pada masa anak-anak merupakan fase yang sangat penting. Untuk mendukung perkembangan otak ini diperlukan asupan tinggi lemak.

Walaupun orang dewasa yang cenderung menghindari konsumsi makanan tinggi lemak, susu UHT full cream sangat penting untuk menjadi salah satu sumber lemak yang bisa dijadikan konsumsi harian yang dibutuhkan anak.

Sumber Energi

Tidak jauh dari kandungan lemak, manfaat susu UHT untuk kesehatan anak berikutnya adalah sumber energi. Selain karbohidrat, lemak yang terkandung dalam susu UHT juga dapat dijadikan sumber energi untuk anak dalam beraktivitas. Bukan hanya itu, kandungan gula yang kadang ditambahkan juga dapat berdungsi sebagai sumber energi.

Membantu Penyerapan Vitamin

Manfaat susu UHT untuk kesehatan anak selanjutnya adalah untuk membantu penyerapan vitamin. Untuk dapat larut dan dimetabolisme tubuh, Vitamin A, D, E, dan K membutuhkan lemak yang dimana susu UHT bisa membantu penyerapan-penyerapan vitamin tersebut.

Menunjang Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Susu UHT untuk kesehatan anak selanjutnya adalah menunjang tumbuh kembang anak. Protein adalah salah satu makronutrien yang sangat penting perannya dalam menunjang tumbuh kembang anak. Atau dikenal sebagai zat pembangun, protein berperan penting dalam tubuh, seperti pertumbuhan otot, daya tahan tubuh, dan metabolisme.

Susu UHT umumnya mengandung sekitar 8 mg protein dalam satu sajian. Maka dari itu, manfaat susu UHT untuk anak juga dapat menunjang tumbuh kembangnya karena adanya kandungan protein ini.

Melengkapi Kebutuhan Gizi Anak

Manfaat susu UHT untuk kesehatan anak juga dapat melengkapi kebutuhan gizinya. Susu UHT mengandung mikronutrien berupa mineral dan kerap kali ditambahkan vitamin yang bisa melengkapi kebutuhan gizi buah hati. Mineral yang ada dalam susu UHT biasanya adalah magnesium, zink, fosfor, selenium, vitamin A, B, dan D.

Baca juga: Kacang Hijau untuk Bayi Usia 6 Bulan, Apa Saja Manfaatnya?

Cara Menyimpan Susu UHT dengan Tepat

Susu jenis UHT (ultra-high temperature) dapat bertahan lama di suhu ruangan. Hal ini dikarenakan proses pemanasan dengan suhu yang sangat tinggi (135-145ºC) dalam waktu yang sangat singkat (2-5 detik) ini.

Moms harus paham bagaimana cara menyimpan susu UHT yang tepat karena penyimpanan susu UHT yang tepat akan mempengaruhi kandungan gizinya dan juga rasanya.

Berikut beberapa langkah menyimpan susu UHT yang tepat:

– Selama kemasannya belum dibuka, penyimpanan susu UHT di suhu ruang akan selalu aman dan tahan berbulan-bulan hingga tanggal kedaluwarsa.

– Jika kemasan sudah dibuka, sebaiknya susu dihabiskan atau langsung ditaruh lagi di dalam kulkas. Hal ini untuk menghindari susu terkontaminasi bakteri. Simpan dengan suhu minimal 4 derajat celcius. Walaupun Moms menyimpan di dalam kulkas, susu hanya sanggup bertahan 2-3 hari.

– Pastikan kemasan tertutup rapat saat menyimpannya di kulkas. Susu masih layak diminum jika tidak ada perubahan warna dan bau. Oleh karena itu, cicipilah sedikit sebelum diminum

– Bukan hanya itu, meski sudah ditutup rapat dan disimpan di kulkas, Moms harus menjauhkan susu dari makanan yang aromanya kuat. Contohnya, durian, tape,dan sambal terasi. Ini dikarenakan susu mudah menyerap aroma dari luar.

Nah, bagaimana Moms? Sudah tahu kan manfaat susu UHT untuk kesehatan anak? Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Manfaat Hati Ayam yang Baik untuk Anak

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x