Tidak hanya menyakitkan untuk sang buah hati, Moms juga  tentu akan repot jika anak mengalami sakit gigi. Anak yang mengalami sakit gigi akan menjadi rewel, tidak ingin makan bahkan sampai tidak bisa tidur pada saat malam hari. Sebaiknya anak segera pergi ke dokter gigi untuk mengatasi rasa sakitnya.  Akan tetapi, dalam keadaan darurat cara mengobati sakit gigi pada anak dapat Moms lakukan dengan memberikan bahan-bahan pereda sakit gigi sebelum dirujuk ke dokter gigi.

Penyebab Sakit Gigi

Berikut beberapa penyebab sakit gigi seperti yang dilansir dari Cleveland Clinic, antara lain:

  • Kerusakan pada gigi.
  • Gigi abses (infeksi bakteri di tengah gigi).
  • Fraktur gigi (gigi yang patah).
  • Rusaknya tambalan gigi.
  • Gerakan berulang, contohnya mengunyah permen karet atau menggeretakkan atau mengatupkan gigi. Gerakan ini dapat merusak gigi.
  • Infeksi pada gusi.
  • Erupsi (gigi yang keluar dari gusi) atau pencabutan gigi (contohnya gigi bungsu).

Bermacam-macam Persoalan Gigi Pada Anak

Tumbuhnya gigi baru

Salah satu kemungkinan terjadinya sakit gigi pada anak dibawah usia 10-12 tahun yaitu tumbuhnya gigi baru yang menggantikan gigi susu. Pada proses ini terkadang dapat terjadi gusi yang sobek atau penanggalan gigi lama. Hal inilah yang dapat memungkinkan anak merasakan sakit gigi.

Gigi berlubang

Perlu Moms ketahui bahwa, terlalu banyak mengonsumsi makanan manis seperti permen, coklat, dan memberikan susu botol pada malam hari dapat mengakibatkan gigi berlubang. Gigi anak akan tampak berwarna kecoklatan. Apabila hal ini dibiarkan dan tidak dilakukan perawatan pada gigi tersebut oleh dokter gigi, semakin lama nantinya kerusakan akan semakin dalam sehingga mencapai lapisan dentin gigi dan menimbulkan rasa sakit apabila terkena makanan.

Gigi yang berlubang, khususnya pada gigi geraham, sering menjadi tempat makanan terselip. Makanan yang terselip inilah yang nantinya akan terjadi proses pembusukan dan dapat merusak bagian dalam gigi sampai mencapai saraf gigi serta menimbulkan rasa sakit berdenyut. Tidak hanya itu, gigi berlubang pada anak biasanya diakibatkan oleh pembersihan gigi yang kurang baik dan optimal.

Gusi bengkak

Makanan yang tersisa di rongga mulut akan mengalami pembusukan makanan oleh bakteri dan dapat menyakiti saraf gigi. Tidak hanya itu, hal ini juga dapat menyebabkan peradangan pada gigi maupun pada gusi. Pembengkakan yang meluas tidak hanya terlihat di dalam mulut, akan tetapi bisa juga terlihat sampai di pipi. Wajah nantinya akan terlihat sembab, disertai rasa sakit yang hebat dan demam, lebih lanjut dapat mengakibatkan kesulitan ketika menelan.

Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak

Berikut beberapa cara sementara yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit gigi pada anak.

Kumur dengan air hangat dan garam

Mengobati sakit gigi pada anak dapat dilakukan dengan kumur menggunakan air hangat dan garam. Air asin bisa melepaskan kotoran di antara gigi, berfungsi sebagai desinfektan, dan mengurangi peradangan. 

Caranya sangat mudah, aduk ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan kumur hingga bersih.

Kompres dingin menggunakan es batu

Jika terjadi pembengkakan dan nyeri, berikan kompres berupa es yang dibungkus menggunakan handuk/kain pada area yang nyeri sebagai cara mengobati sakit gigi pada anak. Lakukan cara ini selama kurang lebih 20 menit. Ulangi cara ini setiap beberapa jam.

Mengobati sakit gigi pada anak dengan bawang putih

Selain mudah dijumpai di rumah, bawang putih ternyata dapat mengobati sakit gigi pada anak. Bawang putih mempunyai kandungan saripati yang dapat meredakan sakit gigi. Caranya sangat sederhana yaitu geprek bawang putih lalu letakkan pada gigi anak yang sedang sakit. Diamkan beberapa saat sampai rasa sakit hilang.

Obat pereda rasa sakit

Apabila beberapa cara alami diatas telah dicoba namun belum memberikan efek, Moms dapat memberikan obat pereda sakit sebagai cara terakhir mengobati sakit gigi pada anak. 

Terdapat beberapa jenis obat yang cocok untuk sakit gigi pada anak. Obat-obatan ini dapat mengatasi sakit gigi pada anak dengan menghambat saraf perasa nyeri atau penyebab nyeri. Moms sebaiknya konsultasikan kepada dokter gigi untuk memperoleh resep dari dokter.

Makanan yang Dihindari Ketika Sakit Gigi

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari agar tidak memperparah sakit gigi, antara lain:

  • Makanan yang memiliki tekstur keras, seperti keripik, kacang, es batu, dan sebagainya
  • Makanan yang bersifat lengket, contohnya dodol
  • Makanan yang bersifat asam, contohnya yaitu lemon dan minuman bersoda
  • Makanan yang terlalu manis, contohnya yaitu coklat dan permen
  • Makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengobati sakit gigi pada anak. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Penyebab Anak Bau Mulut yang Perlu Moms Perhatikan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like