Ketika anak menderita penyakit radang tenggorokan, ia akan menjadi malas untuk makan karena rasa tidak nyaman di tenggorokannya. Padahal, penting untuk mencukupi nutrisinya agar si kecil cepat sembuh. Ada banyak obat-obatan yang bisa menyembuhkan penyakit ini, namun memberi obat radang tenggorokan anak yang alami juga tidak ada salahnya.

Selain bisa dibuat di rumah, anak juga tidak akan banyak mengonsumsi asupan kimia dari obat-obatan. Berikut ini beberapa obat alami untuk radang tenggorokan yang bisa Moms berikan untuk si kecil. 

Obat radang tenggorokan dari bahan alami

1. Campuran madu dan lemon

Obat radang tenggorokan anak alami yang pertama yaitu madu dan lemon. Madu bisa memberikan lapisan pada tenggorokan sehingga anak bisa merasa lebih nyaman saat makan. Rasa manisnya juga pasti akan disukai oleh anak. Sedangkan lemon mampu melancarkan pencernaan serta dapat menjadi sumber vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Moms cukup mencampur 1 sdm lemon dan 1 sdm madu. Hangatkan campuran tersebut, lalu berikan pada anak sekitar 1 sdt. Simpan campuran lemon dan madu untuk diberikan pada anak sebanyak 2-3 kali sehari. 

Tetapi, perlu Moms ingat bahwa madu tidak boleh diberikan pada anak yang masih berusia kurang dari 1 tahun. 

2. Garam dan air

Campuran garam dan air sudah menjadi salah satu obat radang tenggorokan anak yang terkenal sejak zaman dulu. Garam, yang biasa Moms campurkan pada makanan saat memasak ternyata berfungsi sebagai anti bakteri, lho. 

Moms cukup mencampurkan air hangat dan ½ sendok teh garam. Minta sang anak untuk berkumur menggunakan campuran tersebut sebanyak 5-6 kali sehari. 

3. Pisang

Pisang merupakan makanan yang tepat jika anak sedang menderita radang tenggorokan, karena buah ini bertekstur lembut serta tidak mengandung asam. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin C yang tentu baik bagi sistem kekebalan tubuh. 

Baca juga: Makanan untuk Radang Tenggorokan yang Bisa Moms Konsumsi

4. Jahe

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan sebagai obat radang tenggorokan anak yaitu jahe. Jahe mengandung anti inflamasi dan juga anti bakteri yang dapat membantu meredakan nyeri tenggorokan. Selain itu, ekstrak jahe juga mampu membantu membunuh bakteri penyebab penyakit, lho. 

Sajikan bahan alami yang satu ini sebagai minuman hangat. Moms juga bisa menambahkan gula atau madu sebagai pemanis apabila anak merasa pedas. 

5. Yogurt

Saat mengonsumsi yogurt, bakteri baik di dalam tubuh akan bertambah sehingga proses penyembuhan pun berjalan cepat. 

Nah untuk mendapatkan hasil maksimal, berikan yogurt kepada anak dan biarkan selama 30 menit. Hindari memberi makan dan minum pada anak selama waktu tersebut. 

Ini akan membantu bakteri baik di dalam tubuhnya bekerja lebih maksimal dan tenggorokan anak akan menjadi lebih nyaman. 

Nah, itulah 5 bahan alami yang bisa Moms manfaatkan sebagai obat radang tenggorokan anak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga: Gejala Radang Amandel pada Anak dan Cara Mengatasinya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Rahma

Wah terima kasih artikelnya
Sangat bermanfaat sekali. Sebebanrnya moms aku biasanya sering memggunakan produk2 instan yang dijual dipasaran untuk menghilangkan karang gigi.kadang mikir juga sih lumayan juga uangnya dikumpulin dan ditabung dibanding beli produk2 itu hihii….ternyata banyak banget bahan2 rumahan sederhana yang sangat mudah ditemukan dan digunakan untuk menghilangkan karang gigi yah. Wahh senang sekali aku moms besok aku praktekin langsung nih.terima kasih ilmu nya. Artikel ini sungguh bermanfaat 🤗🤗🤗🤗

Ira soviana

Artikel nya sangat menarik dan sangat membantu terima kasih buat momslyfe atas saranya dan bisa saya coba di rumah

Desi pratiwi

Menurut saya semua artikelnya sudah cukup bagus, tapi saya pilih artikel ini karena kebetulan saya memiliki keponakan yang masih bayi mengalami radang tenggorokan, Setelah membaca artikel ini saya jadi tau ternyata banyak cara untuk mengobati radang tenggorokan pada anak secara alami. Cara membuat dan bahannya pun sangat mudah sekali. Terimakasih, artikel ini sangat membantu.

khoiru Rizki

Trimakasih infonya,sangat bermanfaat infonya. Memang harus coba yang alami.😀

You May Also Like