Obat sakit gigi alami untuk anak

obat sakit gigi alami untuk anak

Dalam masa pertumbuhannya, anak sering sekali mengalami sakit gigi yang bisa disebabkan karena gigi bolong atau gusi yang bengkak. Selain pilihan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter, Moms juga bisa mencoba pilihan obat sakit gigi alami berikut untuk meredakan sakit gigi anak di rumah, seperti dilansir dari healthline.com:

Air garam

Air garam merupakan obat sakit gigi alami yang sudah lama dipraktekan lintas generasi. Jika anak tidak mau minum obat, Moms bisa mencoba untuk membujuknya agar mau berkumur dengan air garam.

Selain dapat meredakan sakit gigi dan gusi akibat radang gusi, berkumur dengan air garam juga bisa membantu proses pelepasan sisa makanan yang terselip di sela gigi, sekaligus membunuh bakteri di dalam mulut yang bisa menyebabkan plak.

Cara membuatnya adalah dengan melarutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Buatlah anak berkumur-kumur selama beberapa detik dengan larutan tersebut, lalu ludahkan bekas kumuran tadi. Jangan sampai anak menelan air bekas berkumur. Lakukan metode ini setidaknya dua kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk mengajak anak menyikat giginya sampai bersih sesudah berkumur.

Kompres dingin

Jika berkumur dengan air garam belum berhasil menghilangkan sakit gigi pada anak, cobalah untuk mengompres sisi pipi letak gigi yang sakit dengan es batu. Suhu dingin yang keluar dari es batu akan membuat saraf mati rasa hingga menghentikan sementara sensasi ngilu akibat sakit gigi. Dingin yang dikeluarkan es batu juga bisa membantu mengempiskan bengkak yang timbul pada gusi anak.

Cara melakukannya adalah dengan menggunakan beberapa bongkah es batu, lalu bungkus dengan handuk kecil. Tempelkan handuk yang sudah diisi es batu tadi pada sisi pipi yang terasa sakit selama beberapa menit. Terus ulangi langkah ini sampai gusi atau pipi bengkak perlahan mereda.

Ajari anak untuk rajin sikat gigi

Sakit gigi bisa disebabkan oleh adanya gigi bolong dan ada makanan yang tertinggal di dalamnya. Untuk menyingkirkan timbunan makanan yang tertinggal di lubang gigi, latih si kecil untuk rajin sikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari.

Selain cara menggosok gigi yang benar, Moms juga harus tepat memberikan sikat dan pasta gigi yang khusus untuk anak-anak. Lakukan juga Flossing gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi ataupun di bagian rongga mulut bagian dalam yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi biasa.

Jika obat sakit gigi alami tidak ampuh, kapan harus konsultasi ke dokter

Bawa si kecil ke dokter gigi jika sakit gigi tidak kunjung sembuh

Jika kondisi gigi si kecil tidak juga membaik atau malah semakin buruk dalam 24 jam, Moms harus segera membawa anak ke dokter gigi untuk mencari tahu sumber masalah dari sakit gigi yang diderita.

Ingatlah bahwa efek obat alami seperti kompres dingin, kumur air garam, sikat gigi, dan flossing hanya akan bertahan sementara. Sumber rasa sakit harus tetap ditemukan dan diobati jika tidak ingin rasa nyeri datang kembali. Anak-anak juga mempunyai resiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi gigi dan mulut dibanding orang dewasa.

Apabila Moms merasa khawatir mengenai kesehatan gigi dan mulut si kecil, ajaklah anak berobat ke dokter gigi. Dokter gigi bisa memberikan perawatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan si kecil. Dokter juga akan meresepkan obat sakit gigi jenis tertentu jika dibutuhkan oleh anak.

Baca juga: Pilihan Obat yang Aman untuk Sakit Gigi Anak

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x