Hati orang tua pasti hancur ketika anak terkena Corona, terutama jika ia merupakan anak tunggal. Karena, virus Corona akan membuat orang yang dekat menjadi terasa jauh lantaran harus menjaga jarak guna terhindar dari resiko penularan. Biasanya, dokter akan menyarankan pasien untuk melakukan perawatan di rumah khususnya apabila gejala yang dialami pada anak masih tergolong ringan. Walaupun begitu, resiko penularan virus tetap bisa terjadi sehingga Moms harus tetap menjalani protokol kesehatan berikut ini. 

Apa yang perlu dilakukan saat anak terkena Corona?

  • Menggunakan masker ketika berada di dalam rumah bersama anak yang terinfeksi virus COVID-19
  • Tidak menggunakan barang yang sama dengan anak 
  • Rutin membersihkan diri serta mencuci tangan 
  • Membatasi aktivitas di luar rumah. Sebaiknya Moms tetap berada di dalam rumah hingga anak dinyatakan sembuh. Hal ini dilakukan guna mencegah penularan kepada orang lain 

Selain itu, kesehatan anggota keluarga yang lain juga perlu diperhatikan. Jangan sampai kesehatan keluarga yang lain karena terlalu fokus merawat anak yang terkena Corona. Usahakan juga agar hanya satu orang saja yang merawat anak, agar resiko penularan dapat diminimalkan. 

Jika anak terkena Corona masih balita, gunakan sarung tangan ketika mengganti popoknya. Dan jika memungkinkan, ia harus tidur dan mandi di kamar mandi yang terpisah dengan anggota keluarga yang lain. Namun apabila tidak memungkinkan, bersihkan kamar mandi sesering mungkin dan jangan lupa untuk didesinfeksi. 

Bukan hanya itu, Moms dan keluarga juga dianjurkan untuk menjaga sirkulasi udara dengan baik. Caranya dengan membiarkan jendela rumah terbuka agar terdapat pertukaran udara. 

Baca juga: Anak Terkejut Ketika Demam, Begini Cara Mengatasinya

Perhatikan juga kesehatan mental orang tua dari anak yang terinfeksi 

Walaupun masih dapat melihat anak karena tinggal di rumah yang sama, orang tua tentu akan tetap merasa sedih, cemas, dan stres karena kondisi anaknya. Apabila kondisi tersebut tidak dikelola secara baik, kesehatan mental orang tua bisa terganggu. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar Moms tidak merasa terlalu stress melihat anak terkena Corona, diantaranya:

1. Menjaga komunikasi dengan anak 

Walaupun terpisah ruangan dengan anak dan tidak bisa bertatap muka langsung, Moms bisa berkomunikasi dengan anak melalui voice call atau video call. Hal ini dilakukan agar anak tidak merasa kesepian dan dapat membuat kecemasan Moms menjadi berkurang. 

2. Menerapkan gaya hidup sehat 

Saat anak terkena Corona, Moms dianjurkan untuk menerapkan gaya hidup yang sehat seperti berolahraga di rumah dan makan makanan yang bergizi agar dapat mengelola stress dengan baik dan membuat pikiran menjadi rileks. 

3. Melakukan kegiatan positif 

Lakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti menonton acara televisi, memasak makanan yang sehat, membacakan anak cerita dari luar ruangan, atau menyiapkan kado untuk anak jika ia sudah sembuh. 

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan ketika anak terkena Corona. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Apa yang Bisa Dilakukan Agar Batuk Anak Cepat Sembuh?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like