Ada banyak dongeng anak sebelum tidur yang bisa Moms ceritakan pada anak dan tentu saja disertai dengan pesan moral di dalamnya. Sebagai orang tua yang baik, Moms perlu menumbuhkan minat baca anak, salah satunya dengan memberikan anak beragam cerita yang menarik. 

Bukan hanya cerita dari berbagai negeri, ada banyak juga cerita anak asli Indonesia yang bisa Moms kenalkan pada anak. Berikut ini diantaranya. 

Dongeng anak sebelum tidur dengan pesan moralnya

Ada banyak buku yang bisa Moms berikan untuk sang buah hati di rumah. Berikut ini merupakan dongeng anak sebelum tidur yang terdapat pesan moral di dalamnya sehingga bagus untuk dicontoh.

1. Malin Kundang 

Malin Kundang adalah salah satu dongeng anak sebelum tidur dari provinsi Sumatera Barat Kisah ini bercerita tentang seorang anak laki-laki durhaka yang dikutuk oleh ibunya karena tidak mau mengakui ibunya. 

Kisah Malin Kundang tidak hanya tersedia di dalam buku bergambar saja, tetapi juga sudah banyak difilmkan, lho. Nilai moral yang mendidik di dalam cerita ini seringkali dihadirkan di dalam berapa pelajaran di sekolah. 

Pesan moral yang bisa didapat dari cerita Malin Kundang yaitu agar anak tidak durhaka kepada orang tua jika telah sukses nantinya. 

2. Sangkuriang

Apabila Moms pernah mengunjungi kota Bandung, tentu saja Moms tahu Gunung Tangkuban Perahu. Gunung yang satu ini sangat populer karena Legenda Sangkuriang yang sudah sering diceritakan sebagai dongeng anak sebelum tidur. 

Kisah ini tentang seorang ibu (Dayang Sumbi) yang mengusir anaknya (Sangkuriang) dan berharap bahwa anaknya akan kembali lagi. Ketika mereka bertemu kembali, Sangkuriang tidak menyadari bahwa Dayang Sumbi adalah ibu nya karena kecantikannya tidak pernah hilang meskipun semakin menua. Sangkuriang pun ingin menikahi Dayang Sumbi namun Dayang Sumbi melakukan segala hal untuk menggagalkan pernikahannya. Dayang Sumbi memberi persyaratan pada Sangkuriang untuk membuat bendungan sungai Citarum dan perahu sebelum fajar terbit. Tetapi, Dayang Sumbi memerintahkan pasukan untuk membentangkan kain sutera merah di sebelah timur kota sehingga Sangkuriang pun marah karena tidak dapat menyelesaikan tugasnya sebelum fajar dan menendang perahu hingga jatuh tertelungkup dan berubah menjadi gunung yang sekarang disebut dengan gunung Tangkuban Perahu. 

Kisah ini memiliki pesan moral bahwa seorang anak harus berbakti kepada orang tuanya dan kemuliaan hati orang tua yang mendoakan anaknya, serta sesuatu yang dilakukan saat sedang marah akan berakibat tidak baik nantinya. 

3. Gagak yang Tidak Mau Bersyukur 

Dongeng anak sebelum tidur yang satu ini berasal dari Yunani yang diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia dan berjudul “Gagak yang Tidak Mau Bersyukur”. 

Kisah ini menceritakan tentang seorang gagak yang membandingkan dirinya dengan burung Merak dan diusir oleh kumpulan gagak yang lain karena tidak suka dengan cara gagak tersebut meniru buruk Merak. Sang gagak pun kesepian dan tidak memiliki kawanan. 

Pesan moral dari cerita ini yaitu kita harus bersyukur dengan semua yang dimiliki dan jangan merasa iri dengan orang lain. 

4. Pinokio

Banyak anak yang senang dengan boneka kayu yang satu ini. Pinokio adalah salah satu dongeng anak sebelum tidur yang telah difilmkan di berbagai negara. Cerita anak ini ditulis oleh Carlo Collodi yang merupakan seorang penulis cerita anak terbaik di dunia. 

Pinokio berkisah tentang seorang pembuat boneka bernama Gepetto yang sangat mendambakan seorang anak. Pada akhirnya, seorang peri menyulap salah satu bonekanya menjadi hidup. Kenakalan Pinokio membuat Gepetto menjadi pusing. Selain itu saat Pinokio berbohong, hidungnya akan berubah menjadi semakin panjang. 

Pesan moral yang bisa didapat oleh sang buah hati dari cerita ini yaitu tidak boleh berbohong pada orang lain. 

Itulah 4 cerita yang bisa Moms kenalkan pada sang anak. Nah, kira-kira yang mana yang jadi favorit si kecil?

Baca juga: Rekomendasi Game Edukatif Anak yang Bermanfaat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like