Pandemi virus corona yang sedang berlangsung akhir-akhir ini membuat pemerintah menekankan masyarakat untuk tidak keluar rumah sehingga menerapkan sistem PSBB. Pegawai kantoran harus melakukan sistem WFH atau Work From Home. Bukan hanya pegawai saja, anak-anak juga harus sekolah di rumah, lho. 

Untuk membantu anak menjalani aktivitas belajarnya di rumah, Moms bisa mendampingi kelas online nya dengan menggunakan beberapa aplikasi belajar online gratis agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan anak bisa fokus belajar. Penasaran apa saja aplikasi yang bisa Moms ajarkan pada anak? Berikut ini ulasannya. 

Rekomendasi Aplikasi untuk Menemani Anak Sekolah di Rumah 

Ruangguru

Aplikasi belajar selama anak sekolah di rumah yang pertama yaitu Ruangguru. Platform ini menyediakan berbagai macam materi dari berbagai mata pelajaran inti yang sesuai dengan kurikulum nasional. Dibimbing oleh berbagai mentor pilihan. Anak dapat belajar dari konten video yang tersedia di dalam aplikasi tersebut. 

Zenius

Zenius juga merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan anak saat sekolah di rumah. Aplikasi ini menyediakan layanan belajar mandiri gratis untuk persiapan berbagai jenis ujian. Lengkap untuk tingkat SD, SMP, hingga SMA, aplikasi ini dapat Moms untuk di AppStore atau Playstore untuk menemani anak belajar dengan efektif di rumah. 

Konten video belajar yang ada pada Zenius gratis dan dihadirkan dengan format whiteboard sehingga Moms tidak memerlukan kuota internet yang banyak saat mengaksesnya. 

Google: Google Suite for Education

Selain Ruangguru dan Zenius, Google Suite for Education juga memberikan fitur-fitur yang dapat membantu anak selama sekolah di rumah. Siswa dan guru dapat melakukan aktivitas pembelajaran kapanpun dan dimanapun. Lewat platform ini, anak dan guru dapat melakukan proses belajar mengajar secara online dengan mudah. 

Microsoft: Office 365 for Education

Tidak memiliki perbedaan yang jauh dengan Google Suite for Education, Microsoft ternyata juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang mampu untuk membantu guru melakukan kelas online selama sekolah di rumah. Moms dapat membimbing anak jika ingin mengikuti kelas online yang diselenggarakan oleh guru di sekolahnya. 

Quipper School

Sebagai platform sekolah digital tanpa adanya biaya, Moms dapat mengatur Quipper untuk anak yang ingin belajar online. Lewat platform ini, guru tetap bisa mengirim tugas dan juga ujian dengan mudah sehingga anak tetap dapat sekolah di rumah. 

Terkait pandemi COVID-19, Quipper menyediakan sistem LMS yang akan memudahkan guru dalam membuat materi dan dapat dinikmati oleh anak di rumah. 

Nah, itu dia 5 aplikasi yang bisa Moms unduh untuk menemani anak belajar selama masa pandemi. Moms dapat membimbing anak dalam menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut sehingga ia tetap dapat ikut proses belajar mengajar dari sekolahnya. Selamat mencoba!

Baca juga: Rekomendasi Game Edukatif Anak yang Bermanfaat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like