Apakah Moms memiliki anak yang selalu melemparkan banyak pertanyaan setiap hari? Lalu apakah pernah mendengar kalimat bahwa anak yang banyak bertanya berarti cerdas? Kalimat tersebut seringkali membuat kita bertanya-tanya benarkah bahwa si kecil memang memiliki kecerdasan yang di atas rata-rata. Mari kita bahas selengkapnya di bawah ini.

Hubungan antara banyak bertanya dan kecerdasan anak

Setiap anak memiliki keunikan dan bakat masing-masing. Menurut penelitian, ada beberapa tanda yang menunjukan bahwa anak memiliki kecerdasan di atas rata-rata, salah satunya adalah jika si kecil banyak bertanya. Terdapat hubungan positif antara kecerdasan dengan rasa ingin tahu seseorang, dan keinginan untuk mendapatkan pengalaman baru.

Orang-orang yang cerdas pada umumnya mudah tertarik dengan hal-hal yang dianggap biasa saja oleh kebanyakan orang. Seorang Albert Einstein pun menyatakan bahwa bakat yang dimilikinya adalah keinginannya untuk mengetahui banyak hal secara mendalam.

Dengan bertanya maka banyak hal baru yang bisa diketahui, hingga kalimat banyak bertanya berarti cerdas bisa terjadi karena sebab akibat tersebut.

Orang yang cerdas juga memiliki cara pandang yang berbeda dalam melihat hal dibandingkan orang biasa. Oleh karena itu, orang yang cerdas seringkali banyak bertanya mengenai apapun yang mereka lihat. Sama halnya seperti anak yang banyak bertanya kepada Moms.

Rasa ingin tahu yang besar pada si kecil membuat mereka tertarik untuk menelaah dan juga memahami suatu kondisi, output yang keluar adalah pertanyaan-pertanyaan kenapa sesuatu bisa menjadi seperti itu.

Contoh pertanyaan yang dilontarkan misalnya, anak menanyakan kenapa siang hari terang, sedangkan malam hari gelap. Kenapa daun berwarna hijau, kenapa coklat rasanya manis, dan banyak pertanyaan lainnya yang bahkan bisa membuat Moms merasa lelah untuk menjawabnya.

Menghadapi anak yang banyak bertanya

Penting bagi Moms untuk tetap sabar dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari si kecil. Jika Moms memberikan respon negatif dan juga membatasi anak untuk bertanya malah akan menghambat perkembangan kognitif dan motorik anak. Hal tersebut akan membuat anak merasa bahwa tidak baik atau tidak boleh bagi mereka untuk menanyakan banyak hal.

Anak yang terlalu dikekang untuk bertanya akan tumbuh menjadi anak yang takut untuk belajar mengenai hal-hal baru. Sebaiknya Moms memberikan kesempatan kepada anak untuk bertanya apapun mengenai hal yang mereka ingin tahu.

Moms juga bisa mengetahui bakat anak dengan lebih cepat jika si kecil diberikan kesempatan untuk mengetahui hal-hal yang membuat mereka tertarik.

Jadi tetap semangat menjawab ratusan pertanyaan dari si kecil ya Moms, karena jika si kecil banyak bertanya berarti cerdas!

Baca juga: Tips Mendidik Anak Balita Menjadi Patuh dan Disiplin Sedari Kecil

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like