Anak perlu memiliki rasa percaya diri. Karena jika tidak, ia akan menjadi sosok yang takut untuk melakukan sesuatu karena merasa minder. Jika Moms dan pasangan memberikan rangsangan yang benar, anak akan dapat merasa percaya diri. Ada beberapa cara membuat anak percaya diri yang Moms dan pasangan bisa terapkan agar mampu membangkitkan rasa percaya diri pada si kecil. Berikut ini penjelasannya. 

Beberapa cara membuat anak percaya diri 

1. Jangan terlalu mengendalikan anak

Tidak terlalu mengendalikan anak adalah salah satu cara untuk membuat anak percaya diri. Moms cukup mendampinginya dan tidak perlu langsung mengkritik apabila anak melakukan kesalahan. Selain itu, jangan terlalu melakukan intervensi pada mereka. Biarkan anak mencoba segala hal sehingga mereka pun merasa percaya diri saat melakukan sesuatu. 

2. Memberi kesempatan 

Memberi kesempatan pada anak untuk melakukan suatu tugas sederhana juga bisa membantu anak menjadi percaya diri meskipun anak akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikannya. Moms dan pasangan dapat membantunya jika anak terlihat benar-benar kesulitan. 

3. Memberi anak pengetahuan 

Sebelum Moms membiarkan anak mencoba melakukan sesuatu, sebaiknya berikan mereka penjelasan terlebih dahulu. Lalu, perhatikan ketika mereka sedang melakukan hal tersebut dan beritahu kurang dan lebihnya setelah anak selesai. Ini merupakan salah satu cara untuk membuat anak percaya diri. 

4. Memberikan motivasi 

Ketika anak melakukan sesuatu dan gagal, sebaiknya terus beri ia motivasi. Dengan memberikan anak motivasi, kepercayaan dirinya perlahan akan terbentuk karena merasa didukung oleh orang tua. 

5. Fokus pada upaya daripada hasil

Dalam membantu anak membangkitkan kepercayaan dirinya, Moms perlu menghargai setiap upaya yang ia lakukan dalam mencapai sebuah hasil. Hasil ini bertujuan agar anak ingin terus berusaha dan berlatih dalam mencapai tujuannya. 

6. Memberitahu kelebihannya 

Upaya terakhir untuk membuat anak percaya diri yaitu dengan memberitahu kelebihan yang dimiliki oleh anak. Apabila si kecil kurang mahir dalam melakukan sesuatu, beritahu bahwa ia pasti mahir pada bidang yang lainnya. 

Semakin anak tumbuh besar, biarkan ia mengambil keputusan sendiri. Karena, apabila Moms mempercayakannya untuk mengambil keputusan sendiri, lama kelamaan mereka akan merasa percaya diri. 

Baca juga: Ketahui Cara Melatih Fokus Anak Berikut Ini!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like