Setiap orang tua pastinya mempunyai pola asuh yang berbeda-beda untuk mendidik anak, termasuk dalam melatih anak untuk tidur. Ada yang membiasakan anak untuk tidur sendiri box bayinya sendiri sejak baru lahir, tetapi ada juga yang membiarkan anak tidur bersama orangtua walaupun ia sudah mempunyai kamar sendiri. Semakin bertambahnya usia anak, Moms harus melatih anak tidur sendiri tanpa dampingan orang tua. Nah, ada beberapa tips yang bisa Moms terapkan pada anak agar ia mau tidur sendiri di kamarnya. Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

Bagaimana cara melatih anak tidur sendiri?

1. Konsisten

Saat melatih anak tidur sendiri, Moms harus bersikap konsisten. Karena anak akan merasa bingung apabila hari ini ia harus tidur sendiri, sedangkan keesokan harinya ia diperbolehkan tidur bersama orang tua. Apabila Moms sedang merasa ingin memeluk anak hingga tertidur, lakukanlah di kamar anak agar ia merasa terbiasa untuk tidur di kamarnya sendiri. 

2. Membuat suasana jadi menyenangkan di kamar anak 

Cara melatih anak tidur sendiri yaitu dengan membuat suasana kamarnya menjadi menyenangkan. Moms bisa membiarkan anak untuk memilih dekorasi kamarnya sendiri sehingga ia lebih betah untuk tidur di kamar atau dengan menjadikan kamarnya sebagai tempat yang menyenangkan untuk bermain di siang hari. 

3. Menghindari anak berada di kamar orang tua ketika malam hari 

Saat anak pertama kali tidur sendiri, mungkin ia akan terbangun di tengah malam dan menangis sambil masuk ke kamar Moms. Daripada harus membiarkan anak tidur bersama Moms, sebaiknya ajak anak kembali ke kamarnya. Mungkin ini akan sedikit “kejam”, tetapi Moms harus sedikit tega agar anak bisa tidur sendiri tanpa orang tua. 

4. Mengatur masa transisi anak 

Saat baru mempunyai bayi, biasanya Moms akan memilih untuk tidur bertiga. Selain agar memudahkan proses menyusui pada malam hari, Moms juga bisa memantau bayi secara langsung. Tetapi, kebiasaan ini sering berlanjut hingga anak besar. 

Sebenarnya, melatih anak tidur sendiri dapat dimulai sejak dini. Apabila anak masih terlalu kecil untuk tidur sendiri, Moms bisa menempatkannya di box bayi samping tempat tidur. Secara perlahan, buatlah jarak dari tempat tidur hingga anak merasa nyaman untuk tidur sendiri. 

5. Melakukan rutinitas sebelum tidur 

Rutinitas yang dilakukan sebelum tidur adalah salah satu proses penting dalam melatih anak tidur sendiri. Lakukan rutinitas yang sama setiap harinya, misalnya seperti 1 atau 2 jam sebelum waktu anak tidur, mulailah matikan gadget atau TV, lalu ajak ia untuk menggosok gigi dan membacakan buku sebelum tidur. 

6. Memberikan “hadiah” apabila anak mulai berani untuk tidur sendiri

Memberikan hadiah kecil untuk anak ketika ia berani tidur sendiri akan membuatnya menjadi lebih semangat untuk kembali tidur sendiri keesokan harinya. Tentunya Moms tidak harus memberikan barang, bisa juga dalam bentuk pujian. 

Itulah 6 cara yang bisa Moms terapkan agar anak mau tidur sendiri. Tetapi, apabila anak masih menolak untuk tidur sendiri, sebaiknya tanyakan apa yang membuatnya tidak nyaman agar Moms bisa mengetahui alasannya. Selamat mencoba!

Begini cara untuk membuat anak cepat tidur di malam hari

Baca juga: 4 Dongeng Anak Sebelum Tidur Serta Pesan Moralnya

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayu Lindasari

Wah bermanfaat banget nih, semoga nanti bisa dipraktikkan ke anakku…
Yang penting konsisten, hihi….

You May Also Like