Homeschooling merupakan sekolah mandiri yang dilakukan secara individual ataupun dengan berkelompok. Mungkin Moms adalah satu dari sekian banyak orang tua yang ingin menerapkan metode homeschooling untuk buah hatinya karena merasa setiap anak memiliki kebutuhan pendidikan yang berbeda-beda. Nah, berikut ini merupakan beberapa lembaga homeschooling Jakarta yang bisa dijadikan sebagai pilihan.

Beberapa pilihan homeschooling Jakarta

1. Homeschooling Primagama

Homeschooling Jakarta yang pertama yaitu Homeschooling Primagama. Pada website Homeschooling Primagama menyebutkan bahwa sekolah mandiri yang didirikan ini berbasis pada bakat dan minat. Inilah sebabnya metode pendampingannya lebih menggunakan pendekatan psikologis serta akademik. 

Kurikulum yang disiapkan oleh mereka yaitu kurikulum nasional (SD, SMP, SMA), kurikulum internasional (Cambridge International Examination), serta kurikulum anak berkebutuhan khusus. Mata pelajaran yang wajib diikuti siswa di Homeschooling Primagama yaitu mata pelajaran yang termasuk ke dalam Ujian Nasional serta materi tambahan yang sesuai dengan kebutuhan dan juga minat siswa. 

Selain mata pelajaran akademis, mereka juga memberi keluasan bagi siswanya untuk memiliki berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler. Lembaga ini telah bekerja sama dengan berbagai sanggar guna menyalurkan dan mengembangkan minat para siswa. 

Homeschooling Primagama sudah memiliki banyak cabang di berbagai kota. Dan untuk di wilayah Jakarta Barat, Homeschooling Primagama bisa Moms temui di Jl.Teratai II Blok 51 No.28 Kavling DKI, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. Nomor pendaftaran di Telp.: 021-58909809 / WA: 081210700058.

2. Homeschooling Kak Seto

Karena kedekatan Kak Seto dengan dunia anak-anak, tentu saja membuat Moms dan orang tua yang lainnya mempercayakan sang anak untuk belajar di Homeschooling Kak Seto. Homeschooling Jakarta yang satu ini memiliki pendekatan yaitu membuat anak seperti belajar di rumah sehingga nyaman dan menyenangkan. Jenjang pendidikan homeschooling ini dimulai dari SD, SMP, hingga SMA. 

Homeschooling Kak Seto memiliki program yang menyediakan beberapa pilihan, diantaranya komunitas, distance learning, serta pendidikan khusus. Di dalam program komunitas, para siswa akan belajar bersama murid-murid yang lain di Homeschooling Kak Seto. Para siswa akan belajar seminggu tiga kali dan akan mengikuti talent class atau kelas keterampilan di hari Jumat. Dalam satu kelas, terdapat sebanyak maksimal 10 siswa agar mereka dapat bersosialisasi di dalam kelas eksklusif. Mata pelajaran yang diberikan pun sesuai dengan kurikulum nasional. 

Untuk program distance learning, siswa akan belajar sendiri di rumah dan metode belajarnya diserahkan kepada orangtua. Selain dilakukan oleh orang tua, bisa juga dilakukan oleh tutor visit yang tempat dan waktunya pun fleksibel..

Moms bisa menemui Homeschooling Kak Seto di Jl. Taman Makam Bahagia ABRI No.3A, Parigi Lama, Pondok Aren, Tangerang Selatan 15400.  

Baca juga: Kata untuk Mama Tercinta, Menyentuh dan Mengharukan

3. INRII Homeschooling

INRII Homeschooling merupakan program Homeschooling Jakarta yang berasal dari INRII. INRII merupakan lembaga pendidikan yang sudah berjalan sejak Mei 2010 di Jakarta. Lembaga pendidikan ini juga merupakan anggota dari Asosiasi Sekolah rumah dan Pendidikan Alternatif (ASAHPENA) yang diketuai oleh Dr. Seto Mulyadi, PSi., atau Kak Seto. INRII merupakan singkatan dari Indonesia Berdikari. 

INRII Homeschooling memiliki program yang terdiri dari community class, distance learning, serta tutor visiting. Untuk community class, metode belajarnya ada dalam kelas eksklusif yang terdiri dari 7-8 siswa. Kelas ini berdurasi dua jam setiap pertemuan dengan waktu belajar tiga kali dalam seminggu. 

Lalu untuk distance learning, merupakan pembelajaran jarak jauh yang juga disediakan guru pendamping. Sedangkan tutor visiting merupakan sarana dimana Moms dapat mendatangkan tutor untuk mendampingi sang anak belajar. Bukan hanya belajar akademik, homeschooling ini juga menyediakan fasilitas ekstrakurikuler seperti musik dan futsal. 

Biaya pembelajaran community class yaitu Rp 650,000/bulan, biaya buku Rp 1,000,000/tahun, dan biaya kegiatan Rp 1,500,000/semester. Moms dapat menemui INRII Homeschooling Jl. Pondok Kelapa 5 Blok B No.5 Komp. PTB Kav. DKI Pondok Kelapa, Jakarta Timur 13450, telepon: 021-2284-5000 

4. Homeschooling Kasih Anugerah

Homeschooling Jakarta yang satu ini berada di bawah naungan Yayasan Kasih Anugerah Pelopor yang dimana merupakan lembaga pendidikan yang berorientasi mendidik anak dengan kasih sayang sehingga menjadi anak-anak yang berkualitas. Homeschooling Kasih Anugerah memiliki 3 program yaitu homeschooling tutorial, klasikal, dan mandiri. 

Homeschooling tutorial akan mendatangkan guru ke rumah siswa dengan waktu dan tempat sesuai dengan keinginan para siswa. Waktu belajar dilakukan dua kali dalam seminggu dan berdurasi selama dua jam setiap pertemuan. 

Lalu untuk program klasikal, para siswa akan belajar di kelas setiap hari Selasa sampai Kamis pada pukul 08.00 – 13.00. Sedangkan untuk program mandiri, siswa akan belajar sendiri dengan dampingan guru privat atau orangtua. Semua bahan pelajaran, latihan, dan ujian untuk ketiga program ini disediakan oleh Kasih Anugerah. Dan untuk program mandiri, akan dikirimkan ke alamat siswa. 

Biaya untuk program tutorial yaitu Rp 1,500,000.bulan, program klasikal Rp 800,000.bulan, dan program mandiri Rp 700,000/bulan. 

Untuk wilayah Jakarta, Moms bisa menemukan Homeschooling Kasih Anugerah di beberapa lokasi, yaitu yaitu di Villa Taman Bandara Blok B1 No.46, Dadap, Jakarta Barat dan di Jalan Boulevard Taman Surya 5 Blok MM1 No.56-57, Kalideres, Jakarta.

Baca juga: Tanda-Tanda Anak Cerdas di Atas Rata-Rata yang Bisa Moms Amati

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like