Setiap film tentunya mempunyai nilai moral yang bisa didapatkan oleh penonton, termasuk juga oleh buah hati Moms. Namun, tidak semua film dapat ditonton dengan sembarangan oleh buah hati. Jika Moms membutuhkan panduan untuk memilih film anak-anak yang tepat dengan usia si kecil, Moms bisa menyimak beberapa triknya berikut ini.

Trik memilih film anak-anak yang perlu Moms ketahui

1. Membaca review film yang akan ditonton

Trik pertama dalam memilih film anak-anak yang tepat yaitu dengan membaca review. Sebelum mengajak sang buah hati menonton film, sebaiknya Moms baca terlebih dahulu review soal film tersebut. Moms dapat membaca berbagai review film dari situs IMDb atau Movie Mom. Situs-situs tersebut juga dapat Moms gunakan untuk mencari referensi yang cocok ditonton anak. 

2. Menerima saran

Dengan menerima banyak saran juga merupakan salah satu trik dalam memilih film anak-anak, lho. Referensi Moms soal film yang pantas untuk ditonton oleh si kecil juga akan menjadi lebih banyak. Oleh karena itu, Moms disarankan untuk berdiskusi dengan orang tua yang lainnya karena mereka dapat memberi saran soal apa saja yang dapat Moms lakukan dalam memilih film yang cocok untuk ditonton oleh si kecil. 

3. Memahami rating film

Pahamilah rating sebelum Moms ingin memilih film anak-anak. Pada setiap film yang ditayangkan di bioskop sudah memiliki rating atau penentuan usia dari penonton film tersebut. Moms dapat melihat rating sebuah film dari beberapa simbol huruf, seperti G untuk General Audience ataupun PG untuk Parental Guidance Suggested.

Sedangkan untuk bahasa Indonesia, Moms dapat melihat penentuan usia penonton dari simbol huruf seperti, A untuk Anak, R untuk Remaja, serta SU untuk Semua Umur. 

Baca juga: Cara Melatih Anak Disleksia Agar Lancar Baca Tulis

4. Menonton terlebih dahulu

Trik dalam memilih film anak-anak yang selanjutnya yaitu dengan menonton terlebih dahulu. Dengan begitu, Moms tahu apa saja adegan atau dialog yang ada di dalam film tersebut dan menentukan apakah baik untuk dilihat dan ditiru oleh si kecil setelah menonton film tersebut. 

5. Mengetahui unsur cerita film tersebut 

Film anak-anak sebisa mungkin bukan hanya untuk menghibur si kecil saja, namun juga untuk memberikan edukasi yang baik sehingga dapat diserap oleh si kecil tanpa mereka sadari. Pilihlah film yang mengajarkan si kecil untuk menjadi percaya diri dan juga berani dalam kegiatan sehari-hari.

Selain itu, sesuaikan juga dengan usia mereka, misalnya seperti menghindari menonton film superhero yang mengandung unsur kekerasan di dalamnya. 

6. Mendampingi anak saat menonton

Ketika menonton film, pastikan agar Moms mendampingi serta mengawasi si kecil. Sehingga, jika ada adegan yang tidak sesuai dengan usia si kecil atau mereka menanyakan sesuatu yang terkait dengan film tersebut, Moms dapat menjelaskannya. Kegiatan ini juga dapat menjadi momen untuk mendekatkan diri dengan sang buah hati, lho. 

Baca juga: Panduan Memilih Film Kartun Anak yang Aman untuk Ditonton

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like