Melatih Anak Makan Sendiri? Berikut Caranya!

Melatih Anak Makan Sendiri

Ketika anak sudah dapat memegang sebuah barang, tidak ada salahnya apabila orang tua sudah mulai mengajari mereka makan sendiri. Namun, seperti kita tahu agar anak bisa makan sendiri tentunya memerlukan latihan konsisten sejak dini. Lalu, bagaimana cara melatih anak makan sendiri? Simak penjelasan berikut ini.

Ketika menginjak usia satu tahun anak sudah bisa dilatih menyuapkan makanan sendiri. Latihan yang bertahap akan membuat sang buah hati mahir makan sendiri. Perlu diingat bahwa Moms harus selalu dampingi anak ketika mulai makan sendiri dan membantu anak memotong-motong lauk agar tidak tersedak. Ketika memasuki usia dua tahun, umumnya anak sudah bisa belajar menggunakan garpu dan sendok.

Sebelum memulai, Moms harus mengingatkan diri sendiri untuk tetap sabar meskipun pada awalnya anak susah untuk makan sendiri. Ingat bahwa segala sesuatu membutuhkan proses dan latihan agar menjadi sempurna.

Melatih Anak Makan Sendiri

Menggunakan tangan

Langkah pertama melatih anak makan sendiri Moms bisa memberikan makanan yang dapat anak genggam, contohnya buah-buahan. Selanjutnya Moms dapat bantu mereka memotong makanannya sebelum disuap ke mulut. Moms juga dapat memberi anak makanan yang mudah larut. Saat anak sudah lebih besar, Moms dapat mengajari mereka menggunakan sendok dan garpu, kemudian latih mereka memotong makanannya sendiri. Namun, Moms harus tetap dampingi anak saat ia makan.

Makanan yang mudah dicerna

Terdapat beberapa makanan yang mudah dicerna oleh sang buah hati. Mereka dapat makan potongan buah seperti pisang dan mangga. Lalu, sayuran lunak yang dimasak, seperti wortel atau pasta dan potongan keju.

Berikan makanan kesukaan anak

Melatih anak makan sendiri bisa Moms coba dengan strategi memberi makanan kesukaannya. Hal ini dapat membuat anak lebih mudah dan semangat untuk makan sendiri. 

Makan bersama anak

Melatih anak makan sendiri bisa Moms lakukan dengan mengajak anak untuk makan bersama keluarga. Kegiatan ini dapat memberikan anak motivasi dan perhatian lebih. Makan bersama keluarga adalah peluang yang sangat baik bagi anak-anak untuk belajar makan sendiri.

Dengan cara ini, anak-anak bisa mengulang dan meniru cara makan orang tua atau orang di sekitarnya. Perlu diingat juga bahwa, selalu perhatikan apa yang dilakukan anak. Kemudian, puji dia saat berhasil melakukan sesuatu agar anak jadi lebih termotivasi dan percaya diri.

Gunakan slabber

Ketika anak makan sendiri tentu akan berantakan. Hal yang harus Moms lakukan yaitu dengan memberinya slabber agar pakaian anak aman dari noda makanan. Selanjutnya, jangan memarahi anak saat makanan yang dimakannya berantakan. Moms juga dapat menyediakan tatakan di kursi makan atau di meja agar sisa makanan lebih mudah dibersihkan.

Itulah beberapa cara melatih anak makan sendiri. Tidak terlalu sulit kan Moms? Perlu diingat bahwa melatih anak untuk makan memerlukan kesabaran. So, selamat mencoba!

Baca Juga: Penting, Begini Cara Mencegah Anak Kecanduan Gadget!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ayu Lindasari

Infonya bermanfaat sekali… 👍

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x