Anak memiliki energi yang besar sehingga seringkali membuat mereka susah untuk tidur di malam hari. Saat Moms merasa sudah lelah setelah menjalani hari namun si kecil masih bersemangat untuk melakukan kegiatan, hal ini tentu akan membuat Moms bingung. Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat anak cepat tidur di malam hari. Penasaran apa saja? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Yang perlu dilakukan untuk membuat anak cepat tidur

1. Membuat posisi kamar anak menjadi nyaman 

Cara pertama untuk membuat anak cepat tidur yaitu dengan menciptakan suasana kamar yang nyaman. Pastikan kondisi kamar anak tidak terdapat suara bising dan jauhkan juga mainan anak karena mampu menstimulasi anak untuk bangun dan kembali bermain. 

Selain itu, matikan lampu kamar atau menyalakan lampu yang lebih tidur. Dan jika suhu ruangan anak dingin, kenakan baju tidur yang hangat pada anak dan berikan selimut agar ia tetap merasa hangat. 

2. Mengatur jadwal tidur anak 

Mengatur jadwal tidur anak juga merupakan salah satu cara untuk membuat anak cepat tidur. Tetapkan waktu kapan si kecil harus tidur siang dan tidur malam. Usahakan untuk menerapkan cara ini setiap hari agar anak dan tubuhnya terbiasa mengikuti pola tidur. 

Baca juga: Merubah Sifat Nakal pada Anak dengan 5 Tips Ini!

3. Tidur siang yang cukup

Tidur siang memang diperlukan untuk pertumbuhan si kecil. Tetapi yang perlu Moms perhatikan yaitu pastikan waktu tidur siang anak tidak berlebihan. Cukup 1-2 jam saja agar tidak mengganggu tidurnya di malam hari. 

4. Hindari kegiatan yang terlalu aktif sebelum tidur 

Kurangi kegiatan yang terlalu aktif sebelum waktu tidur anak. Hal ini termasuk cara membuat anak cepat tidur karena kegiatan yang melibatkan gerakan-gerakan seperti berlari atau melompat dapat menstimulasi tubuhnya sehingga anak pun sulit untuk diajak tidur. 

Selain itu, hindari juga bermain video games dan menonton TV agar anak tidak terus terpaku pada layar. Sebagai gantinya, Moms bisa membuat anak lebih tenang dengan membacakan buku kesukaannya. 

5. Mewarnai sebelum jam tidur 

Kegiatan lain yang bisa Moms lakukan selain membacakan buku cerita yaitu mengajak anak untuk mewarnai. Mewarnai dapat membuat anak menjadi tenang dan menenangkan pikirannya sebelum tidur. Dengan begitu, anak akan lebih mudah untuk tertidur di malam hari. 

6. Memberikan anak pijatan sebelum tidur 

Cara untuk membuat anak cepat tidur yang selanjutnya yaitu dengan memberikan ia pijatan. Hal ini akan membuat anak menjadi nyaman dan cepat mengantuk. Pijatlah anak dimulai dari bagian kaki, badan, hingga kepala. 

7. Memberikan minuman agar anak menjadi rileks 

Upaya terakhir untuk membuat anak cepat tidur yaitu memberikannya segelas susu hangat. Dengan memberikan susu, anak akan merasa lebih rileks dan suhu tubuhnya yang meningkat akan membuat anak menjadi nyaman untuk tidur. Namun, jangan memberikan anak minuman hangat yang mengandung kafein, ya.

Semoga 7 cara di atas dapat membantu Moms dalam mengatasi permasalahan anak yang sulit tidur di malam hari. Selamat mencoba!

Baca juga: Begini Cara Melatih Anak Tidur Sendiri!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Farah

Ini artikel yang saya cari , KEBETULAN emang anak saya lagi susah banget kalau disuruh tidur. Jam tidurnya berantakan gak menentu dan tidurnya pun gak tenang sering kebangun. Dan mulai besok mau coba terapin cara caranya supaya jam tidurnya normal lagi. 😁 Semoga berhasil .

You May Also Like