Banyak orang tua yang berharap anaknya pintar bahasa inggris sejak dini. Seperti yang Moms ketahui, penting sekali untuk pandai berbahasa asing karena akan mendapatkan banyak manfaat di era yang modern ini. Lalu, bagaimana cara mengajari anak bahasa inggris? Apakah ada cara-cara tertentu yang harus Moms lakukan? Nah, untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasannya di bawah ini. 

10 cara mengajarkan anak bahasa inggris

Yang perlu Moms lakukan agar dapat mengajari anak bahasa inggris dengan mudah yaitu dengan menggunakan cara yang efektif. Berikut ini beberapa cara yang bisa Moms terapkan pada sang anak. 

1. Memulai dari yang mudah 

Apabila anak masih terlalu kecil, cara mengajari anak bahasa inggris yang paling tepat yaitu dengan mulai dari hal yang mudah, seperti mengajarkan kosa kata yang sering digunakan di kehidupan sehari-hari. Moms bisa mengajarkan nama buah-buahan, nama tempat, nama hewan, dan lain-lain. 

2. Jangan memaksakan anak belajar terlalu keras

Cara mengajari anak bahasa inggris yang selanjutnya yaitu dengan tidak memaksa mereka untuk belajar terlalu keras. Yang paling penting untuk dilakukan yaitu ajari anak dengan konsisten, ketahui hal-hal apa yang ia sukai sehingga Moms dapat menghubungkan hal-hal tersebut saat mengajarinya. Dengan begitu, anak akan tertarik untuk belajar. 

3. Jangan terpaku pada grammar 

Ketika mengajarkan anak bahasa inggris, struktur tata bahasa belum begitu penting. Hal yang penting yaitu bagaimana anak mampu menghafal kosa kata bahasa inggris. Untuk struktur tata bahasa, anak akan mengikuti kebiasaan yang sering diucapkan sehari-hari. Oleh karena itu, sebaiknya fokusan pada pembelajaran yang sesuai dengan perkembangannya. 

4. Usahakan Moms fasih dalam melafalkan bahasa inggris

Bagi anak yang belum bisa menulis atau membaca dalam bahasa inggris, biasanya mereka akan menirukan apa yang Moms ucapkan. Maka dari itu, fasih dalam melafalkan bahasa inggris adalah salah satu cara mengajari anak bahasa inggris agar si kecil mampu meniru dengan benar. 

5. Memberikan visualisasi dari apa yang diajarkan

Anak akan lebih mudah untuk mengingat sesuatu yang divisualisasikan. Oleh karena itu, sebaiknya berikan juga objek visual agar dapat membantu anak dalam mengingat sesuatu yang Moms ajarkan. 

6. Minta anak untuk menirukan apa yang Moms ucapkan

Meminta anak untuk menirukan apa yang Moms ucapkan juga termasuk salah satu cara mengajari anak bahasa inggris. Saat anak mendengar atau membaca tulisan dalam bahasa inggris, mintalah ia untuk menirukannya sehingga anak menjadi terbiasa. 

7. Dengan bantuan teknologi 

Moms juga bisa memanfaatkan teknologi untuk membantu proses belajar bahasa inggris, lho. Misalnya dengan menggunakan Youtube for Kids  atau aplikasi game yang dapat mengedukasi anak. 

Tetapi, Moms juga perlu berhati-hati. Berikan konten yang tepat untuk anak serta batasi juga durasi anak saat menggunakan gadget untuk mencegah efek kecanduan pada anak. 

8. Mengajarkan percakapan sehari-hari 

Cara mengajari anak bahasa inggris yang selanjutnya adalah dengan mengajarkan ia percakapan sehari-hari sehingga anak akan terbantu saat sedang melakukan percakapan sehari-hari dengan bahasa inggris. Misalnya seperti meminta tolong, mengucapkan selamat pagi, atau mengucapkan terima kasih dalam bahasa inggris. 

9. Mengajarkan perbedaan bunyi ucapan di dalam bahasa inggris 

Ada banyak kosa kata bahasa inggris yang memiliki cara pengucapan yang berbeda. Ajarilah anak perbedaan tersebut dimulai dari yang termudah, seperti bunyi huruf dalam bahasa inggris, dan lain-lain. 

10 Bernyanyi dalam bahasa inggris

Bernyanyi merupakan salah satu kegiatan belajar yang menyenangkan untuk anak-anak. Moms bisa mengajarkan anak lagu-lagu dalam bahasa inggris, contohnya seperti lagu baby shark yang akhir-akhir ini cukup populer.

Itu dia 10 cara mengajari anak bahasa inggris yang bisa Moms lakukan. Kesabaran dan konsisten saat mengajarkan anak sangatlah diperlukan sehingga anak dapat mengerti dengan baik. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Melatih Anak Disleksia Agar Lancar Baca Tulis

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like