Moms pastinya sudah mengetahui bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang wajib untuk dikuasai karena penting dalam dunia akademis dan bidang lainnya. Mengajari anak bahasa inggris sejak masih kecil akan jauh lebih baik daripada saat anak sudah tumbuh dewasa. Karena, saat masih kecil, otak anak akan berkembang lebih dibandingkan saat ia sudah dewasa. Dalam hal ini, Moms dan pasangan tentu harus berperan aktif dalam mengajarkan anak. Tidak perlu bingung, berikut ini 5 cara efektif yang bisa diterapkan pada anak! 

Apa saja cara untuk mengajari anak bahasa Inggris?

1. Rutin berbahasa Inggris

Cara terbaik dalam mengajari anak bahasa Inggris yaitu dengan rutin berbahasa Inggris setiap hari. Moms bisa mengatur waktu kapan anak berbahasa Inggris. Sesi belajar bahasa Inggris bisa dilakukan selama 15-20 menit saja karena anak-anak masih memiliki sifat mudah bosan. 

Namun, Moms juga tidak harus selalu mengikuti rutinitas, Moms bisa bersikap fleksibel dan memberi waktu anak beristirahat dengan memperhatikan suasana hati serta fisik si kecil. 

2. Menjadikan kegiatan belajar bahasa Inggris jadi menyenangkan

Cara mengajari anak bahasa Inggris yang kedua yaitu dengan mengubah kegiatan belajar bahasa Inggris menjadi menyenangkan. Membuat anak senang saat mempelajari suatu hal memang tidak mudah, maka dari itu Moms harus menyiasatinya dengan melibatkan permainan. Beberapa permainan yang dapat dilakukan yaitu bermain scrabble, memberikan games yang ada di handphone, atau games berbahasa Inggris lainnya yang sesuai dengan usia anak. 

3. Jangan terpaku pada tata bahasa (grammar)

Melakukan kesalahan tata bahasa adalah hal lumrah yang dilakukan. Saat mengajari anak bahasa Inggris, Moms tidak harus terus-terusan memperbaiki kesalahan anak. Biarkan saja kesalahan kecil yang dilakukan anak agar ia berani untuk berbicara dan tidak kehilangan minat untuk belajar bahasa Inggris. Saat memperbaiki kesalahan, jangan terlalu fokus dalam menunjukkan kesalahan anak dan tetap bersikap sabar. 

4. Memanfaatkan situasi sehari-hari sebagai peluang belajar

Cara selanjutnya dalam mengajari anak bahasa Inggris yaitu dengan memanfaatkan situasi sehari-hari. Moms bisa mendeskripsikan sesuatu dalam bahasa Inggris, misalnya seperti mengajak anak memasak dan menjelaskan fungsi peralatan dapur dengan kalimat dalam bahasa Inggris agar mudah untuk diingat. Dengan begini, anak akan terbiasa untuk berbicara bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari.  

5. Menggunakan hal-hal yang disukai anak 

Anak pasti memiliki hal-hal yang disukainya. Maka dari itu, Moms perlu mengeksplor minat anak agar dapat mengetahui apa saja hal yang ia sukai sehingga dapat memotivasinya untuk belajar.  

Dalam menerapkannya memang gampang-gampang sulit, tetapi dengan membiasakan anak untuk berbahasa Inggris sejak kecil akan membuatnya jago dalam berbahasa Inggris saat sudah dewasa. Tidak ada salahnya untuk mencoba!

Baca juga: Rekomendasi Game Edukatif Anak yang Bermanfaat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like