Mengajarkan Anak Membaca dengan Cara Berikut Ini

Mengajarkan Anak Membaca

Sebagai orangtua, Moms tentu memiliki kewajiban mendidik sang buah hati agar tumbuh menjadi anak yang cerdas. Akan tetapi, hal tersebut bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Lalu, bagaimana cara mengajarkan anak membaca? Simak penjelasan berikut ini yuk!

Cara Mengajarkan Anak Membaca

Kenalkan huruf pada anak dengan cara menyenangkan

Apabila sang buah hati belum sama sekali mengenal huruf, atau kurang menguasai, Moms dapat mengajarkan anak membaca dengan mengenalkan huruf A sampai Z sebagai tahap pertama.

Buatlah anak Moms hafal saat menjumpai salah satu bentuk huruf A sampai Z tersebut. Tidak hanya itu, pastikan juga bahwa sang buah hati bisa mengucapkan huruf-huruf tersebut dengan benar.

Ajak anak menghafal suku kata

Selanjutnya, apabila anak telah menguasai dan mengenal huruf, Moms dapat mengajarkan membaca dengan mengajaknya menghafal suku kata. Persilahkan anak menghafal suku kata dari konsonan B hingga Z, yang diikuti huruf vokal a,i,u,e,o.

Seperti, ba, bi, bu, be, bo sampai za, zi, zu, ze, zo. Biarkan anak hafal dan terbiasa dengan suku kata tersebut.

Walaupun masih menghafal dan belum dapat membaca, setidaknya anak belum bisa dikatakan bisa membaca. 

Baca juga: Mengenali Bakat Anak Sedari Kecil dengan Cara Ini!

Ajak anak membaca suku kata bervariasi

Cara mengajarkan anak membaca yang berikutnya adalah mencarikan kata yang terdapat suku kata bervariasi untuk mengenalkannya.

Contohnya seperti bo-la, bu-ka, pa-pi, ma-mi, cu-ka, dan lain sebagainya. Di tahap ini Moms jangan dulu mengenalkan anak dengan suku kata yang berakhiran huruf mati.

Hal ini bertujuan agar mereka menguasai tahap ini terlebih dahulu. Jika anak masih sulit memahaminya, Moms dapat coba ajari terlebih dahulu sampai terbiasa dan memahami suku katanya seperti dibawah ini :

  • ba, ca, da, fa, ga, ha, …
  • bi, ci, di, fi, gi, hi, …
  • bu, cu, du, fu, gu, hu, …
  • be, ce, de, fe, ge, he, …
  • bo, co, do, fo, go, ho, …

Ajari anak huruf mati

Jika ia telah menguasai tahap sebelumnya, tahap selanjutnya yaitu mengajarkan anak membaca tentang huruf mati.

Mengajari anak huruf mati bisa dengan Moms mengenalkan terlebih dahulu huruf-huruf mati, seperti “ng”, “ny”, dan huruf konsonan lainnya jika dijadikan huruf mati.

Latih anak membaca kata utuh

Awalnya mungkin anak akan kesulitan untuk tidak mengeja, oleh karena itu harus mengeja terlebih dahulu. Moms memiliki peran dalam melatih sang buah hati agar dapat cepat membaca tanpa mengeja.

Moms juga harus menemukan metode yang tepat untuk anak, jika anak masih kesulitan membaca dalam proses jangka waktu yang lama.

Itulah beberapa cara mengajari anak membaca yang bisa Moms coba dirumah. Perlu Moms ingat bahwa, Moms tidak bisa memaksakan anak untuk cepat bisa dalam membaca, karena kemampuan setiap anak tentunya berbeda – beda. So, semangat mendidik sang buah hati ya Moms!

Baca Juga: Tips Melatih Anak Mandiri yang Dapat Moms Terapkan Pada Si Kecil!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x