Apakah Moms memiliki anak remaja yang sedang malas pada beberapa hal tertentu? Atau Moms merasa anak kurang produktif? Tentu Moms akan khawatir dan hal ini menjadi konsentrasi bagi Moms. Karena jika dibiarkan terus menerus hal ini bisa berdampak pada masa depannya. Lalu, bagaimana menghadapi anak remaja yang malas belajar? Yuk simak beberapa tips berikut ini!

Perubahan Pola Pikir Ketika Memasuki Usia Remaja

Sebelum mengetahui tips menghadapi anak remaja yang malas belajar, berikut beberapa perubahan pola pikir remaja antara lain:

Otak Sedang Dalam Tahap Perkembangan

Mengutip Live Science, usia remaja umumnya ditentukan pada rentang usia antara 11 sampai 19 tahun. Masa inilah yang dianggap sebagai masa kritis pembangunan. Saat melalui masa pertumbuhan ini, keterampilan kognitif dan kemampuan baru akan muncul.

Otak Mulai Mekar

Otak mengalami pertumbuhan koneksi yang amat besar pada saat masih bayi. Akan tetapi, saat memasuki usia 3 tahun, beberapa sambungan tersebut selanjutnya dipangkas agar lebih lebih efisien.

Mempunyai Kemampuan Berpikir yang Baru

Meningkatnya sambungan saraf, membuat otak remaja menjadi lebih efektif dalam mengolah informasi. Remaja mulai mempunyai kemampuan komputasi dan belajar mengambil keputusan seperti orang dewasa pada umumnya.

Akan tetapi, remaja masih terlalu dipengaruhi oleh emosi karena otaknya lebih mengandalkan sistem limbik yang mengedepankan emosi dibandingkan dengan korteks prefrontal yang mengolah informasi secara rasional.

Menghadapi Anak Remaja yang Malas Belajar

Berikut beberapa tips yang bisa Moms simak dalam menghadapi anak remaja yang malas belajar, antara lain:

Pahami Usianya

Beberapa tugas memang terkadang belum tepat dengan usia dan kemampuan atau kematangan remaja saat itu. Moms sebaiknya dapat memahami kesiapan pada remaja dengan memberi tugas rumah atau tugas lain yang mampu diselesaikannya, dapat mengubah remaja yang awalnya malas menjadi lebih aktif serta produktif. Perlu Moms ketahui bahwa sekecil apapun bantuan atau peran remaja, ia tetap dapat memberikan kontribusi dalam merapikan rumah bersama atau tugas lain yang diberikan.

Beri Pengertian Mengenai Prioritas

Mengajarkan anak mengenai prioritas

Menghadapi anak remaja yang malas belajar dapat Moms berikan pengertian mengenai hal ringan seperti main bersama teman atau mengerjakan PR terlebih dahulu. Remaja terkadang belum peka terhadap prioritas atau kepentingan, sehingga Moms dapat membantunya untuk melihat mana hal yang harus dilakukan sekarang dan lebih penting, dan mana hal yang bisa ditunda. Remaja juga tidak perlu menghapus waktu bersama temannya, akan tetapi menyusun prioritas agar belajar dan hal lainnya dapat dilakukan dengan wajar. 

Atasi Penyebab

Sebaiknya Moms juga harus mengetahui apa saja atau salah satu penyebab remaja menunda mengerjakan sesuatu, termasuk berlatih di bidang bakat belajar maupun berkarya. Gangguan yang biasa remaja hadapi bisa berupa apa saja, seperti game, hobi lain, teman-teman, dan sebagainya. Menganalisa hal yang paling mengganggu remaja tentunya merupakan langkah awal untuk mempermudah dan membuat remaja fokus berlatih dan mengembangkan bakatnya sehingga jauh dari rasa malas.

Pahami Kemampuan yang Ia Miliki

Salah satu kunci menghadapi anak remaja yang malas belajar menjadi produktif yaitu belajar mengenai manajemen waktu. Remaja perlu mengetahui apakah sebuah pekerjaan atau urusan hanya memerlukan waktu singkat (seperti sesuatu yang tidak melibatkan proses menganalisis atau menggabungkan ide), atau sebaliknya. 

Kontak Fisik

Kehadiran Moms dan suami di samping mereka ternyata dapat mengubah remaja menjadi produktif dan mengubah kemalasan mereka. Ketika remaja memperoleh suatu pekerjaan atau tugas besar untuk dikerjakan dan itu menjadi suatu beban yang berat bagi mereka, maka Moms maupun suami dapat mendampingi mereka sebagai bentuk dukungan sosial terbaik dan membantu sesuai kemampuan Moms mengenai apa yang menjadi rintangan berat untuknya.

Menjadi Pendengar yang Baik dalam Menghadapi Anak Remaja yang Malas Belajar

Sebagai orang terdekat, salah satu peran Moms dalam menghadapi anak yang malas belajar adalah dengan menjadi teman dan pendengar yang baik. Dalam mengubah remaja malas, beberapa masalah tak jarang berhubungan dengan tugas yang terlampau sulit baginya, sehingga remaja enggan untuk menyelesaikannya. Ketika ia memerlukan bantuan, sebaiknya Moms hadir untuk membantunya.

Berikan Motivasi dalam Menghadapi Anak Remaja yang Malas Belajar

Memberikan motivasi pada remaja merupakan cara yang baik dalam menghadapi anak yang malas belajar. Baik melalui seseorang yang ia kagumi atau teladan langsung, seperti contohnya kerabat Moms yang sekarang menjadi orang sukses karena dulunya rajin dan pantang menyerah dibandingkan dengan orang lain yang hidupnya susah karena hobi bermalas malasan.

Nah, itulah beberapa tips dalam menghadapi anak yang malas belajar. Perlu Moms ingat bahwa, Moms tidak bisa selalu memaksakan kehendak anak untuk selalu mengikuti keinginan orang tuanya. Oleh sebab itu penting bagi Moms untuk tetap sabar dalam menghadapinya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Penting Diketahui, Ini Cara Menghadapi Anak Remaja yang Depresi

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like