Film kartun sering diidentikkan sebagai tontonan buah hati. Padahal, tidak semua film kartun anak aman untuk ditonton oleh buah hati Moms, lho. Sebenarnya, apa kriteria film yang aman untuk ditonton si kecil? Dan apa saja hal-hal yang perlu diwaspadai ketika si kecil menonton kartun?

Apa saja sisi positif dan negatifnya?

Film kartun anak memiliki sisi positif dan negatif. Berikut ini sisi positif yang bisa didapatkan dari film kartun, diantaranya:

  • Membantu anak belajar seperti pengenalan warna, huruf, angka, dan bentuk
  • Mengajarkan hal yang sulit untuk dijelaskan seperti sejarah, geografi, hingga dongeng
  • Memicu perkembangan kognitif anak, tepatnya pada aspek logika dan pendapat, indera penglihatan dan pendengaran, serta fokus anak terhadap suatu hal
  • Melatih kemampuan berbahasa anak, baik dalam bahasa ibu dan bahasa asing
  • Meningkatkan imajinasi serta kreativitas anak
  • Membuat buah hati tertawa sehingga tidak rentan terkena stres. Sifat ceria anak juga bisa diartikan sebagai kepercayaan dirinya yang meningkat

Pada sisi lain, film kartun anak juga mampu menunjukkan hal-hal negatif lain, diantaranya:

  • Memicu anak melakukan kekerasan. Ada banyak adegan di dalam film kartun anak seperti berkelahi yang tidak menimbulkan luka atau tidak cedera saat tertabrak mobil. Ini merupakan adegan tidak realistis dan berbahaya untuk anak 
  • Memiliki tokoh kesukaan yang perilakunya menyimpang
  • Menciptakan karakter yang kurang empati serta pemberontak
  • Meniru bahasa kasar yang diucapkan tokoh
  • Memicu perilaku antisosial pada anak 
  • Memicu terjadinya masalah kesehatan, seperti gangguan mata, obesitas, dan kurang gizi.

Baca juga: Kelepasan Membentak Anak? Lakukan Hal Ini Setelahnya

Lalu apa saja rekomendasi film kartun yang aman untuk ditonton anak?

Sebenarnya tidak semua film kartun anak harus dihindari. Yang terpenting yaitu Moms mengetahui prinsip dasar saat ingin memilih tontonan kartun yang aman untuk anak, yaitu yang memiliki pesan moral mendidik dan baik, serta tidak terdapat unsur kekerasan ataupun pornografi di dalamnya. 

Berikut ini adalah rekomendasi film kartun yang aman untuk ditonton si kecil, diantaranya:

Inside Out

Film kartun anak yang satu ini akan mengenalkan buah hati pada contoh emosi yang ada di dalam dirinya, seperti perasaan marah, sedih, senang, jijik, dan juga takut. Moms dapat mengajarkan anak bagaimana cara mengutarakan perasaan mereka kepada orang tua sambil menonton film ini. 

Coco

Coco merupakan film kartun anak yang bisa mengajarkan buah hati Moms agar tidak cepat menyerah. Selain itu, anak juga diharapkan untuk lebih menghargai ikatan keluarga meskipun anak mungkin akan bingung dengan penggambaran kehidupan setelah mati yang ada pada film tersebut. 

Tayo

Tayo adalah film kartun anak yang bisa disaksikan di salah satu stasiun televisi swasta. Film kartun yang satu ini bisa mengajarkan si kecil untuk bersikap setia kawan, suka menolong, dan juga ceria. 

Nussa dan Rara

Meskipun film kartun Nussa dan Rara memiliki latar belakang pendidikan agama islam, ternyata banyak pemeluk agama lain yang mempertontonkan kartu ini pada buah hati mereka karena kisahnya yang penuh dengan nilai-nilai kebaikan, seperti dilarang buang sampah sembarangan. 

Moms perlu mendampingi si buah hati ketika sedang menyaksikan film kartun serta ajari untuk mencontoh berbagai hal baik yang bisa didapatkan dari film-film tersebut. 

Baca juga: Tips Mendidik Anak Balita Menjadi Patuh dan Disiplin Sedari Kecil

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like