Pada era modern seperti sekarang ini, tentunya hampir semua orang memiliki gadget untuk digunakan di kehidupan sehari-hari. Selain itu, masa pandemi sekarang mengharuskan anak-anak untuk akrab dengan gadget. Moms sebagai orang tua pun harus bijak dalam menggunakan gadget pada anak. Nah, supaya anak tidak kecanduan dalam bermain gadget, sebaiknya Moms simak baik-baik penjelasan berikut ini soal waktu penggunaan gadget untuk anak. 

Baca juga: Tips Mendidik Anak Balita Menjadi Patuh dan Disiplin Sedari Kecil

Kapan Waktu yang Pas untuk Mengenalkan Gadget pada Anak? 

Menurut penjelasan psikolog, usia tepat anak untuk menggunakan gadget yaitu baru diperbolehkan ketika mereka sudah menginjak usia 14 tahun. Karena, di usia 14 tahun, ia telah mempunyai kemampuan lebih dalam ketika memilih sesuatu serta sudah mengetahui konsekuensinya. Walaupun begitu, bukan berarti Moms benar-benar melarang si Kecil untuk mengenal teknologi, ya. Karena si kecil juga memerlukan kompetensi di dalam bidang teknologi. 

Moms boleh mengizinkan anak untuk bermain gadget hanya saja dengan syarat membatasi waktu penggunaannya dan hanya di akhir pekan atau hari libur saja. Jangan sampai membiarkan anak untuk bermain gadget sendirian di dalam kamarnya tanpa pengawasan Moms dan juga suami, ya. Karena anak mungkin bisa ‘tersesat’ di dalam dunia maya.   

Baca juga: Mengajari Anak Bahasa Inggris, Bagaimana Caranya?

Penggunaan Gadget secara Positif pada Anak 

Agar penggunaan gadget pada anak menjadi positif, ada beberapa hal yang dapat Moms lakukan. Seperti menyeleksi aplikasi bermanfaat di smartphone, misalnya aplikasi membaca, menghitung, dan aplikasi belajar lainnya yang bermanfaat untuk anak. Selain itu, memberikan anak media interaktif atau video games juga bisa dilakukan karena dapat merangsang kemampuan berpikirnya. 

Baca juga: Ketahui Cara Melatih Fokus Anak Berikut Ini!

Tips Mengawasi Penggunaan Gadget Anak 

Bagi Moms yang masih bingung harus melakukan apa agar dapat membatasi penggunaan gadget pada anak, yuk simak baik-baik beberapa tipsnya berikut ini: 

1. Memberikan Jadwal Penggunaan Gadget 

Memberikan jadwal bisa dilakukan agar Moms dapat membatasi anak dalam menggunakan gadget. Moms dapat membuatkan jadwal untuk anak agar ia tau kapan bisa bermain gadget dan tidak bisa bermain gadget. Agar anak tidak merengek, alihkan perhatiannya dengan cara mengajaknya bermain bersama atau dengan mengajaknya berbicara tentang kesehariannya. 

2. Orang Tua yang Mengikuti Perkembangan Teknologi 

Moms dan pasangan juga perlu mengikuti perkembangan teknologi terkini atau ‘melek teknologi’. Cari tahu apa saja media sosial yang sedang nge-trend dikalangan anak-anak serta aplikasi apa saja yang sekiranya sering di download oleh mereka. 

3. Menjadi Contoh yang Baik 

Perilaku orang tua merupakan cerminan utama seorang anak. Maka dari itu, Moms dan pasangan harus bersikap bijak untuk menjadi teladan yang baik, termasuk saat menggunakan gadget. 

Supaya anak tidak berlebihan dalam menggunakan gadget, Moms harus menghindari memainkan gadget ketika sedang bersama dengan anak. Sebagai gantinya, lakukan kegiatan yang menyenangkan bersama anak. 

4. Mengisi Waktu dengan Kegiatan Bebas Gadget

Tips terakhir dalam membatasi penggunaan gadget pada anak yaitu buatlah waktu bebas gadget. Apabila si kecil terlalu banyak menghabiskan waktunya dengan memainkan gadget, maka ia tidak tahu harus melakukan apa lagi jika gadget nya tidak ada. 

Dengan mengajak anak membaca buku atau mengunjungi toko buku dapat membantu meningkatkan daya kreativitas mereka. Selain itu, Moms juga bisa mengajak anak untuk ikut serta ke dalam berbagai klub yang disukainya, seperti klub sepakbola, basket, ataupun musik. Jangan lupa untuk mengajak anak bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. 

Baca juga: Panduan Memilih Film Kartun Anak yang Aman untuk Ditonton

Apakah Perlu Dibatasi? 

Meskipun penggunaan gadget pada anak dapat memberikan banyak manfaat dalam hal mengakses informasi, ada jug resiko buruk yang perlu diwaspadai sehingga waktu anak bermain gadget harus dibatasi. 

Menurut para ahli, waktu maksimal anak bermain gadget yaitu 1-2 jam per hari. Berikut durasi anak bermain gadget menurut usianya: 

  • Anak usia di bawah 2 tahun disarankan untuk sama sekali tidak diberikan akses pada gadget. Apabila benar-benar diperlukan, maka tidak lebih dari 1 jam dan wajib didampingi orang tua. 
  • Anak usia 2–5 tahun memiliki durasi bermain gadget selama 1 jam per hari dan sebaiknya mengisinya dengan program yang bermanfaat 
  • Anak usia 6 tahun keatas diperbolehkan bermain gadget dengan waktu yang telah disepakati, misal di akhir pekan selama maksimal 2 jam

Itulah penjelasan mengenai penggunaan gadget pada anak yang bisa Moms terapkan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Rekomendasi Game Edukatif Anak yang Bermanfaat

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like