Di zaman dimana teknologi semakin canggih, pasti akan membuat Moms khawatir bahwa anak akan kecanduan dengan gadget. Sebenarnya, teknologi memang berperan penting untuk membantu perkembangan si kecil. Namun, Moms juga harus membatasi penggunaannya agar anak tidak kecanduan. Ada beberapa cara mencegah anak kecanduan gadget yang dapat diterapkan pada si kecil. Berikut ini penjelasannya. 

Bagaimana cara mencegah anak kecanduan gadget?

  • Beri jadwal penggunaan gadget

Ketika usia anak masih kecil, sebaiknya berikan jadwal penggunaan gadget. Ini dapat dijadikan sebagai cara mencegah anak kecanduan gadget agar anak terbiasa untuk tidak terus-menerus menggunakan gadgetnya. 

Jika anak berusia 5 tahun ke atas, berikan waktu penggunaan gadget tidak lebih dari 2 jam. Ini dilakukan agar mata si kecil tidak mudah lelah serta kecanduan. 

Selain itu, Moms juga perlu menyiapkan kegiatan alternatif agar anak tidak merasa jenuh. Misalnya seperti mengajak anak memasak bersama. Dengan begini anak tidak kembali menatap gadget karena merasa bosan. 

  • Jangan memberi akses gadget sepenuhnya 

Cara mencegah anak kecanduan gadget yang selanjutnya yaitu dengan tidak memberi akses sepenuhnya untuk memegang gadget. Ambilah kembali gadget dari anak apabila waktu yang diberikan untuk bermain gadget sudah selesai. 

Baca juga: Kelepasan Membentak Anak? Lakukan Hal Ini Setelahnya

  • Mengajak anak bermain dengan teman sebayanya 

Selain itu, Moms juga bisa mengajak si kecil untuk bermain dengan teman sebayanya di lingkungan sekitar rumah, lho. Anak akan melupakan gadgetnya saat sedang asyik bermain dengan temannya. Namun, pastikan juga bahwa lingkungan sekitar anak tidak membawa pengaruh yang buruk untuk si kecil, ya. 

  • Menjalin komunikasi dengan anak 

Salah satu cara mencegah anak kecanduan gadget yaitu dengan menjalin komunikasi yang baik dengan si kecil. Karena, salah satu alasan anak menjadi kecanduan gadget biasanya karena kurangnya komunikasi dengan orangtua. Maka dari itu, biasakan meluangkan waktu untuk berbincang dengan si kecil. 

  • Memberikan contoh yang baik 

Pada umumnya, anak akan menirukan apa yang dilihatnya, termasuk apa yang Moms lakukan. Oleh karena itu, apabila Moms ingin anak tidak kecanduan dengan gadget, mulailah dari diri sendiri. Karena jika Moms masih bermain gadget di depannya, anak justru akan meniru kebiasaan itu. Jadi, mulailah untuk tidak sibuk dengan gadget saat sedang bersama si kecil, ya. 

Pelajari cara mengatasi kecanduan gadget pada anak

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like