Tidak bisa dipungkiri lagi kalau anak zaman now tidak bisa lepas dari gadget. Sebenarnya, anak boleh main gadget, namun dengan syarat sesuai dengan rekomendasi dari para pakar kesehatan anak. AAP atau American Academy of Pediatrics menyarankan bahwa screen time bagi anak berusia di atas 2 tahun tidak boleh lebih dari 1 jam per harinya. Itupun Moms harus memantau si kecil dan sebaiknya anak hanya menikmati aplikasi yang mendidik saja. Nah, karena biasanya si kecil hanya tertarik pada games, banyak aplikasi game edukatif anak yang bisa Moms unduh di gadget. Berikut ini diantaranya. 

Game edukatif anak untuk pengguna iOS

1. Duolingo (gratis)

Aplikasi ini adalah cara yang paling mudah dan menyenangkan untuk mengajarkan si kecil bahasa ini. Menggunakan aplikasi ini, anak dapat belajar banyak bahasa seperti bahasa Inggris, Belanda, Jerman, Perancis, Italia, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi. Selain itu, tampilan Duolingo juga menarik sehingga si kecil pun tidak bosan selama proses belajar. 

2. Crossword Puzzle for Kids (gratis)

Rekomendasi game edukatif anak yang selanjutnya yaitu aplikasi Crossword Puzzle. Anak dapat menambah pengetahuan dengan mengisi teka-teki silang yang menarik. Selain itu, anak juga dapat belajar bahasa Inggris, menulis, dan juga membaca, lho. Aplikasi ini cocok bagi anak yang berusia 3-10 tahun. Moms bisa mengisi waktu luang si kecil di akhir pekan dengan menggunakan aplikasi ini. 

3. Breathe, Think, Do with Sesame (gratis)

Banyak anak-anak yang menyukai karakter dari kartun Sesame Street. Nah, apabila anak Moms salah satunya, Moms dapat mengunduh aplikasi ini. Aplikasi yang satu ini dapat membantu si kecil dalam mempelajari beberapa kemampuan dasar penting, misalnya seperti mengontrol diri, memecahkan masalah, membuat rencana, serta ketekunan saat mengerjakan tugas. Game edukatif anak yang satu ini cocok untuk anak berusia 2-5 tahun. 

4. Pinkfong Numbers Zoo (gratis)

Game edukatif anak lainnya yaitu Pinkfong Numbers Zoo. Game ini cocok hingga anak berusia 5 tahun. Selain memiliki tampilan yang menarik, aplikasi ini dapat membantu anak untuk menghitung dari 1 sampai 100 lewat 12 aktivitas belajar yang seru dan tidak membosankan. Apabila berhasil menyelesaikan setiap aktivitas, anak akan memperoleh stiker bintang menggemaskan yang wajib dikumpulkan. Game ini juga dilengkapi dengan 5 pilihan bahasa, lho yaitu Inggris, Jepang, China, Korea, dan juga Spanyol. 

5. Fiete Math Climber (Rp. 45.000)

Untuk Moms pengguna iOS, aplikasi yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk mengajarkan anak belajar matematika. Sebelum bermain, anak perlu membuat profil, kemudian aplikasi akan menyesuaikan permainan sesuai dengan usia. Jika berhasil menjawab setiap soal matematika, anak akan memperoleh poin hingga mega bonus. Game ini dapat dinikmati oleh anak usia pra-sekolah hingga kelas 5 SD. 

Untuk pengguna android

6. Marbel Budaya Nusantara (gratis)

Supaya anak bisa mengenal kebudayaan Indonesia dengan cara yang menyenangkan, Moms dapat mengajarkannya melalui aplikasi ini. Lewat game edukatif anak yang satu ini, anak dapat mengenal budaya Indonesia, mulai dari rumah adat, pakaian adat, alat musik, senjata tradisional, makanan khas, serta tarian khasnya. Aplikasi ini cocok hingga anak berusia 8 tahun. 

7. Animal Sounds (gratis)

Untuk anak usia balita, Moms bisa mengunduh aplikasi Animal Sounds untuk mengenalkan anak pada suara dari berbagai jenis binatang. Selain menyenangkan, aplikasi ini mudah untuk digunakan dan grafis nya pun juga menggemaskan. 

8. ABC Spelling – Spell & Phonics (gratis)

Jika si kecil sedang belajar membaca, game edukatif anak yang satu ini bisa dijadikan pilihan untuk membantunya belajar. ABC Spelling adalah aplikasi yang mudah untuk digunakan. Aplikasi yang satu ini juga akan mengeluarkan suara sehingga si kecil tahu cara membaca kalimat tersebut. 

9. Drawing for Kids and Toddlers (gratis)

Aplikasi yang satu ini bisa membuat anak bermain dan belajar menggambar. Aplikasi ini sangat mudah digunakan serta juga dilengkapi dengan tutorial menggambar. Anak pun akan senang belajar menggambar. 

10. Shapes and Colors (gratis)

Game edukatif anak ini cocok diberikan untuk anak berusia 2-5 tahun agar mereka dapat mengenal bentuk dan warna. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga akan mengajarkan balita dalam mengembangkan kemampuannya mengasah logika, memori, persepsi visual, perhatian, kreativitas, hingga motorik halus. 

Baca juga: Panduan Memilih Film Kartun Anak yang Aman untuk Ditonton

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like