Beberapa anak memiliki kecerdasan di atas rata-rata yang membuat mereka lebih cepat untuk mempelajari dan menguasai hal-hal baru. Apa saja tanda-tanda anak cerdas yang bisa Moms ketahui? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Tanda-tanda anak cerdas yang bisa diamati

Menurut penelitian, tanda-tanda anak cerdas salah satunya adalah jika si kecil banyak bertanya. Terdapat hubungan positif antara kecerdasan dengan rasa ingin tahu seseorang, dan keinginan untuk mendapatkan pengalaman baru.

Dengan banyak bertanya maka banyak hal baru yang bisa diketahui atau dipelajari oleh anak. Rasa ingin tahu yang besar pada si kecil membuat mereka tertarik untuk menelaah dan juga memahami suatu kondisi, output yang keluar adalah pertanyaan-pertanyaan kenapa sesuatu bisa menjadi seperti itu.

Jika anak sering menanyakan penyebab mengapa suatu hal bisa terjadi, artinya si kecil ingin tahu lebih jauh mengenai hal tersebut. Misalnya, jika si kecil menanyakan kenapa mobil bisa berjalan, atau kenapa waktu berubah dari siang ke malam hari.

Disarankan bagi Moms untuk telaten dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari si kecil. Jika Moms melarang si kecil untuk bertanya, maka hal tersebut bisa menghambat perkembangan kognitif dan motorik anak, serta tidak membantu melatih kecerdasan anak.

Mengetahui tanda-tanda kecerdasan lainnya

Selain banyak bertanya, tanda-tanda anak cerdas lain yang bisa Moms perhatikan adalah sebagai berikut:

  • Senang untuk mengamati dan cepat meniru

Anak yang cerdas seringkali terlihat senang mengamati hal-hal tertentu dan mencoba meniru pola atau bentuk yang dilihatnya. Si kecil juga bisa membentuk variasi dari pola yang mereka lihat dan membentuk pola baru.

Misalnya ketika si kecil bermain lego, mereka bisa meniru bentuk suatu benda, dan kemudian mengembangkan pola atau memberi variasi namun masih mirip dengan bentuk yang pertama

  • Sangat fokus terhadap hal yang dikerjakan

Hal lain yang bisa menunjukan tanda-tanda anak cerdas adalah mereka bisa sangat fokus terhadap apa yang sedang mereka kerjakan. Misalnya ketika mereka bermain atau sedang melihat sesuatu dan tidak mau diganggu oleh Moms, bisa jadi itu adalah tanda bahwa si kecil sedang fokus untuk mempelajari hal baru. Jika si kecil sering melakukan hal itu, bisa jadi memang dia memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

  • Tingkat sensitifitas yang tinggi

Tanda-tanda anak cerdas lainnya yang bisa dilihat adalah jika si kecil memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya. Misalnya ketika orangtua bertengkar, maka anak bisa merasakan emosi yang ada dan meminta orang tua untuk baikan. Atau ketika melihat anak kecil lain menangis, bisa jadi anak menunjukan perhatian kepada anak tersebut.

  • Kosakata yang digunakan

Anak yang cerdas bisa menggunakan kosakata yang jarang digunakan oleh anak seusianya. Kosakata tersebut pun memang cocok digunakan dalam kalimat tersebut. Jika memang si kecil bisa menggunakan kosakata yang cukup sulit namun sesuai, maka anak mempunyai tanda-tanda anak cerdas yang bisa Moms banggakan.

Menghadapi anak-anak yang cerdas

Jika si kecil memiliki tanda-tanda anak cerdas memang bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri, namun bukan berarti bahwa Moms tidak perlu melakukan usaha lebih untuk mengembangkan kemampuan anak.

Jangan terlena dengan kemampuan yang dimiliki oleh anak, Moms sebaiknya tetap tekun dalam memberikan pelatihan kepada anak. Moms juga harus tetap memancing rasa ingin tahu anak terhadap hal-hal baru untuk melatih kecerdasan mereka. Sediakan alat-alat yang bisa memancing rasa ingin tahu anak seperti buku-buku pelajaran dan juga permainan yang mengajarkan kreatifitas.

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like