Agar anak terbiasa mandiri, sikap ini harus dilatih sejak ia masih kanak-kanak. Jika tidak, anak akan terus bergantung dengan orang tua atau orang disekitar sehingga ia bisa saja menjadi sulit untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya saat sudah dewasa. Agar anak menjadi mandiri, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melatih anak mandiri. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak penjelasannya. 

Melatih anak mandiri dengan tips-tips berikut ini

1. Mulai dengan memberikan anak tugas kecil 

Tips melatih anak mandiri yang pertama yaitu dengan memberinya tugas kecil, misalnya seperti melibatkan anak untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah. Moms dapat memberinya tugas yang ringan seperti membereskan mainannya sendiri, menjaga adik, atau membereskan tempat tidur setelah ia bangun tidur. Hal-hal kecil seperti ini akan mengajarkan si kecil untuk memiliki sikap bertanggung jawab dan nantinya akan membentuk karakter mandiri di dalam dirinya. 

2. Membiarkan anak menentukan pilihan sendiri 

Membiarkan anak untuk menentukan pilihannya sendiri juga merupakan salah satu tips untuk melatih anak mandiri. Moms dapat memberikannya masukan soal keputusan yang akan dipilihnya. Jelaskan kepada anak sisi positif dan negatif dari pilihannya tersebut. Apabila pilihan anak membuatnya keliru, jelaskan padanya bahwa ia akan bisa mengambil pilihan lebih baik nantinya. 

3. Jangan selalu membantunya

Tips untuk melatih anak mandiri yang selanjutnya yaitu jangan langsung memberikan bantuan pada anak. Ketika anak melakukan suatu hal seperti mengikat tali sepatu atau mengancing pakaiannya, biarkan ia untuk berusaha terlebih dahulu dan jangan lupa untuk memberikan dukungan agar anak tidak mudah menyerah. Terus dukung anak sampai ia dapat melakukan hal tersebut sendiri sehingga ia menjadi lebih mandiri. 

4. Memberikan lingkungan yang ramah bagi anak 

Saat anak sedang dalam proses belajar menjadi anak mandiri, Moms perlu memberikan lingkungan rumah yang aman dan ramah untuknya. Misalnya seperti saat ia belajar untuk mandi, Moms harus memastikan bahwa lantai kamar mandi sudah dalam keadaan bersih dan juga kesat. Atau ketika anak sedang belajar mencuci piring, berikan anak gelas dan piring plastik agar tidak beresiko pecah. 

5. Menghargai usaha anak 

Saat melatih anak mandiri, pastikan Moms dan pasangan selalu memberikan ia pujian. Walaupun terlihat sepele, namun memberikan pujian atas hal yang si kecil lakukan seorang diri akan memberinya semangat agar mau melanjutkan sikap mandirinya tersebut. 

Yang paling penting yaitu Moms dan pasangan perlu menjadi contoh baik bagi anak agar dia tahu bagaimana harus berperilaku. 

Baca juga: Ketahui Cara Melatih Fokus Anak Berikut Ini

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like