Sebagai orang tua Moms pasti menginginkan sang buah hati tumbuh menjadi anak yang pintar. Di usianya yang sudah beranjak TK, banyak orang tua yang berusaha untuk mengajari anak menulis dengan berbagai cara. 

Belajar menulis sejak dini bisa menjadi modal awal anak untuk mengawali masa depannya. Anak dapat menuangkan semua ide di dalam pikirannya ke dalam bentuk tulisan. Nah, jika si buah hati sudah mulai memasuki TK dan mulai belajar menulis, Moms bisa melakukan 5 tips berikut ini untuk membantunya dalam belajar menulis. 

Terapkan cara mengajari anak menulis berikut ini

1. Menebalkan trace the dot

Moms perlu mengetahui metode mengajari anak menulis dengan cara menebalkan trace the dot yang mudah diikuti oleh anak. Moms juga dapat membuat pola sendiri berbentuk huruf, angka, atau bentuk-bentuk lainnya. Pola titik-titik ini bisa Moms buat menggunakan pensil. 

Selain itu, Moms juga bisa mendapatkan trace the dot ini dari buku atau mencetak font melalui gambar di internet. Cara ini praktis karena dapat mempersingkat waktu daripada harus membuat pola-pola sendiri. 

Menggunakan metode ini, anak bisa menyambungkan atau menebalkan pola yang ada hingga menciptakan bentuk tertentu. 

2. Menebalkan huruf tipis 

Setelah anak berhasil menyelesaikan metode trace the dot, Moms bisa mulai mengajaknya untuk menebalkan huruf-huruf tipis. Sama dengan metode sebelumnya, anak akan berusaha untuk menebalkan huruf tipis dengan menggunakan media yang serupa. Bisa dari buku khusus belajar menulis, mencetak dari internet, atau membuatnya secara manual. 

Saat mengajari anak menulis dengan metode ini, carilah pola yang besar agar anak dapat belajar secara maksimal, karena huruf yang terlalu kecil akan membuat anak kesulitan saat belajar. 

Saat anak belajar menebalkan huruf tipis, Moms dapat menggunakan berbagai tipe huruf mulai dari A hingga Z. Bentuk dan kesulitan setiap huruf akan membuat anak belajar untuk menyelesaikan masalah. 

3. Menjiplak 

Salah satu kesulitan anak saat menulis yaitu saat memegang pensil atau membentuk huruf. 

Oleh karena itu, Moms perlu mengajari anak menulis dengan metode yang mudah untuk dilakukan. Salah satunya yaitu dengan menjiplak. Menjiplak termasuk ke dalam menirukan sebuah angka, huruf, atau bentuk tertentu dengan menggunakan sebuah pola. Metode ini biasanya dilakukan dengan kertas yang lebih tipis akan anak bisa melihat dengan mudah jenis pola yang akan dijiplak.  

Apabila rutin dilakukan, metode ini bisa memberikan perkembangan baru untuk anak. Bahkan, si kecil bisa melakukannya sendiri tanpa menggunakan pola lagi. 

4. Menulis dengan huruf tunggal

Metode lain untuk mengajari anak menulis yaitu dengan mengajak anak rajin menulis huruf tunggal. Dimulai dari huruf A-Z agar bisa melatih perkembangannya. Moms bisa membagi huruf vokal terlebih dahulu. 

Jika sudah terlatih, anak dapat melanjutkan ke huruf konsonan. Tapi tidak ada salahnya kalau Moms ingin mencampurkan huruf vokal dan konsonan agar kemampuan anak bertambah. 

5. Menulis dengan suku kata

Metode mengajari anak menulis selanjutnya yaitu belajar menulis satu kata. Metode ini dapat dilakukan ketika anak sudah bisa menulis huruf-huruf. 

Dengan banyaknya suku kata akan memberikan anak manfaat positif. Selain bisa mempermudah anak dalam belajar menulis, metode ini juga bisa membuat anak cepat belajar membaca dengan bantuan suku kata yang ditulis. 

Sebagai orangtua, Moms juga harus memberikan dukungan moral ketika anak sedang belajar menulis. Apresiasi tulisannya dengan cara menempelkan hasil tulisan di beberapa sisi rumah. 

Itulah 5 tips yang bisa Moms terapkan pada anak saat mengajarinya menulis. Terus semangat dalam mendidik anak, ya! 

Baca juga: Cara Melatih Anak Disleksia Agar Lancar Baca Tulis

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like