Sebagai orang tua, Moms tentu memiliki peran sebagai guru pertama dalam mendidik anak agar ia tumbuh cerdas. Tetapi, hal ini tidak mudah untuk dilakukan. Moms wajib mengetahui metode belajar apa yang paling optimal untuk anak. Selain itu, memahami karakter anak agar dapat mengoreksi metode yang diterapkan juga penting untuk dilakukan. Oleh karena itu, Moms membutuhkan tahapan yang lama untuk mengajari anak membaca hingga lancar. 

Ada beberapa tips mudah yang bisa Moms terapkan pada anak agar ia bisa cepat membaca tanpa harus mengeja. Berikut ini tahapannya.

Lakukan hal ini saat mengajari anak membaca

1. Kenalkan huruf dengan cara menyenangkan 

Tips pertama saat mengajari anak membaca yaitu mengenalkan huruf A sampai Z pada anak dengan cara yang menyenangkan. Buatlah anak hafal salah satu bentuk huruf A sampai Z dan pastikan bahwa ia mampu mengucapkan huruf-huruf tersebut dengan benar. 

Misalnya seperti, saat anak melihat bentuk huruf “C”, maka anak akan langsung mengucapkan bunyi huruf tersebut dengan spontan. 

2. Ajari anak menghafal suku kata 

Tips kedua saat mengajari anak membaca yaitu mengajarkannya menghafal suku kata ketika ia sudah berhasil mengenal huruf-huruf. Biarkan anak menghafal suku kata dari huruf konsonan B hingga Z dengan diikuti huruf vokal a,i,u,e,o. Misalnya, ba, bi, bu,be,bo dan seterusnya hingga huruf Z. 

3. Ajak anak untuk membaca suku kata yang bervariasi

Tahap selanjutnya dalam mengajari anak membaca yaitu mengajak anak membaca suku kata yang bervariasi. Seperti bi-ru, bu-ku, ja-ri, ka-ki, dan sebagainya. Di tahap ini, jangan mengenalkan anak pada suku kata yang memiliki akhiran huruf mati. Karena bertujuan untuk membiarkan anak menguasai tahap ini terlebih dahulu. Jika anak masih sulit dalam memahami suku kata, cobalah untuk mengajari hingga terbiasa. 

4. Ajarkan anak huruf mati 

Jika anak sudah  menguasai tahap sebelumnya, Moms bisa mengajari anak membaca dengan mengenalkannya soal huruf mati seperti “ny”, “ng”, serta huruf konsonan lainnya yang bisa dijadikan huruf mati. 

5. Melatih anak untuk membaca kata utuh

Pada awalnya, anak akan merasa kesulitan untuk tidak mengeja saat ingin membaca. Nah, peran Moms disini harus giat dalam melatihnya agar cepat membaca tanpa harus mengeja terlebih dahulu. 

Seiring berjalannya waktu, Moms akan menemukan metode tepat untuk mengajarkan anak membaca. Yang perlu Moms ketahui yaitu jangan memaksa anak untuk belajar membaca, terutama pada anak usia balita. Hindari memaksa anak untuk memahami segala hal dengan cepat. 

Itulah 5 tips yang bisa Moms lakukan untuk mengajari anak membaca tanpa harus mengeja. Dengan cara-cara tersebut, Moms juga harus membuat proses belajar yang menyenangkan agar anak semangat dalam belajar tentang hal baru. Selamat mencoba!

Baca juga: Tips Mengajari Anak Menulis yang Bisa Moms Lakukan!

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like