Mengompol adalah salah satu masalah besar yang biasa terjadi pada anak. Beberapa anak akan berhenti mengompol di usia tertentu, tetapi ada juga anak yang masih mengompol hingga ia tumbuh besar. Hal ini mampu mengganggunya saat ada kegiatan sekolah yang mengharuskan ia untuk menginap. Lalu, bagaimana cara yang dapat Moms lakukan agar anak tidak mengompol?

Bagaimana cara agar anak tidak mengompol lagi? 

Saat anak tumbuh besar, Moms harus mengajarkannya untuk pergi ke toilet ketika ingin pipis. Ini dilakukan agar ia tidak pipis di celana lagi. Selain itu, seiring berjalannya waktu anak-anak akan bisa mengontrol kandung kemihnya dan menggunakan toilet. 

Mengontrol kandung kemih adalah proses yang cukup rumit karena melibatkan kerjasama antara otak, tulang belakang, otot, serta saraf. Ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk melatih agar anak tidak mengompol di malam hari lagi. Berikut ini cara-caranya. 

1. Mengatur asupan minum

Dengan meningkatkan asupan minum anak di siang hari dan membatasi asupannya di malam hari dapat menjadi cara yang dapat dilakukan agar anak tidak mengompol. Selain itu, sebaiknya anak tidak mengonsumsi minuman berkafein, bersoda, ataupun yang mengandung coklat di malam hari karena akan membuat ia menjadi ingin pipis lebih sering. 

2. Membiasakan anak melakukan rutinitas sebelum tidur

Membiasakan anak untuk melakukan rutinitas sebelum tidur seperti buang air kecil, menggosok gigi, cuci muka, dan cuci tangan merupakan salah satu cara agar anak tidak mengompol. Pastikan anak Moms untuk pergi ke toilet sebelum ia tidur karena hal ini akan membuatnya nyaman saat tidur. Apabila anak terbangun saat tengah malam, tawarkan ia apakah ingin pergi ke toilet atau tidak. 

3. Jangan membangunkan anak saat tidur untuk pipis 

Moms mungkin berpikir bisa membangunkan anak saat sedang tidur untuk meminta pergi ke toilet dulu. Tetapi, hal ini justru tidak bisa menghentikan kebiasaan anak mengompol. Justru, Moms akan mengganggu tidur anak dan membuatnya menjadi kesal dan sulit untuk tidur lagi. 

4. Puji anak ketika tidak mengompol dan jangan memarahinya saat mengompol

Moms dapat memberinya hadiah kecil saat anak tidak mengompol. Tetapi, sebaiknya jangan memberinya hadiah berbentuk barang atau semacamnya. Sebaiknya, berikan anak satu bintang setiap kali anak tidak mengompol pada malam hari ataupun pujian.

Nah sebaliknya, ketika anak mengompol, jangan memarahi atau menghukumnya karena dengan cara ini Moms tidak akan membantunya agar tidak mengompol lagi. 

Baca juga: Langkah Tepat Untuk Menghadapi Anak yang Nakal

5. Berbicara dengan anak

Berbicara dengan anak dapat menjadi cara agar anak tidak mengompol lagi. Moms dapat memberitahunya bahwa ia sudah tidak besar dan tidak perlu memakai popok lagi. Dengan begini, anak pun akan merasa tertantang.

Apabila anak merasa takut untuk ke toilet saat malam hari, biasanya ia akan membangunkan Moms untuk menemaninya. Moms dapat menaruh lampu tidur di kamarnya atau menyalakan lampu lorong menuju toilet agar si kecil tidak merasa takut lagi. 

6. Jaga anak agar tidak merasa kehausan

Anak suka lupa apakah sudah minum atau belum, sehingga ia kadang suka merasa kehausan. Dengan mengingatkan ia untuk minum air putih dapat menjadi cara agar anak tidak mengompol. Moms bisa menyediakan botol minum untuknya. 

7. Memperhatikan berapa kali anak ke toilet 

Perhatikan berapa kali anak pergi ke toilet dalam sehari. Normalnya, anak akan ke toilet 4-7 kali sehari. Apabila ia sudah sekolah, Moms dapat menanyakan kepadanya apakah ia nyaman dengan toilet sekolahnya. Buatlah anak menjadi nyaman dengan toilet sekolahnya sehingga anak tidak enggan pipis di sekolah

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like