Begini Cara Menggosok Gigi Anak dengan Benar!

Cara Menggosok Gigi Anak

Jika Moms sudah berhasil membujuk anak untuk sikat gigi, langkah selanjutnya yang harus dilakukan tentu saja mengajari bagaimana cara menggosok gigi anak dengan benar. Karena ini merupakan kali pertama anak kenal dengan kegiatan menggosok gigi, maka Moms harus mengajarkan caranya dengan benar. 

Waktu yang Tepat untuk Mengajari Anak Menggosok Gigi

Gigi pertama anak biasanya tumbuh saat si kecil sudah menginjak usia 6 bulan. Pada saat itulah Moms bisa memperkenalkan kegiatan menggosok gigi. Moms bisa mulai dengan membersihkan gigi anak dengan sikat gigi mungil yang berbulu lembut. 

Saat si kecil sudah mulai besar, Moms bisa memintanya untuk mulai menggosok gigi sendiri. Sebenarnya, tidak ada aturan pasti kapan Moms harus mengajari anak untuk menggosok gigi, tetapi biasanya dokter menyarankan Moms menunggu sampai empat gigi anak tumbuh di satu baris. 

Yang terpenting, Moms perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kapan waktu yang tepat. 

Baca juga: Mengajari Anak Naik Sepeda dengan 7 Cara Berikut Ini!

Bagaimana Cara Menggosok Gigi Anak?

Sebelum mengajari cara menggosok gigi anak dengan benar, Moms perlu mencontohkannya terlebih dahulu pada anak sehingga ia bisa meniru apa yang sudah diajarkan. Berikut ini beberapa caranya: 

  • Pegang sikat gigi ke arah gigi dan gusi dengan sudut 45 derajat 
  • Sikat gigi anak dari bagian belakang ke depan dengan gerakan melingkar dan secara perlahan
  • Saat menggosok bagian belakang gigi depan, pastikan agar ujung sikat gigi berada dalam posisi vertikal agar mudah untuk membersihkan kotoran
  • Bersihkan pinggiran gusi anak secara perlahan
  • Menyikat pangkal lidah dengan lembut agar dapat membersihkan bakteri yang ada
  • Setelah selesai menggosok gigi, minta si kecil untuk memuntahkan pasta gigi 
  • Kumur-kumur dengan air agar tidak ada pasta gigi yang tertinggal di dalam mulut
  • Jangan lupa untuk membilas dan mengeringkan sikat gigi setelah dipakai 

Penting untuk Moms ingat bahwa anak baru diperbolehkan untuk memakai pasta gigi saat menggosok gigi ketika ia sudah berusia lebih dari 18 bulan. Jika si kecil belum menginjak usia 18 bulan, Moms cukup menggosok gigi anak dengan air saja. 

Apabila masih ragu dan ingin lebih aman, Moms disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter agar mendapatkan rekomendasi pasta gigi yang tepat untuk anak. 

Baca juga: Cara Mengajarkan Anak Toiler Training

Tips Agar Anak Ingin Menggosok Gigi

1. Biarkan Anak Memilih Sendiri Sikat Gigi dan Pasta Giginya 

Agar anak ingin menggosok giginya, Moms bisa membiarkan ia memilih sendiri sikat gigi dan pasta gigi yang ingin digunakannya. Dengan begini, anak pun akan menjadi semangat untuk menggosok gigi. 

2. Menggosok Gigi Bersama Moms 

Kegiatan menggosok gigi bersama anak akan membuat ia ingin meniru apa yang sedang Moms lakukan, lho. Sebaiknya, gunakan kesempatan ini untuk mengajari ia cara menggosok gigi. Moms juga bisa mengajaknya untuk berlomba saat menggosok gigi sehingga anak bersemangat melakukannya. 

3. Memberikan Anak Pujian 

Jangan lupa untuk memberi anak pujian setelah ia selesai menggosok gigi. Dengan begitu anak tahu bahwa ia sudah melakukannya dengan baik. Anak akan bersemangat ketika mendapatkan pujian dari orang lain atas apa yang dilakukannya. 

4. Menjadikan Sikat Gigi sebagai Rutinitas

Pastinya ada waktu dimana Moms akan merasa malas untuk mengajak si kecil menggosok gigi. Tetapi, sebisa mungkin usahakan untuk menjadikan kegiatan menggosok gigi ini sebagai rutinitas yang dilakukan sehabis bangun tidur dan sebelum pergi tidur. Dengan begitu, anak akan terbiasa untuk menggosok giginya. 

Baca juga: Cara Agar Anak Tidak Mengompol yang Dapat Moms Lakukan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Related Articles

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x