Masa pubertas ketika anak-anak berusia remaja adalah masa-masa penting bagi pertumbuhan mereka. Selama masa ini, pertumbuhan tulang mereka mencapai masa puncaknya. Nah, guna mendukung pertumbuhan serta perkembangan tulang, anak membutuhkan banyak mineral dan vitamin seperti vitamin D, vitamin C, magnesium, kalsium, dan lain-lain.

Apabila kekurangan beberapa zat gizi di atas, pertumbuhan tulang anak akan menjadi tidak maksimal. Lalu, apa saja daftar makanan penambah tinggi yang mengandung vitamin serta mineral di atas?

Simak penjelasannya di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Daftar makanan penambah tinggi badan

Berikut ini beberapa daftar makanan penambah tinggi badan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan serta perkembangan tulang.

1. Susu

Susu tentu saja termasuk ke dalam daftar makanan penambah tinggi badan. Susu adalah salah satu sumber kalsium serta protein yang penting bagi pertumbuhan tulang. Di dalam satu gelas susu terdapat kandungan kalsium sekitar 30% yang dibutuhkan tubuh. Susu juga mempunyai kandungan vitamin D.

Kedua zat ini dapat membantu pertumbuhan dan juga perkembangan tulang, khususnya di masa puncak pertumbuhan tulang. Sekitar 99% kalsium di dalam tubuh terdapat di dalam tulang, sehingga diperlukan banyak kandungan kalsium pada masa pertumbuhan tulang. 

Baca juga: Tips yang Bisa Dilakukan Ketika Anak Susah Makan Saat Sedang Sakit

2. Produk susu

Daftar makanan penambah tinggi badan yang selanjutnya yaitu produk susu seperti keju dan yogurt. Keju dan yogurt merupakan makanan yang mampu mendukung pertumbuhan serta perkembangan tulang. Kedua makanan ini memiliki banyak kandungan kalsium.

Pada 8 ons yogurt rendah lemak terdapat 42% kebutuhan kalsium setiap harinya, sedangkan pada setiap 1,5 ons keju cheddar memiliki kebutuhan kalsium sebanyak 30% setiap harinya. Jenis keju yang paling banyak memiliki kandungan kalsium adalah keju mozzarella. Ada beberapa produk keju dan yogurt yang sudah dicampurkan dengan vitamin D.

3. Sayuran hijau

Beberapa sayuran hijau seperti daun kale, lettuce, collard green, serta brokoli mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Selain kalsium, sayuran hijau juga mengandung vitamin K yang berperan penting dalam pengaturan kalsium serta pembentukan tulang.

Kadar kepadatan tulang akan merendah jika kadar vitamin K di dalam tubuh rendah. Oleh karena itu, sayuran hijau termasuk ke dalam daftar makanan penambah tinggi badan.  Konsumsilah 1 porsi atau lebih sayur brokoli, lettuce, daun kale, serta collard green sehingga dapat membantu anak dalam memenuhi kebutuhan vitamin K-nya sehari-hari yaitu 90 mcg/hari bagi wanita dan 120 mcg/hari bagi pria.

Tetapi, tidak semua sayuran hijau baik untuk pertumbuhan tulang, lho. Contohnya bayam. Meskipun sayuran ini mengandung kalsium, bayam juga memiliki kandungan asam oksalat yang mampu menghambat terjadinya penyerapan kalsium. Maka sebaiknya hindari mengonsumsi makanan sumber kalsium serta bayam pada waktu yang bersamaan. 

4. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti sarden salmon adalah ikan yang mengandung asam lemak omega-3 serta vitamin D. Jenis ikan ini termasuk ke dalam daftar makanan penambah tinggi badan. Moms dapat mengonsumsi sarden atau salmon kalengan yang masih terdapat tulang untuk memperoleh kalsium.

Selain itu, jenis ikan lain yang memiliki kandungan vitamin D adalah ikan tuna. Di setiap 3 ons tuna kalengan terkandung 154 IU atau vitamin D sebanyak 39%. Tuna juga mengandung magnesium, asam lemak omega-3, serta kalium. 

Kandungan asam lemak omega-3 memiliki peran dalam pembentukan struktur, fungsi, serta perkembangan tulang. Ditambah, asam lemak omega-3 diperlukan untuk metabolisme kalsium dan juga merupakan komponen penting di dalam semua membran, seperti membran tulang dan kartilago. 

5. Kuning telur

Moms dapat memberi telur pada anak sebagai makanan penambah tinggi badan. Telur memiliki kandungan vitamin D yang bisa membantu pertumbuhan tulang.

Tetapi, jika anak Moms hanya menyukai bagian putih telur, mungkin telur tidak bisa memberikan kebutuhan yang dibutuhkan tulang karena hanya bagian kuning yang memiliki kandungan vitamin D. Kuning telur memberikan kandungan vitamin D sekitar 6% yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

6. Buah-buahan

Ada beberapa jenis buah-buahan yang mampu membantu pertumbuhan serta perkembangan tulang. Buah seperti jeruk, nanas, strawberry, serta pepaya mengandung vitamin C yang berfungsi dalam sintesis kolagen, yaitu protein utama di dalam tulang. Moms dapat menambahkan buah-buah tersebut ke dalam daftar makanan penambah tinggi badan anak. 

7. Daging merah

Makanan selanjutnya yang termasuk ke dalam daftar makanan penambah tinggi adalah daging. Daging, khususnya daging merah mengandung magnesium serta fosfor yang diperlukan tulang karena lebih dari setengah massa tulang dibentuk dari mineral fosfor.

Apabila kekurangan fosfor, maka akan terjadi mineralisasi tulang. Ditambah, magnesium mampu meningkatkan kekuatan tulang serta memiliki peran pada banyak metabolisme mineral. 

Makanan lain yang memiliki kandungan fosfor yaitu kacang-kacangan, gandum, kentang, jagung, serta seafood. Sementara, sumber makanan dengan kandungan magnesium di dalamnya adalah gandum, kacang-kacangan (kacang mede dan almond), serta tofu. 

8. Wortel

Wortel juga termasuk daftar makanan penambah tinggi badan anak. Sayuran yang satu ini ternyata merupakan salah satu sumber vitamin A yang tinggi. Vitamin A dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang normal. Apabila tubuh kekurangan vitamin A, maka akan berdampak negatif pada kesehatan tulang.

Baca juga: Bagaimana Cara Merangsang Pertumbuhan Rambut Anak?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like