Sebagian anak kecil umumnya menyukai bermain air, Moms dapat memanfaatkan situasi ini untuk mengajarinya berenang. Moms dapat mengajari anak berenang dengan cara yang mudah. Yuk, simak beberapa tips mengajari sang buah hati berenang di bawah ini!

Mengajari Anak Berenang

Gaya hidup modern saat ini membuat kita tidak banyak bergerak. Anak pun banyak yang sudah mengenal gadget sejak kecil. Penting bagi Moms untuk mengajari anak olahraga agar mereka tetap aktif dan sehat, salah satu olahraga untuk anak yang baik adalah berenang. Perlu Moms ketahui bahwa berenang dapat meningkatkan keterampilan pernapasan, koordinasi, kekuatan dan kelenturan.

Berenang tentu penting untuk kesenangan sang buah hati, akan tetapi hal itu tidak hanya penting untuk bersenang-senang. Belajar berenang sangat penting untuk keselamatan sang buah hati. Berenang dapat menyelamatkan nyawa anak Moms suatu hari nanti dengan mencegah kecelakaan seperti tenggelam.

Menguasai perairan bisa dilakukan dengan dukungan dan bimbingan yang tepat. Tentunya menyerahkan kepada profesional merupakan cara terbaik untuk memastikan anak Moms belajar berenang dengan benar dan aman, namun terdapat beberapa langkah yang dapat Moms ambil untuk mengajari sang buah hati keterampilan hidup ini sendiri. 

Tips Mengajari Anak Berenang

Mengutip Holmes Place, berikut beberapa tips yang dapat Moms terapkan untuk mengajari anak berenang.

Mengajari anak berenang dengan membuat jadwal 

Apabila Moms mencoba mengajari sang buah hati banyak hal dalam satu hari, mereka akan lupa, bingung, dan mungkin bisa membuat kesalahan. Moms dapat membuat jadwal berenang untuk diikuti oleh anak. Cobalah untuk berenang setengah jam setiap sesi. Ini merupakan waktu yang optimal untuk membuat anak-anak tetap terlibat dan mengingat apa yang telah mereka pelajari.

Menendang

Pelajaran renang anak-anak umumnya dimulai dengan menendang-nendang kaki mereka. Akan beruntung bagi Moms apabila mereka menyukainya. Ajak mereka untuk berada di atas pelampung atau talang kolam dan tendang dengan kaki lurus. Perlu Moms ketahui bahwa, anak mungkin akan membiarkan kakinya tenggelam, oleh karena itu penting bagi Moms untuk membantu mereka menyeimbangkan tubuh terlebih dahulu untuk membantu mereka tetap mengapung.

Baca Juga: Bagaimana Teknik untuk Melakukan Renang Gaya Bebas?

Gelembung dan pernapasan

Setelah anak menguasai menendang, tips mengajari anak berenang selanjutnya yaitu instruksikan mereka untuk meniup gelembung di air. Moms bahkan bisa melakukan ini ketika mandi di rumah. Minta mereka untuk menahan napas dan masukkan mulut mereka ke dalam air, secara bertahap pindah ke mulut dan hidung bersama-sama. Anak nantinya mungkin bingung dengan pelajaran ini. Agar tidak terlalu menakutkan, lakukan dengan mereka sehingga mereka dapat melihat Moms tidak terluka, mata dan rambut Moms tetap kering. Moms juga dapat menggunakan kacamata renang untuk anak. Kacamata renang sangat cocok untuk tahap ini, anak mungkin akan menganggap mereka keren dan memungkinkan mereka melihat di bawah air.

Mendayung

Setelah mereka merasa nyaman dengan meletakkan wajahnya di kolam, ajari anak untuk menggunakan tangan mereka dan menarik diri ke dalam air. Untuk anak-anak yang kekuatan lengan nya masih terbatas, doggie paddle merupakan gaya renang terbaik untuk diajarkan. Tendangan kaki bergantian dikombinasikan dengan jangkauan dan tarikan bergantian dengan tangan dan lengan. Setelah beberapa saat, mereka akan menyadari bahwa menyatukan tangan dan kaki merupakan hal yang wajar.

Antisipasi bosan

Hal terakhir yang Moms perlukan ketika mencoba mengajari anak berenang adalah mengantisipasi anak yang bosan. Salah satu cara terbaik untuk membantu membuat belajar menjadi menyenangkan yaitu dengan mengubah pelajaran renang menjadi permainan. Tantang mereka untuk berenang lebih jauh, berenang melalui hula hoop, atau mengumpulkan tongkat selam dari dasar kolam. Gunakan mainan dan pelampung dan adakan perlombaan untuk membuat anak Moms lebih cenderung belajar berenang. Tentu saja, anak-anak akan secara alami cenderung tidak menaati orang tua. Setiap anak tentu berbeda, tetapi semakin banyak mereka menghadiri jadwal yang telah Moms, semakin cepat mereka belajar.

Nah, itulah beberapa tips mengajari anak berenang yang bisa Moms praktekkan sendiri. Perlu Moms ketahui bahwa setiap anak akan berbeda, ada yang bisa langsung cepat menangkap ada pula yang lambat dalam mempelajari suatu hal. So, tetap semangat ya Moms. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Anak Mulai Berubah Karena Puber? Bagaimana Cara Menghadapinya?

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like