Moms pasti menginginkan anak tumbuh dengan sehat dan memiliki tinggi badan yang ideal, kan? Namun, tidak semua anak memiliki tinggi badan yang ideal karena beberapa hal yang menghambat pertumbuhan tinggi badannya. Tetapi Moms tidak perlu khawatir, ada beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk membuat anak tinggi. Kira-kira apa saja ya? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!

Hal yang bisa dilakukan untuk membuat anak tinggi 

1. Memberikan anak makanan bergizi seimbang 

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang adalah salah satu syarat yang harus dilakukan untuk membuat anak tinggi. Untuk memperoleh gizi seimbang, si kecil harus mengonsumsi berbagai macam kelompok makanan yang berbeda-beda. Biasanya, makanan yang dikonsumsi harus terdiri dari berbagai jenis nutrisi seperti lemak, karbohidrat, serat, protein, serta berbagai kandungan mineral yang penting. 

2. Memberikan anak susu 

Salah satu  cara untuk membuat anak tinggi yang selanjutnya yaitu dengan memberikan ia susu. Susu memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhannya seperti lemak, magnesium, protein, dan kandungan mineral penting lain. Dengan mengonsumsi susu, si kecil pun dapat mengoptimalkan tinggi badannya. 

Dalam memilih susu, sebaiknya pilihlah susu yang memiliki kandungan protein berkualitas, seperti yang dilengkapi dengan asam amino esensial atau Moms bisa bertanya kepada dokter mengenai susu apa yang tepat untuk anak. 

3. Mengajak anak berolahraga

Selain mengonsumsi makanan bergizi dan minum susu, mengajak anak berolahraga juga dapat menjadi cara untuk membuat anak tinggi, lho. Dengan rutin berolahraga, otot dan tulang akan menjadi lebih kuat dan menambah produksi HGH atau human growth hormon yang mana hormon ini sangat mempengaruhi tinggi badan anak. 

Jika si kecil masih balita, Moms cukup mengajaknya melakukan aktivitas berolahraga selama 60 menit setiap hari. Dan jika ia sudah menginjak usia prasekolah, ajak anak berolahraga setidaknya selama 120 menit per hari. Jenis olahraga yang efektif dilakukan untuk menambah tinggi anak yaitu lompat tali, bermain basket, hingga berenang.

4. Memperhatikan jadwal tidur anak 

Tidur ternyata dapat membantu mengoptimalkan tinggi badan anak. Karena saat tidur, tubuh akan menghasilkan hormon-hormon penting yang mempengaruhi tinggi badan anak, salah satunya yaitu HGH. 

Menurut para ahli, berikut ini durasi tidur yang tepat untuk anak:

  • Newborn (0–3 bulan): 14–17 jam per hari
  • Bayi (4–11 bulan): 12–15 jam
  • Balita (1–2 tahun): 11–14 jam 
  • Preschoolers (3–5 tahun): 10–13 jam
  • Anak berusia sekolah (6–13 tahun): 9–11 jam
  • Remaja (14–17 tahun): 8-10 jam 

Itulah beberapa tips yang perlu diterapkan untuk membuat anak tinggi. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Tips Menambah Berat Badan Anak yang Dapat Moms Coba

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like