Pada usia 4-5 tahun, anak sudah memiliki koordinasi anggota gerak, keseimbangan tubuh, serta kekuatan kaki yang cukup baginya untuk berlari. Dengan kemampuan fisik tersebut, Moms sudah mulai bisa mengajari anak naik sepeda, lho. 

Anak-anak pada usia tersebut juga sudah dapat memahami instruksi sederhana. Maka dari itu, berikut ini cara yang bisa Moms lakukan agar anak bisa naik sepeda. 

Apa saja cara untuk mengajari anak naik sepeda?

1. Memilih sepeda yang sesuai dengan ukuran tubuh anak 

Sebelum mengajari anak naik sepeda, penting untuk memilih sepeda yang sesuai dengan ukuran tubuh anak. Jangan memberikan anak sepeda untuk orang dewasa agar si kecil bisa mengendalikan sepeda dengan baik. Selain itu, pastikan juga untuk melengkapi alat keselamatan lain seperti helm. 

Untuk kriteria helm anak ternyata juga tidak boleh sembarangan. Ukuran kepala serta tali pengait harus pas dengan anak sehingga nyaman untuk digunakan. 

2. Pilih area yang aman dan lapang 

Ketika mengajari anak naik sepeda, usahakan untuk cari tempat yang aman dan lapang serta memiliki pijakan yang lunak, seperti tanah berumput. 

Hindari mengajarkan anak di jalanan yang beraspal karena jika terjatuh, anak bisa saja berdarah karena permukaannya yang kasar dan juga keras. 

Dengan belajar naik sepeda di tanah yang berumput, anak akan lebih mudah untuk menjaga keseimbangan.  

3. Dampingi anak hingga percaya dirinya bertambah

Jangan lupa untuk selalu mendampinginya saat mengajari anak naik sepeda. Karena, hal tersebut akan memberikan kepercayaan diri pada anak. Moms bisa memegangi sisi belakang atau samping sepeda. 

Selain itu, Moms juga bisa membawa sepeda sendiri, seolah-olah bukan hanya anak yang bersepeda. Ketika si kecil terjatuh, berikan ia semangat agar mau melanjutkan usahanya saat belajar naik sepeda. 

4. Memberikan instruksi agar anak mengetahui fungsi setiap bagian sepeda

Moms harus memberikan instruksi yang tepat saat mengajari anak naik sepeda. Mulai dari posisi duduk yang benar mengatur keseimbangan tubuh anak agar tidak miring ke kanan dan kiri. Selain itu, coba turunkan jok sepeda apabila kaki anak belum menyentuh tanah. 

5. Ajarkan untuk mengayuh pedal dan mengerem sepeda 

Salah satu penyebab yang sering membuat anak terjatuh saat belajar naik sepeda yaitu karena ia tidak mengayuh dan mengatur kecepatan sepeda dengan benar. 

Ajarkan anak cara untuk mengayuh pedal dan mengerem saat ingin berhenti. Jelaskan padaanka bahwa saat mengerem, ia harus melakukannya perlahan dan tidak boleh terlalu kuat. 

6. Mempersiapkan fisik dan mental anak serta mengisi energinya sebelum bersepeda

Sebelum mengajari anak naik sepeda, pastikan bahwa kondisinya prima. Karena, belajar sepeda di luar rumah akan menguras energi anak. Maka dari itu, dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang cukup dapat melancarkan anak saat naik sepeda. 

7. Berikan roda tambahan 

Moms tidak perlu berambisi anak akan lancar naik sepeda dalam waktu 1-2 hari. Biarkan ia merasakan sensasi dengan perlahan. Apabila anak sudah menemukan keberanian, ia akan lancar bersepeda dengan sendirinya. 

Untuk di awal, Moms bisa memberikan roda tambahan jika anak belum menemukan keseimbangan. Setelah anak mulai mahir, Moms bisa copot salah satunya. Dan jika ia sudah berani, barulah Moms bisa mencopot kedua roda tambahan tersebut. 

Itulah 7 cara mengajari anak naik sepeda yang bisa Moms terapkan. Selamat mencoba!

Baca juga: Cara Agar Anak Tidak Mengompol yang Dapat Moms Lakukan

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like