Wajar jika tubuh anak berkeringat karena mereka sangat aktif sepanjang hari. Hal ini dapat menyebabkan bau badan muncul. Meskipun kedengaran sepele, bau badan yang tidak diatasi mampu mengurangi rasa percaya diri serta mengganggu orang di sekitar anak. Sebagai orangtua, Moms pasti tidak menginginkan hal tersebut terjadi, kan? Nah, simak artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi bau badan anak yang bisa Moms lakukan. 

Penyebab serta cara mengatasi bau badan anak 

Sama halnya dengan orang dewasa, anak mempunyai dua jenis keringat, yaitu kelenjar ekrin serta kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin terdapat di seluruh permukaan tubuh yang akan mengeluarkan keringat ketika suhu tubuh berubah, misalnya ketika demam atau makan makanan yang pedas. Tujuannya untuk menormalkan suhu tubuh. 

Sedangkan, kelenjar apokrin yang ada di sekitar ketiak yang mengandung sedikit minyak, tidak berbau, serta berwarna buram. Keringat ini muncul dan banyak dihasilkan saat anak bermain atau sedang beraktivitas di luar. Tetapi, keringat akan menimbulkan bau tidak sedap apabila keringat terkena bakteri. 

Apabila anak-anak memiliki bau badan, Moms harus mencari tahu apa sebabnya sehingga mudah untuk mengatasi bau badan anak. 

Bagaimana cara mengatasinya?

Bau badan yang menyengat biasanya muncul di sekitar ketiak, area kemaluan, serta kaki. Penyebabnya biasanya terjadi karena kebersihan pakaian serta tubuh yang buruk. Tetapi, bisa juga disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi anak ataupun kondisi khusus tubuhnya sehingga dapat menimbulkan bau badan. Di bawah ini beberapa cara mengatasi bau badan anak yang bisa Moms lakukan. 

1. Menjaga kebersihan tubuh anak 

Anak-anak yang aktif bermain serta tidak peduli dengan kebersihan tubuhnya dapat menjadi penyebab banyak bakteri yang menempel pada kulit sehingga tercampur dengan keringat dan menyebabkan bau badan. Maka dari itu, untuk mengatasi bau badan anak, Moms harus menjaga kebersihan tubuhnya dengan mandi rutin dua kali setiap harinya. 

Ketika mandi, bersihkanlah dengan benar bagian tubuh yang memiliki lipatan seperti jari-jari kaki, ketiak, serta area kemaluan menggunakan air bersih mengalir. Jangan lupa juga untuk membilas serta mencuci tangan hingga bersih setelah buang air. 

Baca juga: Berapa Usia Anak Laki-laki Sebaiknya Disunat?

Selain itu ada beberapa campuran dari bahan alami yang dapat membantu mengusir bau badan anak, diantaranya:

  • Mandi dengan campuran jus tomat. Moms dapat menambahkan dua cangkir jus tomat ke dalam bak mandi lalu biarkan anak berendam selama beberapa menit 
  • Mengoleskan jus lemon. Campurkan secangkir air dan satu sendok makan jus lemon. Aduk sampai rata lalu masukkan kapas ke dalam campuran air tersebut. Oles kapan pada ketiak lalu diamkan selama 10 menit. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari sebelum mandi
  • Mandi dengan jus lemon. Campur beberapa sendok jus lemon ke dalam bak mandi lalu biarkan anak berendam atau mandi dengan campuran tersebut
  • Mandi dengan rebusan daun sage. Moms dapat merebus beberapa lembar daun sage bersama secangkir air. Campur rebusan ini ke dalam bak mandi anak lalu biarkan si kecil berendam selama beberapa menit

Campuran bahan-bahan alami diatas tidak dikhususkan untuk menangani penyakit yang menjadi sebab dari bau badan anak. Cara ini hanya digunakan untuk membantu menghilangkan bau tubuh anak. Sebelumnya, jangan lupa untuk menguji sensitivitas kulit guna menghindari kulit si kecil yang sensitif dari alergi.

2. Menjaga kebersihan sepatu dan pakaian

Selain untuk terhindar dari penyakit kulit, kebersihan sepatu dan pakaian juga harus dijaga guna mengatasi bau badan anak. Moms harus memastikan bahwa pakaian yang anak gunakan sudah kering serta cara mencuci pakaian dan sepatu yang benar. Jangan membiarkan anak memakai sepatu yang membuat kaki berkeringat terlalu lama.

3. Perhatikan menu makan anak 

Ada beberapa makanan yang dapat memicu bau badan, seperti bawang putih dan merah, ikan, telur, makanan olahan, serta daging merah. Oleh karena itu, kurangi menu makanan yang terbuat dari bahan-bahan itu untuk sementara demi mengatasi bau badan anak. 

Selain itu, pastikan asupan air anak tercukupi, karena air dapat membantu tubuh mengeluarkan racun tubuh yang menyebabkan bau badan. Dengan mengombinasikan susu sapi dengan susu almond atau susu kedelai ternyata juga bisa mengurangi bau badan pada anak. 

Selain itu, bau badan juga bisa disebabkan oleh penyakit, lho. Seperti hiperhidrosis atau keringat berlebihan, trimethylaminuria atau bau badan amis, serta gangguan metabolisme. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apa perawatan serta pengobatan yang harus dilakukan agar dapat mengatasi bau badannya. 

Baca juga: Ciri-ciri Anak Mulai Memasuki Masa Puber

Momslyfe tidak mempunyai wewenang untuk menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Untuk konsultasi medis disarankan agar Moms mengunjungi dokter atau tenaga medis terdekat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
You May Also Like